taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Cara Mendapatkan Ide Usaha Paling Strategis dan Banyak Diterapkan

8 Cara Mendapatkan Ide Usaha Paling Strategis dan Banyak Diterapkan

Jenis usaha yang sejak awal ditentukan, menjadi poros penentuan keberhasilan bisnis tersebut ke depannya. Jika pengambilan keputusan memilih ide usaha kurang tepat, maka berpengaruh pula untuk nasib ke depannya. 
Cara Mendapatkan Ide Usaha
Tak heran, pelaku bisnis zaman sekarang sangat hari-hati dalam menentukan bidang bisnisnya. Tak usah khawatir! Kini kamu pun bisa mengetahui 8 cara mendapatkan ide usaha di sini.

Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melahirkan ide usaha yang briliant dan menguntungkan, tidak hanya untuk saat ini namun juga untuk waktu yang panjang. Kunci ada pada niat dan kesungguhan calon pebisnis.

Memang selain karena kerja keras dan kreativitas, faktor keberhasilan usaha juga ada karena keberuntungan. Jika kita tidak mampu menentukan hoki, maka yang perlu dioptimalkan adalah kesungguhan menjalankan usahanya. Barulah setelahnya diiringi dengan doa dan tawakkal.

8 Cara Mendapatkan Ide Usaha Paling Strategis 

Kamu bisa memusatkan perhatian penuh saat memikirkan ide bisnis yang paling tepat. Melalui 8 tips di bawah ini, setidaknya calon pelaku usaha memiliki panduan tersendiri.

1. Awali dengan Minat dan Passion

Salah satu kunci untuk menemukan ide usaha yang paling mudah, adalah dengan mendengarkan kata hati. Tak perlu jauh-jauh ke luar, karena sejatinya kita yang lebih paham diri kita sendiri. banyak orang percaya bahwa sesuatu yang dijalankan berdasarkan kesukaan, maka proses menjalaninya pun akan terasa ikhlas sepenuh hati.

Hal itulah yang mendasari mengapa saat inipun banyak pebisnis yang mulai membuka jenis usaha sesuai dengan minat atau passion

Pertama, misalnya kamu memiliki passion dalam hal memasak dan memiliki minat usaha di bidang food and beverage, maka ini bisa menjadi pengantarnya. Semakin mudah, selanjutnya kamu tinggal menentukan jenis kuliner apa yang ingin dijadikan usaha.

Sebaliknya, orang-orang menghindari menjalankan bisnis di bidang yang tidak ia sukai. Alasannya sederhana, karena takut tidak terkelola dengan baik dan sepenuh hati. Apalagi jika seseorang tersebut sangat awam akan hal yang dijalaninya.

2. Pilih Tren Bisnis Viral

Salah satu dari 8 cara mendapatkan ide usaha berikutnya adalah memanfaatkan tren bisnis viral dengan prospek panjang. Namun, banyak hal viral yang hanya bertahan sebentar. Faktor inilah yang menyebabkan pebisnis harus tetap waspada.

Alih-alih memilih bidang bisnis yang sedang viral di masyarakat secara asal tanpa perhitungan, akan sangat baik jika kamu melakukan riset dan uji kelayakan bisnisnya. Misalnya kamu memilih berjualan makanan yang sedang viral, namun sebelumnya telah diprediksi bahwa ide tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Sebagai contoh, kamu tertarik dengan bisnis Korean Food karena viral sejak beberapa tahun terakhir dan hingga saat ini masih terus hidup. Lalu kamu melihat adanya prospek besar akan usaha ini karena cocok dengan selera kebanyakan orang Indonesia yang menyukai makanan pedas.

3.  Mulai Riset Pasar

Secara profesional, pebisnis biasanya melakukan tahap riset pasar untuk menentukan jenis usahanya. Bahkan cara satu ini memang efektif untuk dilakukan. Minimal, kamu bisa memahami lebih dalam tentang suatu bisnis atau bidang usaha yang ingin dijalankan.

Di tahap ini juga kamu bisa memikirkan hal yang paling dibutuhkan dan merupakan masalah yang tengah dihadapi oleh segmentasi pasar tertentu. Berangkat dari sana, kamu pun bisa memberikan solusi dan jawaban untuk target pasar tersebut.

Elemen-elemen dalam melakukan riset pasar cukup detail. Terkait segmentasi pembeli yang dituju, kamu perlu memastikan apakah produk jualan tersebut diperuntukkan kelompok tersbeut atau tidak. Misalnya dari segi gender, usia, hingga daya beli.

