taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Ide Bisnis dari Buah Kekinian dan Menjanjikan

8 Ide Bisnis dari Buah Kekinian dan Menjanjikan

Buah pada dasarnya sudah dapat dikonsumsi tanpa harus dioleh menjadi ini dan itu. Dan tanpa diolah pun, peminat buah-buahan memang tinggi. Mengingat khasiat atau kandungan vitaminnya yang tinggi, cocok untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. Namun keterbatasan ketahanan buah, menjadikan pelaku usaha memutar otak, mencari ide bisnis dari buah yang lebih tahan lama.
Ide Bisnis dari Buah
Selain karena ketahanannya, masih banyak alasan lain yang menuntut seseorang menemukan ide lain membuat produk dagang dari bahan buah yang segar. Pelaku usaha juga bisa memanfaatkan peluang baru. Ide jualan yang anti mainstream akan menarik target pasar baru. 

Misalnya, jika biasanya anak-anak menjadi pemilih ketika memakan buah-buahan secara langsung, mungkin melalui makanan olahan buah bisa menjadi alternatifnya. Sehingga bisnis olahan buah menargetkan anak muda sebagai pasarnya.

Ide Bisnis dari Buah Kekinian

Untuk sesuatu yang berbeda, kamu bisa mulai menentukan jenis usaha dari olahan buah-buahan yang menjanjikan di pasaran.

1. Keripik Buah Kekinian (Fruity Chips)

Pertama, kamu bisa memanfaatkan tren pasar yang sedang viral. Eksistensi keripik buah yang bikin orang terheran-heran dan tertarik, membuat usaha ini perlahan melambung di pasaran. Jika kebanyakan orang masih pilih-pilih saat konsumsi buah, dengan lahirnya ide usaha keripik buah menjadi solusi untuk calon customer tersebut.

Tekstur olahan buah yang dijadikan keripik, membuat siapapun yang mengkonsumsinya ketagihan. Nuansa kriuk dari keripik membuat setiap gigitan lebih satisfying. Tak hanya karena teksturnya, keripik buah ini tetap bisa memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sehingga banyak nilai plus bagi produk dagang satu ini.

Jika biasanya kita banyak menemukan keripik pisan sebagai oleh-oleh khas Lampung, atau keripik apel sebagai buah tangan khas Malang, maka kita bisa membuat lebih banyak ragam keripik buah. Bahkan kini banyak inovasi keripik buah yang sebelumnya belum pernah atau jarang dijual. Misalnya seperti keripik strawberry, keripik pepaya, keripik mentimun, keripik nanas, dan lain sebagainya.

Pembuatan keripik kini dapat lebih mudah dengan bantuan alat yang lebih canggih. Sehingga jenis buah apapun bisa disulap menjadi chips karena ada alat khusus yang mampu meniriskan kadar air dan minyak pada buah. Bahkan buah yang memiliki kandungan air lebih banyak seperti melon dan semangka sekalipun, tetap bisa dijadikan sebagai keripik yang crunchy.

2. Dodol Buah Berbagai Varian Rasa

Ide bisnis dari buah berikutnya adalah olahan dodol buah. Di Indonesia sendiri, dodol bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan termasuk salah satu makanan tradisional yang banyak disukai. Jika sebelumnya dodol lebih banyak menggunakan bahan dasar biasa seperti ketan, kelapa, dan gula merah saja, maka sekarang bisa ditambah dengan buah-buahan.

Cita rasa dodol yang sudah tak asing di lidah orang Indonesia, membuat pedagang lebih mudah menyasar segmentasi pasar. Apalagi saat ini olahan dodol ditambah berbagai pilihan varian rasa buah-buahan, menjadikan nuansa rasa yang sedikit baru namun tetap enak. Sehingga tak hanya sekedar manis dan legit, dodol buah juga memberikan nutrisi untuk penikmatnya.

Kamu bisa memilih berbagai jenis buah sebagai tambahan bahan baku pembuatan dodol modern. Misalnya dodol dari buah naga, pisang, jeruk, nanas, mangga durian, apel, sirsak, dan lainnya.

3. Pudding dan Salad Buah

Membicarakan pudding dan salad buah membuat siapa pun menjadi tertarik dengan dessert menyegarkan tersebut. Sebagai ide bisnis dari buah selanjutnya, kamu bisa membuat pudding buah buatan sendiri.

Pudding memiliki bahan baku agar-agar yang kenyal, dan jika dipadukan dengan buah-buahan, akan menjadikan kombinasi cita rasa enak, manis, dan bertekstur. Pudding juga banyak disukai karena dapat baik untuk metabolisme tubuh atau melancarkan pencernaan.

