taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Saja Manfaat Komunikasi dalam Bisnis? Tujuan Serta Jenisnya

Apa Saja Manfaat Komunikasi dalam Bisnis? Tujuan Serta Jenisnya

Komunikasi akan selalu berjalan beriiringan dengan bisnis. Berbisnis tanpa komunikasi yang baik tentu saja akan percuma, oleh karena itulah bagi pebisnis memahami cara berkomunikasi yang efektif menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan begitu saja.
Manfaat Komunikasi
Karena pada dasarnya komunikasi dan bisnis menjadi unsur yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Bisa dibayangkan betapa pentingnya komunikasi efektif dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika menjalankan bisnis tanpa memiliki kemampuan komunikasi, akan sulit nantinya menyampaikan tujuan bisnis dan mencapainya.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat komunikasi dalam bisnis? Hingga mampu menjadi salah satu aspek penting yang dapat mencapai tujuan dalam berbisnis? 

Apa saja manfaat komunikasi dalam bisnis?

1. Dapat Membantu Meningkatkan Produktivitas

Satu dari sekian banyak manfaat yang bisa dirasakan adalah perihal peningkatan produktivitas dalam sebuah bisnis. Komunikasi bisnis yang dilakukan bisa membantu mendorong produktivitas dari karyawan itu sendiri. Dengan demikian kerja sama tim bisa berjalan beriringan sejalan dengan peningkatan produktivitas dalam bisnis itu sendiri.

Perlu Anda tahu, komunikasi dalam bisnis yang dilakukan secara efektif, nantinya dapat membawa rasa percaya yang tertanam dalam diri karyawan, baik dari karyawan ke karyawan atau juga dari karyawan kepada atasan.

Manfaat komunikasi dalam bisnis pada poin yang satu ini, akan sangat menguntungkan perusahaan. Pasalnya memiliki karyawan yang produktiv bisa mendatangkan sejumlah hal baik dalam bisnis yang dijalankan.

2. Membantu Mendorong Inovasi dalam bisnis

Tak hanya produktivitas karyawan yang bisa lebih meningkatkan, perihal inovasi bisnis juga akan secara mudah tercapai. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena komunikasi dalam bisnis yang dilakukan secara efektif dalam melahirkan kerja menjadi terasa lebih nyaman dan membuat para karyawan lebih nyaman pula dalam menyampaikan setiap ide dan gagasan untuk perusahaan.

Jika hal ini tercapai, lagi dan lagi perusahaan akan lebih diuntungkan, pasalnya ide yang dikeluarkan oleh karyawan dapat menjadi sentuhan inovasi baru dalam bisnis pada perusahaan itu sendiri. 

3. Membantu Mengurangi Komunikasi yang Tak Dibutuhkan

Komunikasi dalam bisnis memang sangat baik untuk dilakukan, tetapi perlu digaris bawahi, hal tersebut dapat terjadi jika komunikasi yang dilakukan memang sesuai jalur dan tidak berlebihan. Jika berlebihan maka akan menjadi hal yang kurang baik pula bagi perusahaan. Untuk itulah, Adanya komunikasi bisnis dapat membantu mengurangi komunikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan dalam perusahaan.

4. Membantu Menghindari Miskomunikasi

Acapkali kita salah memahami apa yang disampaikan oleh orang lain, hal tersebut bisanya dikenal dengan istilah miskomunikasi. Terjadinya miskomunikasi ini dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi perusahaan dan karyawan yang mengalaminya. 

Karena itulah, komunikasi bisnis yang dilakukan dengan baik dapat membantu menghindari setiap karyawan dari kesalahan penangkapan pesan komunikasi atau yang dikenal sebagai miskomunikasi.

5. Membantu Meningkatkan Kepuasaan Konsumen

Tidak berhenti sampai disitu saja, komunikasi bisnis yang baik juga dapat menimbulkan manfaat baik yang satu ini. Kepuasaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tentu saja akan menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. 

Jika dalam hal ini, komunikasi antara pihak perusahaan dan pelanggan dapat terjalin dengan baik, maka bukan tidak mungkin kepuasaan konsumen bisa digapai.

Komunikasi bisnis dalam hal ini memegang peranan yang cukup tinggi. Dengan melakukan komunikasi yang efektif, pihak perusahaan akan lebih memperbaiki apa saja yang menjadi keluhan dari setiap konsumennya.

