taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Bisnis Bareng Teman Jika Dilihat dari Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Bisnis Bareng Teman Jika Dilihat dari Kelebihan dan Kekurangannya

Kesuksesan dalam bisnis tidak hanya dapat diwujudkan seorang diri, seorang pebisnis membutuhkan bantuan orang lain agar impiannya terwujud, baik itu mentor, karyawan, atau pasangannya. Nah, jika kamu memiliki teman atau sahabat yang klop dan dirasa memiliki persamaan visi dalam bisnis, kenapa tidak coba tips bisnis bareng teman berikut ini.
Tips Bisnis Bareng Teman
Namun tentunya, dalam menjalankan bisnis bareng teman ada kurang dan lebihnya. Sebelum mengetahui bagaimana tips bisnis bareng teman supaya langgeng. Ada baiknya, Anda mengetahui juga apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Tips Bisnis Bareng Teman

Berikut adalah 10 tips bisnis bareng teman yang bisa membantu Anda memulai dan menjalankan bisnis bersama teman dengan sukses :

1. Membuat Kontrak Kerjasama yang Jelas Sebelum Memulai Bisnis

Sebelum mulai bisnis penting  membuat kontrak kerjasama yang jelas dengan mitra Anda. Ada beberapa hal yang sebaiknya dicantumkan dalam kontrak kerjasama seperti identitas para pihak, masa berlaku kontrak, hak dan kewajiban, pelanggaran dan pemutusan kontrak, harga dan pembayaran, serta menyelesaikan sengketa.

2. Menetapkan Tujuan Bisnis yang Spesifik dan Realistis

Dalam menetapkan tujuan bisnis, Anda bisa membuat tujuan jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek biasanya yang berkaitan dengan pencapaian dalam waktu satu tahun atau kurang, sedangkan tujuan jangka panjang biasanya yang berkaitan dengan pencapaian waktu lebih dari satu tahun.

3. Menentukan Peran dan Tanggung Jawab Masing-masing Secara Jelas dan Terperinci

Sangat penting dalam menentukan peran dan juga tanggung jawab masing-masing dan memastikan bahwa setiap anggota tima memahami tugasnya dan bertanggung jawab atas hasil kerjanya. Contohnya, kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan dan pisahkan pekerjaan tersebut berdasarkan fungsinya masing-masing.

4. Jangan Membuat Keputusan Bisnis Secara Tergesa-gesa

Ketika membuat keputusan yang tergesa-gesa dapat memiliki konsekuensi buruk pada bisnis Anda. Beberapa konsekuensi tersebut termasuk kehilangan peluang bisnis yang baik, kehilangan kepercayaan dari pelanggan dan pemasok, dan membuang-buang sumber daya berharga lainnya. Oleh sebab itu, lakukan dulu riset dan evaluasi sebelum membuat keputusan.

5. Bersikap Terbuka dan Jujur dalam Komunikasi

Kunci penting dalam membangun hubungan bisnis yang baik dengan pelanggan, karyawan dan juga teman bisnis yaitu bersikap terbuka dan jujur. Berbicaralah dengan jujur dan terus terang ketika mengkomunikasikan pendapat atau kekhawatiran Anda. Jangan menyembunyikan fakta dan gunakan bahasa tubuh yang positif.
 
6. Jadilah Flesibel dan Terbuka untuk Ide-ide Baru

Bersikap fleksibel dan terbuka akan ide-ide baru merupakan sikap penting untuk menciptakan inovasi dan pertumbuhan dalam bisnis. Caranya, dengarkan ide-ide dari orang lain dengan seksama terutama mitra, karyawan, dan pelanggan. Terkadang, ide-ide terbaik datang dari orang yang berada di lapangan yang berinteraksi langsung dengan produk Anda.

7. Mengambil Keputusan Berdasarkan Data dan Fakta Akurat

Hindari mengambil keputusan berdasarkan emosi atau kepentingan pribadi, ambilah keputusan tepat dengan fakta dan fakta akurat. Anda juga dapat menggunakan teknologi seperti software dalam menganalisis data, untuk memproses data dan membuat keputusan secara efektif dan efisien.

8. Menetapkan Batasan Antara Bisnis dan Persahabatan

Menetapkan hal ini sangat penting untuk menjaga hubungan sehat dan profesional antara kedua belah pihak. Misalnya dengan menghindari mendiskusikan masalah pribadi ketika melakukan bisnis.

