taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Analisis Bisnis Budidaya Jahe Merah

Inilah  Analisis Bisnis Budidaya Jahe Merah

Di dunia bisnis saat ini ada begitu banyak ide usaha yang bisa jadi ladang menambah penghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Salah satu bisnis yang sedang berkembang adalah usaha jahe merah per hektar. 
Bisnis Budidaya Jahe
Jahe merah merupakan rempah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya banyak digunakan untuk minuman dan bumbu masakan karena aromanya yang menghangatkan. Jahe memiliki dua jenis, yaitu jahe merah dan jahe putih. 

Tanaman tahunan yang berbuntuk rumpun ini memiliki batang yang semu tingginya pun mencapai satu meter. Jahe merah memiliki senyawa aktif yang menjadikanya tanaman yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan membuat bisnis jahe merah memiliki prospek yang besar dan menjanjikan untuk dikembangkan. 

Bisnis jahe merah memiliki prospek besar utamanya di dunia bisnis farmasi. Anda yang sedang mencari bisnis menjanjikan harus mencoba bisnis yang satu ini. Tetapi, sebelum memulai sebaiknya Anda mempelajari berbagai hal untuk mempertimbangkan dan memperhitungkan segala halnya untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Berikut di bawah ini analisis bisnis budidaya jahe merah. 

Keunggulan Jahe Merah

Sebelum mengetahui bagaimana cara menganalisis bisnis budidaya jahe merah. Sebaiknya Anda terlebih dahulu mencari tahu mengenai keunggulan rempah yang satu ini. Berikut di bawah ini keunggulan jahe merah yang harus Anda tahu. 

1. Mencegah Masalah Pencernaan

Ekstrak dari jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri. Sehingga masalah pencernaan dapat dicegah. Antibakteri yang terdapat dalam jahe merah seperti escherichia coli, Salmonella enteritidis, satphylococcus aureus dapat melawah bakteri jahat di dalam tubuh.  

2. Menambah Stamina

Selain dapat mencegah masalah pencernaan, keunggulan yang paling banyak diketahui orang-orang adalah dapat menambah stamina dan menghilangkan nyeri pada otot. Keunggulan lainnya adalah dapat meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi tekanan darah. 

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jahe merah mengandung alfa-linolenat yang dapat mengurangi  resiko penyakit jantung. Alfa-linolenat dapat mengurangi pembekuan darah dan membantu menjaga irama dan pemompaan jantung dengan normal. 

4. Dapat Menambah Aroma Pada Masakan

Jahe merah selain baik untuk tubuh, juga sangat bermanfaat untuk menambah aroma masakan. Biasanya dapat digunakan untuk bumbu masakan daging untuk menghilangkan bau amis pada daging. 

Inilah Analisis Bisnis Budidaya Jahe Merah

1. Biaya Tetap

Dalam menjalankan bisnis pasti akan memperhitungkan biaya tetap. Biaya tetap adalah biaya yang tidak terpengaruh pada jumlah produksi. Biaya ini tidak akan habis dalam satu musim saja. Biaya tetap dalam bisnis jahe merah adalah biaya penyusutan alat seperti cangkul, gerobak dorong, timba, selang air, terpal, timbangan, golok dan sabit.

Biaya tetap dalam bisnis jahe merah tidak hanya penyusutan alat saja, melainkan juga ada sewa lahan dan biaya pajak lahan yang harus dibayar setiap tahunnya.Anda yang lahannya menyewa tentu harus mempersiapkan biaya sewa lahan. Tetapi Anda yang menggunakan lahan miliki sendiri pun harus mempersiapkan biaya untuk membayar pajak tahunan. 

2. Biaya Tidak Tetap

Biaya tidak tetap pun harus Anda perhitungkan dalam memulai bisnis jahe merah. Biaya tidak tetap adalah biaya yang besar kecilnya akan dipengaruhi oleh proses produksi dan habis dalam satu kali produksi saja. Biaya tidak tetap dalam bisnis jahe merah diantaranya benih jahe, pupuk yang digunakan, dan karung untuk membungkus jahe merah. 

3. Total Biaya yang Dibutuhkan

Memulai usaha jahe merah dengan lahan sewaan seluas satu hektar, per musim panen Anda akan membutuhkan sekitar Rp. 15 juta rupiah. Berbeda jika Anda memulai dengan memanfaatkan lahan miliki sendiri seluas satu hektar, Anda hanya membutuhkan biaya untuk memulainya sebesar Rp 10juta saja untuk membeli peralatan dan biaya tidak tetap. 

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itulah analisis bisnis budidaya jahe merah untuk Anda seorang pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam memperhitungkan, dan segera mempertimbangkan memulai bisnis jahe merah. Karena bisnis ini sangat besar kemungkinan untungnya. 
Related Posts