6. Membantu Menghasilkan Kolaborasi Jangka Panjang

Manfaat komunikasi bisnis lainnya yang juga harus Anda ketahui adalah yang satu ini, dampak baik dari komunikasi yang dilakukan dengan baik dan tekun akan menghasilkan kolaborasi yang berjangka panjang. Hal ini bisa terjadi baik antara perusahaan dengan konsumen atau bahkan perusahaan dengan mitranya sendiri.

7. Membantu Meningkatkan Efisiensi dan Leadership Menejer

Efisiensi dan leadership menejer juga dapat dicapai dengan menggunakan komunikasi yang efektif. Melalui komunikasi yang baik, maka menejer juga bisa menalankan sejumlah fungsi menejerial pada perusahaan. Contohnya saja fungsi perencanaan, pengarahaan, pengelolaan dan lainnya.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, komunikasi yang baik dan efektif yang dilakukan juga dapat menimbulkan leadership atau kepemimpian yang baik. Pasalnya kepemimpinan yang baik hanya akan dapat dicapai melalui komunikasi efektif yang dilakukan dalam perusahaan itu sendiri.

8. Membantu Mendorong Mencapai Tujuan Bisnis

Satu dari sekian banyak manfaat komunikasi bisnis yang juga tidak boleh tertinggal adalah yang satu ini. Tujuan bisnis menjadi tolak ukur keberhasilan dari sebuah perusahaan itu sendiri. Jika sebuah perusahaan mampu mencapai tujuan bisnis yang telah dirancangnya, maka keberhasilan akan siap menantinya.

Melalui komunikasi bisnis yang efektif, tujuan bisnis dari setiap perusahaan dapat dicapai. Hal ini terjadi karena melalui komunikasi bisnis yang efektif setiap karyawan akan memiliki fokus yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya, sehingga dampak baiknya produktivitas akan dengan mudah meningkat.

Hasilnya, banyak inovasi yang dikeluarkan sehingga membantu perusahaan untuk lebih maju dan lebih dekat dalam mencapai tujuannya. Dampak komunikasi bisnis memang sebesar itu jika dilakukan dengan baik dan efektif pada prosesnya.

Lalu setelah mengetahui manfaat komunikasi bisnis, Anda juga perlu mengetahui apa saja tujuannya? Inilah informasinya.

Tujuan dari komunikasi dalam bisnis

1. Memberikan Informasi

Salah satu tujuan dari komunikasi bisnis adalah untuk bisa memberikan informasi seputar bisnis kepada pihak lain (dalam hal ini pihak eksternal perusahaan). Dengan demikian, kebutuhan perusahaan bisa dipenuhi dengan lebih mudah lagi.

2. Dapat Melakukan Persuasi

Tidak hanya itu, persuasi juga bisa terjadi sebagai salah satu tujuan dari komunikasi bisnis. Tujuan yang satu ini merupakan sebuah bujukan atau persuasi kepada pihak lain baik secara individu atau kelompok, hingga maksud atau juga tujuan dari perusahaan bisa tersampaikan secara baik dan menyeluruh.

3. Tercapainya Kolaborasi

Kolaborasi menjadi salah satu tujuan dalam komunikasi bisnis, adanya kolaborasi yang baik dalam sebuah bisnis akan memberikan keuntungan tersendiri bagi sebuah perusahaan itu sendiri. Dengan menggunakan komunikasi bisnis yang baik dan benar, pihak tertentu dapat dengan mudah menjalankan Kerjasama dengan pihak lain yang memiliki tujuan yang sama.

Apa saja jenis komunikasi dalam bisnis?

  • Komunikasi bisnis interna, biasanya terjadi dengan melibatkan anggota internal perusahaan.
  • Komunikasi bisnis eksternal, umumnya terjadi dengan pihak dari luar perusahaan itu sendiri.
  • Komunikasi vertikal, komunikasi ini terjadi antar tingkatan dalam perusahaan. Contohnya komunikasi yang terjadi antar direksi tanpa melibatkan staff atau posisi yang ada di bawahnya.
  • Komunikasi bisnis horizontal, lebih bersifat non formal terjadi biasanya dengan satu tingkatan yang sama, seperti karyawan dengan karyawan.
  • Komunikasi bisnis dari atasan ke bawahan
  • Komunikasi yang terjadi dari bawahan ke atasan.
Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Dengan demikian, itulah sejumlah informasi yang berkaitan dengan manfaat komunikasi dalam bisnis serta sejumlah hal lain didalamnya, semoga bermanfaat. 
Related Posts