9. Berkomitmen Terhadap Tugas dan Tanggung Jawab Masing-masing

Pastikan bahwa tugas dan tanggung jawab antara Anda dan teman jelas dan terinci. Selain itu, pertahankan juga konsistensinya dan kebiasaan yang teratur dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

10. Menetapkan Jadwal Pertemuan dan Review Proyek Secara Berkala

Tips bisnis bareng teman terakhir ini dibutuhkan untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Anda dapat melakukan mengevaluasi kemajuan di setiap pertemuan dan review. Jangan lupa membuat catatan kemajuan dan penyelesaian tugas yang ditentukan dan harus dilakukan selanjutnya.

Kelebihan Bisnis Bareng Teman

Menjalan bisnis bersama teman memiliki beberapa keuntungan berikut ini:

1. Tingkat Percaya yang Tinggi

Karena sudah mengenal teman Anda dengan baik, maka tingkat kepercayaannya pun lebih tinggi dari pada mereka yang tidak menjalankan bisnis bersama teman. Hal ini bisa membantu mencegah masalah kepercayaan dan membantu membangun hubungan kerja yang sehat.

2. Tim yang Kuat

Dengan memulai bisnis bersama teman, Anda bisa memanfaatkan kekuatan kolektif dari tim yang kuat. Anda dan teman bisa membagi tugas dan tanggung jawab, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak daripada mereka yang memulai bisnis sendiri.

3. Dapat Membagi Biaya

Memulai bisnis membutuhkan banyak biaya awal, termasuk untuk biaya peralatan, perangkat lunak, dan iklan. Saat mulai bisnis bersama teman, Anda dapat membagi biaya tersebut dengan teman, sehingga dapat memulai bisnis dengan biaya yang lebih terjangkau.

4. Mendapatkan Dukungan Moral dan Emosional

Ketika mulai bisnis juga bisa menjadi pengalaman yang menakutkan sekaligus menantang. Ketika Anda memulainya bersama teman, maka memiliki seseorang yang bisa diandalkan untuk memberikan dukungan moral dan emosional ketika membutuhkannya.

Kekurangan Bisnis Bareng Teman

Meskipun memiliki beberapa keuntungan ketika memulai bisnis bersama teman, namun juga ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan diantaranya yaitu :

1. Resiko Menganggu Hubungan Persahabatan

Kekurangan pertama ketika mulai bisnis bersama teman, adanya resiko mengganggu hubungan persahabatan menjadi terganggu. Kesulitan dalam membagi tanggung jawab, masalah keuangan atau keputusan bisnis yang sulit bisa menyebabkan ketegangan dalam hubungan tersebut, bahkan bisa berakhir dengan konflik dan perselisihan.

2. Keterbatasan Keahlian dan Pengalaman

Memiliki teman sebagai partner bisnis bisa sangat berguna dalam banyak hal, namun Anda perlu memastikan bahwa teman Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Jika tidak, bisa jadi hal tersebut akan menjadi kekurangan dalam mengelola bisnis.

3. Kesulitan dalam Membagi Tanggung Jawab dan Peran

Kekurangan lainnya dan menjadi tantangan utama dalam memulai bisnis bersama teman yaitu membagi tanggung jawab dan peran. Terkadang, sulit untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tertentu atau siapa yang harus mengambil keputusan. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian dalam menjalankan bisnis.

4. Keterbatasan Sumber Daya Keuangan

Meskipun memulai bisnis bersama teman bisa mengurangi biaya awal, namun sumber daya keuangan juga bisa menjadi keterbatasan. Bisa jadi teman Anda memiliki keterbatasan sumber daya keuangan atau kebijakan keuangan berbeda dengan Anda, sehingga bisa mempengaruhi keputusan bisnis.

5. Kesulitan dalam Memecahkan Perbedaan Pendapat

Ketika menjaga perbedaan pendapat dalam menjalankan bisnis, sulit menemukan jalan keluar yang cocok bagi kedua belah pihak. Hal ini bisa mempengaruhi keputusan bisnis dan bahkan bisa mengancam keberlangsungan bisnis tersebut.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah tips bisnis bareng teman, beserta kelebihan dan kekurangannya. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian bisnis bersama teman juga sebelum memutuskan melakukannya. Anda harus betul-betul membicarakan semua hal dengan jelas, dan terbuka untuk menghindari potensi masalah di kemudian hari.
Related Posts