taupasar.com

we read, we create and we share it.

Meraup Keuntungan Besar! Terapkan Tips Jitu Buka Bisnis Grosir Bahan Bangunan

Meraup Keuntungan Besar! Terapkan Tips Jitu Buka Bisnis Grosir Bahan Bangunan

Membuka bisnis grosir bahan bangunan memang memiliki prospek yang tinggi, bahkan bisnis ini bisa meraup keuntungan besar. Hal itu dikarenakan industri bangunan menjadi salah satu sektor yang tidak pernah mati dan tak pernah lekang oleh waktu.
Bisnis Grosir Bahan Bangunan
Setiap tahunnya baik itu untuk keperluan pribadi ataupun instansi kebutuhan bahan bangunan bisa dikatakan cukup tinggi. Di Indonesia pekerjaan dan konstruksi bangunan mengalami kenaikan, sehingga bisnis grosir bahan bangunan mengalami peningkatan.

Pemasok material bangunan meraup keuntungan besar, maka dari itu tidak ada salahnya kamu ambil kesempatan emas ini untuk buka bisnis grosir bahan bangunan. Sama seperti dengan jenis bisnis lainnya, bisnis grosir bahan bangunan juga membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat. 

Sebelum memulai bisnis tersebut, alangkah baiknya kamu menyusun terlebih dahulu rencana dan target yang ingin dicapai. Kelebihan dari membuka bisnis grosir bahan bangunan ini, kamu akan menjadi penyedia bahan material, mulai dari bangunan kecil sampai gedung bertingkat.

Keuntungan yang bakal kamu dapat juga relatif besar. Selain itu, target pasar yaitu peluang konsumen semakin lebih besar. Buka bisnis bahan bangunan tidak memerlukan keahlian khusus. Pastinya sangat mudah dijalankan apalagi bagi yang masih pemula.

Tak ada bisnis yang tidak ada persaingan, setiap bisnis pasti memiliki kompetitor termasuk bisnis grosir bahan bangunan. Maka dari itu, kamu harus memahami bahwa persaingan usaha toko bangunan cukup ketat. Disamping itu, harga material yang tidak menentu kadang naik dan kadang turun juga menjadi kendala dalam menjalankan bisnis ini. 

Ada beberapa jenis bahan material yang cepat terjual dan ada pula terjualnya lama. Intinya dalam berbisnis kamu harus sabar dan telaten menjalaninya. Agar bisnis grosir bahan bangunan milik kamu cepat terjual hingga meraup keuntungan besar, berikut tips jitu yang bisa kamu terapkan.

Tips Jitu Buka Bisnis Grosir Bahan Bangunan

1. Mencari Pemasok Terbaik

Mencari pemasok bahan bangunan untuk dijadikan sebagai produk di tokomu. Harus bisa memilih pemasok termurah dan bisa diantar ke tokomu. Kamu tidak perlu mengambil semua bahan bangunan di tempat pemasok yang sama, karena kamu bisa mengambil jenis barang yang berbeda.

Misalnya, untuk semen kamu bisa menghubungi distributor semen. Dari beberapa perusahaan tersebut kamu bisa mengambil semen. Menentukan pemasok dengan harganya terjangkau, dengan cara meminta daftar harga dan bandingkan pemasok mana yang memberi harga paling rendah.

2. Lakukan Survei dan Memberi Kualitas Terbaik

Sebelum memulai bisnis grosir bahan bangunan, cari tahu dulu mengenai seluk-beluk kebutuhan konsumen. Termasuk kebutuhan pasar yang paling banyak dicari, jika memungkinkan lakukan survei secara berkala.

Jangan lupa untuk selalu memberikan produk-produk dengan kualitas terbaik, jangan sampai kamu mengecewakan pelanggan. Maka dari itu, diprioritaskan jual bahan bangunan berkualitas tinggi agar konsumen senang berbelanja.

3. Memiliki Izin

Sangat penting untuk memiliki izin usaha dari pemerintah setempat. Apalagi aktivitas bisnis toko bangunan pastinya menimbulkan lalu lalang kendaraan. Jika sudah memiliki izin usaha, tentunya kamu akan lebih mudah menjalankan usaha bisnis grosir bahan bangunan milikmu.

