taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Tips Pengelolaan Risiko Pada Ide Usaha

Inilah Tips Pengelolaan Risiko Pada Ide Usaha

Menjalankan bisnis perlu mengetahui manajemen risiko. Perlu adanya strategi bisnis yang tertata dengan baik untuk dapat mengatasi risiko bisnis. 
Tips Pengelolaan Risiko
Anda perlu persiapan yang matang untuk menghadapi risiko usaha. Berikut di bawah ini pengelolaan risiko pada ide usaha yang perlu Anda tahu. 

Tips Pengelolaan Risiko Pada Ide Usaha

Dibutuhkan keberanian, tekad dan manajemen serta strategi bisnis yang baik dalam menjalankan bisnis. Namun tetap saja, belum menjadi jaminan bahwa bisnis Anda akan terhindar dari risiko. Kendala dan kesulitan pasti akan Anda hadapi dalam menjalani bisnis, hal ini sering juga disebut dengan risiko usaha. 

Selain keuntungan hal lain yang akan dialami dalam menjalani bisnis adalah kendala atau risiko usaha. Sekalipun bisnis yang Anda jalani sudah sukses, bukan tidak mungkin untuk menghadapi risiko usaha. Maka Anda perlu menyiapkan segala hal untuk menghadapi risiko bisnis. Berikut di bawah ini pengelolaan risiko pada ide usaha. 

1. Melakukan Identifikasi Risiko

Menyiapkan bisnis Anda untuk menghadapi risiko langkah pertamanya adalah dengan mencoba identifikasi risiko usaha. Lakukanlah identifikasi risiko yang dapat muncul dari sisi finansial, produksi dan pemasaran. 

Hasil dari melakukan identifikasi risiko ini adalah berupa daftar risiko yang mungkin akan muncul pada bisnis Anda. Hal ini akan bermanfaat untuk mengenali kemungkinan adanya risiko dalam bisnis Anda. 

2. Melakukan Kontrol Risiko

Daftar risiko usaha yang dihasilkan dari identifikasi di atas tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada aksi yang dilakukaan untuk menanganinya. Ada 4 sikap yang bisa Anda ambil dalam menyikapi risiko usaha di bawah ini.

1. Menghindari Risiko 

Menghindari risiko berarti Anda melakukan tindakan dengan menjauhi sebab-sebab risiko terjadi. Hal ini sering dianggap tidak efektif, karena menghindari risiko berarti tidak berani mengambil kesempatan dalam mengatasi risiko. 

2. Mengurangi Risiko

Mengurangi risiko berarti tindakan yang Anda lakukan adalah menghadapi risiko yang kemungkinan akan terjadi dengan menyiapkan segala halnya agar kerugian yang akan dialami tidak terlalu besar. 

Contohnya yang sering dilakukan perusahaan-perusahaan adalah menyediakan alarm kebakaran. Kemungkin terjadi suatu risiko pasti ada, termasuk risiko kebakaran. Namun yang dampak kerugian yang akan timbul sebisa mungkin dapat diminimalisasi. 

3. Memindahkan Risiko Usaha

Sikap yang bisa Anda ambil dalam menghadapi risiko adalah dengan memindahkan atau mengalihkan risiko usaha. Misalnya Anda menjual barang dan ada pembeli yang jauh, maka Anda memerlukan jasa pengantar untuk menghindari risiko perjalanan yang besar. Maka risiko tersebut dialihkan ke jasa pengantar barang. 

4. Menerima Risiko

Menerima risiko berarti Anda menerima bahkan rela kerugian terjadi pada bisnis Anda. Hal ini tentu dilakukan, jika tidak ada solusi lain dalam menghadapi risikonya. Misalnya ketika Anda menjual produk secara online, kemudian salah kirim barang. Mau tidak mau Anda harus menerima kerugian yang Anda alami. 

3. Urutkan Berdasarkan Besarnya Kerugian

Setelah Anda membuat daftar risiko yang mungkin akan muncul dalam bisnis Anda, satu hal lagi yang perlu Anda lakukan sebelum mengontrol risiko usaha. Urutkan risiko usaha berdasarkan dampak dan kerugian yang paling besar. Perhatikan dampaknya terhadap Anda, lingkungan, karyawan, kelangsungan perusahaan dan lainnya. 

Manfaat Melakukan Pengelolaan Risiko Pada Ide Usaha

Dalam menjalankan bisnis baik pemula ataupun yang sudah sukses sekalipun sangat penting untuk melakukan pengelolaan risiko usaha. Berikut di bawah ini manfaat yang akan akan Anda dapatkan ketika melakukan pengelolaan risiko usaha. 
  • Sebagai bahan evaluasi dan keputusan bisnis ke depannya
  • Dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan
  • Memudahkan estimasi biaya
  • Mendorong kestabilan operasional bisnis
  • Membantu perusahaan dalam menghadapi tantangan dan kendala dalam bisnis
  • Memudahkan dalam mewujudkan lingkungan aman bagi karyawan dan pelanggan usaha
  • Membantu perusahaan dalam menghindari potensi kerugian yang besar
  • Membantu perusahaan dalam melindungi sumber daya manusia yang ada
  • Membantu perusahaan dalam melindungi aset 
  • Lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan asuransi
  • Dapat dengan mudah dalam memastikan seluruh aturan dan regulasi perusahaan berjalan sesuai ketentuan hukum yang berlaku
Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah tips dan manfaat pengelolaan risiko pada ide usaha. Melakukan pengelolaan risiko sebelum memulai usaha adalah hal penting untuk menghindari dampak yang lebih besar. Dengan pengelolaan risiko, usaha Anda akan mudah kembali ke kondisi stabil ketika menghadapi risiko usaha. 
Related Posts