taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Strategi Bisnis Digital Era Sekarang

7 Strategi Bisnis Digital Era Sekarang

Strategi bisnis digital era sekarang merupakan usaha yang menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya, akses pasar yang lebih luas. Meskipun begitu, bisnis ini juga tetap memiliki kerugian seperti keamanan data yang rentan, perubahan teknologi yang cepat juga mengakibatkan biaya tambahan untuk memperbaharui model bisnis.
Strategi Bisnis
Namun, dengan strategi bisnis digital era sekarang, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu dan biaya. Bisnis juga dapat lebih cepat beradaptasi dengan perusahan pasar, sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar.

Strategi Bisnis Digital Era Sekarang

Berikut ini beberapa strategi bisnis digital era sekarang yang dapat Anda terapkan :

1. Perhatikan Pengalaman Memuaskan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan bisnis. Di era digital saat ini, pengalaman pelanggan menjadi sangat penting, dan bisnis dapat memberikan pengalaman memuaskan sehingga dapat meningkatkan loyalitas mereka.

Berikut ini beberapa cara meningkatkan fokus pengalaman pelanggan :
  • Mendengarkan pelanggan : perusahaan harus mendengarkan pelanggan untuk memahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Hal ini dapat dilakukan melalui survei, umpan balik pelanggan, atau melalui interaksi langsung dengan pelanggan.
  • Mengoptimalkan situs web : situs web harus dioptimalkan untuk memudahkan pelanggan menemukan informasi yang mereka butuhkan dan membuat pembelian. Anda dapat menambahkan tata letak, dan penyajian informasi yang mudah dan dipahami pelanggan.
  • Menyediakan produk berkualitas tinggi : produk atau jasa yang ditawarkan harus memenuhi standar kualitas tinggi.
  • Meningkatkan kecepatan dan keterjangkauan : konsumen ingin mendapatkan pengalaman cepat. Oleh sebab itu, pastikan bahwa produk dapat diberikan dengan cepat, serta memiliki harga kompetitif.
2. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan sarana yang penting untuk mempromosikan bisnis. Dengan membangun kehadiran kuat di media sosial, maka dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik, serta membangun koneksi yang lebih personal dengan pelanggan. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai platform mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan media sosial sebagai strategi bisnis digital :
  • Membangun brand awareness : dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya untuk membagikan konten menarik supaya dapat membangun brand awareness dan visibilitas pelanggan.
  • Mempromosikan produk : media sosial juga merupakan platform efektif untuk mempromosikan produk. Anda dapat membagikan penawaran khusus, seperti diskon dan promo.
3. Menggunakan Teknologi Baru

Dengan menggunakan teknologi baru dapat membantu bisnis digital era sekarang yang lebih efisien dalam mengelola operasional bisnis dan memperbaiki layanan pelanggan. Beberapa contoh teknologi baru yang dapat Anda manfaatkan diantaranya Internet of Things, AI, Cloud Computing, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa cara menggunakan teknologi baru :

  • Pelajari teknologi baru : pelajari fitur dan manfaat teknologi baru yang ingin digunakan. Pelajari juga mengenai biaya, resiko, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengadopsi teknologi tersebut.
  • Menentukan tujuan bisnis : tentukan tujuan bisnis dan bagaimana teknologi baru dapat membantu mencapainya. Misalnya, apakah teknologi baru tersebut dapat membantu meningkatkan efisiensi atau pengalaman pelanggan?
  • Siapkan tim dan sumber daya : pastikan juga bahwa tim dan sumber daya yang dibutuhkan untuk teknologi baru ini tersedia dan siap. Hal ini meliputi pelatihan stas, pengaturan infrastruktur teknologi, dan biaya operasional tambahan yang mungkin diperlukan.
4. Pelajari Data Analytics

Data analytics merupakan kunci mengidentifikasi tren pasar, perilaku pelanggan, dan kebutuhan pasar. Dengan menggunakan data ini, Anda dapat membuat keputusan lebih tepat dan memperbaiki strategi bisnis. Selain itu juga dapat membantu dalam melakukan personalisasi konten dan menyesuaikan pelayanan sesuai kebutuhan pelanggan.