4. Harga Bersaing

Salah satu yang selalu dicari oleh konsumen yaitu memilih harga barang yang murah namun dengan barang berkualitas tinggi. Jika sudah menemukan pemasok berkualitas, kamu bisa melakukan riset terkait harga material bangunan yang dijual kompetitor. 

Ini sangat penting untuk menentukan harga jual, dan kamu boleh menjualnya dengan harga yang sama atau lebih rendah. Jika terpaksa menjual harga lebih tinggi, maka lebih baik tawarkan fasilitas atau keuntungan lain didapat konsumen yang tidak ada di kompetitor.

5. Promosi yang Gencar

Usaha tanpa promosi rasanya ada yang kurang. Itu sebabnya buatlah promosi yang menarik dan gencar untuk bisnis grosir bahan bangunan kamu. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok untuk mempromosikan usahamu. 

Buat konten menarik yang bukan hanya berjualan. Misalnya, cara pilih cat rumah berkualitas, memilih keramik, dan lain-lain. Jika sering mempromosikan usahamu, maka akan membuat orang tahu dan mulai tertarik untuk berbelanja di toko bangunanmu. Kamu juga perlu membuat promosi offline. Misalnya membuat baliho atau spanduk yang memberitahukan keberadaan toko bangunan kamu.

6. Berikan Pelayanan dan Fasilitas Terbaik

Pembeli adalah raja, makanya kamu harus memberikan pelayanan yang ramah, bersahabat, dan jujur agar konsumen tidak berpindah ke toko lain. Berikan fasilitas terbaik, seperti transportasi beserta supir untuk mengantarkan bahan bangunan yang telah dipesan  konsumen.

Menyuguhkan fasilitas terbaik ke konsumen sedang menunggu di toko, metode pembayaran beragam dan mudah, serta parkiran atau motor yang luas.

7. Mengajukan Penawaran ke Proyek

Saat ini memang banyak proyek bangunan yang sedang dikerjakan, maka dari itu tidak ada salahnya kamu mencoba mengajukan penawaran. Coba hubungi pihak kontraktor di sekitar daerah kamu, kemudian beri penawaran pemasok bahan bangunan yang berkualitas tinggi pada proyek yang sedang mereka kerjakan. Jangan lupa untuk menyertakan daftar harga material yang diperlukan untuk proyek pembangunan yang sedang dilakukan.

8. Cari Karyawan yang Tepat

Memulai bisnis grosir bahan bangunan tidak mungkin sendiri. Kamu harus bisa mencari karyawan yang bisa bekerja atau membantu. Maka pilihlah karyawan yang benar-benar bisa diandalkan dan berpengalaman dalam bekerja seperti dalam menimbun, memuat, dan mengangkut material. Sehingga mereka dapat dipekerjakan dengan gaji yang sesuai dengan keterampilan dan jenis pekerjaan yang dilakukan.

9. Buat Branding

Branding yang menarik dan unik akan membuat toko bangunan kamu mudah dikenal oleh calon konsumen. Branding ini bisa dilakukan melalui pembuatan logo, banner, brosur, atau media sosial. Pastikan branding kamu beda dari yang lain.

Tips Mendapatkan Bisnis Grosir Bahan Bangunan Berkualitas

  • Batu kali yang berkualitas bagus untuk pondasi rumah biasanya terbuat dari batu besar yang dibelah, karena batu kali saling bertautan dengan kuat.
  • Batu bata yang bagus mengeluarkan bunyi nyaring ketika diketuk. Jika terasa ringan diangkat maka pori-pori batu padat dan tidak mudah pecah saat digunakan.
  • Kayu jati merupakan salah satu contoh kayu dengan tekstur keras, bertahan lama dan tidak mudah terkena pelapukan. Tipe kayu berkualitas ditandai dengan aroma manis khas kayu.
  • Memilih bahan bangunan seperti semen dan besi berkualitas perlu memperhatikan logo yang sudah  Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebab.
Ingat kamu tidak boleh menyerah dengan banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama, tetap fokus dan telaten dalam menjalaninya. Kamu bisa menerapkan tips membangun bisnis grosir bahan bangunan di atas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai cara membuka bisnis grosir bahan bangunan yang bisa dilakukan oleh pemula, semoga informasi ini bermanfaat.
Related Posts