4. Mengembangkan Ide-ide

Jika masih yakin dengan rencana-rencana yang ada dalam pikiranmu, cobalah dengan mengembangkan ide-ide usaha yang sudah ada sebelumnya! Karena akan banyak hal yang bisa didapatkan dari hal-hal yang sudah ada sekalipun.

Dan apabila kamu takut tidak akan mendapatkan target pasarnya, maka pikirkan hal-hal baru. Di sinilah peran seorang pebisnis sejati dibutuhkan. Salah satu dari 8 cara mendapatkan ide usaha ini, Kamu dituntut untuk menjadi seseorang yang penuh dengan inovasi demi melahirkan ide usaha berbeda dari umumnya.

Lalu dituntut untuk memiliki kreativitas yang baik dengan segudang ide dalam pikiran. Namun tidak sesulit yang dibayangkan. Di tahap ini kamu bisa menerapkan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

5. Perbanyak Relasi dan Kerabat Bisnis

Seorang pengusaha juga dituntut memiliki jiwa sosialisasi yang tinggi. Agar rencana usahanya tidak hanya berjalan di tempat, ia harus mampu keluar dari zona nyaman dan membuka mata dengan dunia luar.

Apalagi jika kamu masih pemula dan baru ingin memulai bisnis, memperbanyak relasi dan kerabat bisnis adalah hal yang utama. Semakin luas koneksimu, maka ini bisa menjadi tiket berharga menuju kesuksesan menjalankan bisnis.

Kamu bisa menemukan sesuatu tak terduga dengan relasi tersebut. Entah ke depannya akan menjadi mitra, pelanggan bisnis, atau bahkan coach yang bisa membimbingmu.

6. Mengikuti Workshop atau Bootcamp Bisnis

Biasanya ide-ide kreatif bisa bermunculan melalui wawasan dan pengalaman. Akan lebih mudah bagimu menentukan jenis usaha, jika dalam prosesnya kamu pun rajin mengikuti berbagai workshop bisnis. Inilah yang menjadi salah satu dari 8 cara mendapatkan ide usaha lainnya. 

Darinya, kamu bisa mendapatkan banyak masukan dari pakar bisnis atau seorang pengusaha yang telah berhasil. Selain dari seminar, event semacam bootcamp bisnis pun tentu akan bermanfaat. Bahkan dalam acara seperti ini, kamu juga bisa dituntun dalam praktiknya.

Mulai dari cara menentukan ide hingga pengelolaannya secara profesional. Karena tak dipungkiri, ilmu berbisnis tidak hanya dibutuhkan saat ingin mendapatkan idenya saja. Namun perlu taktik demi keberlangsungan seterusnya.

7. Kembangkan Ide Berdasarkan Pengalaman Bisnis Sebelumnya

Seseorang dapat lebih mudah belajar dari pengalamannya, memang bisa dibuktikan dalam bisnis. Apabila kamu adalah pegiat bisnis yang sebelumnya pernah mengelola sebuah usaha, maka jadikan masa lalu sebagai ilmu.

Apalagi tak sedikit pelaku usaha yang ingin banting setir ke jenis usaha lainnya yang lebih menjanjikan untuknya. Jika kondisinya tak jauh berbeda seperti ini, maka kamu tak perlu jauh-jauh dan repot untuk menemukan ide baru.

Untuk sesuatu yang lebih cemerlang, kamu bisa mengembangkan ide bisnis berdasarkan pengalaman sebelumnya. Gunakan hal baiknya dan buang hal buruknya, dan jika perlu lakukan evaluasi dari usaha sebelumnya. Tarik kesimpulan dan berikan solusi untuk diterapkan di pengelolaan selanjutnya.

8. Tambah Wawasan Tentang Ilmu Berbisnis

Kemudahan mencari ide usaha ternyata bisa beriringan juga dengan wawasan. Semakin padat ilmu tentang bisnis kamu ketahui, maka tidak akan ada kesulitan berarti saat ingin menjalankan usaha. Meskipun sudah lama berbisnis pun, ilmu tentang usaha masih perlu diperbanyak. 

Kini menambah wawasan usaha bisa diakses beragam, baik melalui internet ataupun buku. Apalagi di buku, banyak kisah sukses pebisnis yang dapat diambil pembelajaran serta kiat-kiat bisnisnya.

Simak informasi selebihnya berikut ini.

Baca juga:



 

Dari 8 cara mendapatkan ide usaha di atas, kamu sudah bisa memulai bisnis yang lebih realistis. Artinya, tidak sekedar memilih bidang usaha, namun sudah lebih dipertimbangkan secara matang bahkan sesuai prosedurnya.
Related Posts