Berikut ini cara mempelajari data analytic :

  • Belajar dari sumber daya online : Anda banyak sumber daya online seperti kursus online, tutorial, artikel, dan video yang dapat membantu Anda mempelajari analitik bisnis digital.
  • Mengikuti webinar : ikutilah webinar diselenggara organisasi terpercaya seperti perkumpulan analitik digital. Hal ini dapat memberikan wawasan berharga dan kesempatan untuk terhubung dengan para profesional.
5. Penggunaan Aplikasi

Selain penggunaan sosial media, saat ini juga banyak tersedia aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya, aplikasi manajemen proyek seperti Trello dan Asana yang dapat membantu mengatur tugas dengan lebih efektif. Aplikasi komunikasi seperti Zoom, Slack dan lain-lain. Gunakan pengguna aplikasi tersebut untuk memperkuat strategi bisnis digital Anda.

Berikut ini manfaat penggunaan aplikasi yang memungkinkan bisnis digital berjalan lebih mudah:

  • Meningkatkan kehadiran online : dengan menggunakan aplikasi memungkinkan pelanggan mengakses produk dengan mudah hanya melalui smartphone.
  • Menyediakan layanan yang lebih baik : aplikasi juga dapat membantu menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, seperti pemberitahuan pesanan dan dukungan lainnya.
  • Meningkatkan pendapatan : aplikasi dapat membantu bisnis untuk meningkatkan pendapatan dengan menyediakan berbagai pilihan pembayaran dan menawarkan produk atau layanan lebih mudah diakses oleh pelanggan.
6. Membuat Konten Menarik

Buatlah konten yang relevan atau yang berkaitan dengan minat, kebutuhan, dan keinginan target audiens. Hal ini berarti tidak hanya membuat konten menghibur saja, tetapi juga memberikan nilai dan manfaat bagi audiens.

Berikut beberapa tips membuat konten menarik antara lain :

  • Mempelajari audiens : pertama, pelajari audiens dan apa yang mereka sukai, sehingga dapat membuat konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.
  • Menentukan topik menarik : pilih topik menarik dan pastikan sesuai dengan konteks yang Anda buat.
  • Konten memiliki nilai tambah : konten menarik harus memiliki nilai tambah seperti informasi bermanfaat, solusi masalah yang sering dihadapi, hiburan atau motivasi.
  • Cerita menarik : cerita menarik akan membuat penonton terlihat dalam konten Anda.
7. Penggunaan Email Pemasaran

Email pemasaran merupakan strategi pemasaran digital dengan cara mengirimkan email pada pelanggan atau prospek bisnis untuk mempromosikan produk Anda. Cara ini juga dapat digunakan oleh bisnis dari berbagai jenis industri.

Berikut ini cara menggunakan email pemasaran untuk strategi bisnis digital :

  • Identifikasi target audiens : Anda dapat menggunakan data pelanggan dan prospek untuk menentukan siapa yang harus menerima email.
  • Membuat daftar email : setelah memiliki audiens yang ditargetkan, Anda juga perlu membangun daftar email yang akan digunakan untuk mengirim email pemasaran.
  • Membuat email menaik : buatlah email menarik dan mudah dipahami. Pertimbangkan desain dan tata letaknya, termasuk gambar, teks dan tautan yang ingin ditampilkan.
  • Menentukan waktu dan frekuensi pengiriman : Anda juga perlu menentukan kapan dan seberapa sering mengirim email, pastikan tidak mengirim terlalu sering, sehingga tidak mengganggu pelanggan, namun juga tidak terlalu jarang, supaya mereka tidak melupakan bisnis Anda.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Kesimpulannya, strategi bisnis digital era sekarang sangat penting mengikuti tren dan memanfaatkan teknologi untuk tetap kompetitif di pasar dan terus berkembang.
Related Posts