Selain itu, kamu juga bisa menjual dessert lainnya yaitu salad buah. Membuat salad dan pudding secara bersamaan tentunya tidak akan terlalu membuat repot. Justru, konsumen memiliki banyak pilihan menu untuk dibeli olehnya.

Salad buah pun sama baiknya untuk nutrisi tubuh. Dan makanan penutup ini banyak disukai oleh kawula muda. Pembuatan salad dan pudding pun cukup mudah, sehingga bisnis ini bisa kamu mulai sesegera mungkin.

4. Youghurt Buah Home Made

Ide bisnis dari buah berikutnya yang bisa menggunakan buah-buahan sebagai bahan bakunya adalah Youghurt. Makanan fermentasi dari bahan susu ini dikenal baik untuk pemcernaan. Memadukannya dengan beragam jenis buah, merupakan ide yang cemerlang.

Youghurt buah menjadikan olahan susu fermentasi tidak monoton lagi, lebih berasa, dan bertambah nilai gizinya. Konsumsi youghurt secara rutin juga baik untuk menghambat kadar kolestrol dalam darah.

Pembuatannya juga bisa dilakukan oleh siapa pun, karena bahan-bahannya dapat kamu temui di supermarket atau minimarket. Penambahan rasa buahnya bisa dalam bentuk potongan buah maupun cairan rasa. Dengan begini kamu sudah bisa menjalankan bisnis Youghurt home made.

5. Pizza Buah

Bisnis pizza buah memang terdengar asing di Indonesia. Namun di beberapa negara bagian Barat, bisnis Pizza Buah cukup meroket. Berbeda dengan pizza biasanya yang bercita rasa gurih, kali ini dibuat dengan bahan dasar manis.

Cara pembuatannya pun dapat dipelajari dengan mudah. Kamu bisa menggunakan roti pizza seperti pada umumnya, dan menambahkan buah-buahan serta selai manis sebagai topping.

Jika pizza biasanya bertopping daging, sosis, paprika, hingga saus sambal, kali ini pizza manis bisa menggunakan potongan buah sebagai pembedanya. Beberapa menu pizza buah ini beragam, diantaranya ada Apel Karamel Pizza, Cherry Cheesecake Pizza, Strawberry Choco Pizza, Kiwi Choco Pizza, dan menu lainnya.

6. Sate Buah

Bisnis simple namun tidak monoton, ya sate buah jawabannya! Alih-alih menjual buah-buahan seperti biasa, kamu bisa membuat kreasi yang lebih menarik namun sebetulnya tidak terlalu melakukan banyak perubahan.

Dengan membuat sate buah yang disiram dengan saus cokelat, menjadikan semua kalangan menyukainya sebagai hidangan penutup. Dalam satu tusukan sate, kamu bisa menambahkan berbagai macam potongan buah, seperti satu potongan dadu mangga, pepaya, kiwi, melon, nanas, semangka, hingga strawberry.

Bahkan dalam satu tusukan sate buah, gradasi warna colorful yang terbentuk akan sangat menarik pembeli untuk mencobanya.

7. Asinan dan Manisan

Ide bisnis dari buah memang banyak ragamnya. Di pusat oleh-oleh, buah-buahan juga banyak dijadikan sebagai asinan atau manisan. Hidangan tersebut bisa menjadi camilan atau hidangan penutup. Menariknya, banyak yang menyukai jenis makanan ini karena dipercaya dapat menambah nafsu makan.

8. Sambal Buah

Buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sambal. Alih-alih membuat sambal biasa yang sudah banyak dipasarkan, serta kebanyakan memiliki rasa asin pedas, maka kali ini sedikit berbeda. Sambil manis dengan cita rasa khas buah-buahan juga banyak yang suka.

Sambal buah tidak begitu asing bagi kita. Bahkan beberapa daerah terkenal dengan khas sambal buahnya. Misalnya di Palembang, terkenal dengan sambal mbacang yang merupakan olahan sambal mangga.

Padu padan buah lainnya menjadi sambal juga bisa dipertimbangkan, seperti sambal nanas hingga sambal jeruk. Meskipun ada rasa manis, namun jika sudah diolah dengan tepat, sambal ini juga bisa dijadikan teman makan nasi yang enak.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Bagaimana, berdasarkan 8 ide bisnis dari buah di atas, mana yang paling menarik bagimu untuk dijadikan sebagai usaha rumahan? Jangan lupa kreasikan juga sebagai ide jualan di rumah, ya!
Related Posts