taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Ide Bisnis Food Truck Kekinian dan Prospektif di Indonesia

9 Ide Bisnis Food Truck Kekinian dan Prospektif di Indonesia

Persaingan dunia bisnis yang semakin kompetitif, mau tak mau menuntun semua pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam soal peruntungan. Segala jenis ide usaha baik yang bersifat tak lekang oleh waktu ataupun tren terbaru, akan terus digali jika memang sesuai dengan segmentasi pasar yang dituju. Seperti ide bisnis food trusk yang menjadi gaya baru saat ini.
Ide Bisnis Food Truck
Dibeberapa negara, bisnis foodtruck terus berkembang. Kini Indonesia pun tengah merambah pada jenis usaha dalam mobil tersebut. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya, sudah mulai melestarikan gaya bisnis ini.

Kehadiran jenis usaha ini menjadi alternatif untuk membuka restoran tradisional. Bahkan penjualnya sering ditemui di momen tertentu seperti di festival kuliner.

Apa Itu Bisnis Food Truck?

Usaha ini mengusung gaya bisnis berkonsep nomaden dengan menggunakan kendaraan mobil sebagai tempat berbisnis. Uniknya, bisnis bisa beroperasi di wilayah manapun. Pemilik usaha juga bisa mencoba berbagai peluang di daerah yang berbeda.

Food truck juga merujuk pada bisnis yang bergelut dalam bidang Food & Beverage. Konsep pelayanannya, dilakukan dengan proses memasak secara langsung di dalam kendaraan. Pembeli melakukan order secara langsung di salah satu bagian jendela mobil yang dimodifikasi sebagai order spot. Penyajiannya juga bisa dine in dengan menyediakan beberapa meja dan kursi, ataupun take away.

Ide Bisnis Food Truck Kekinian

Setelah menemukan hal menariknya, kini saatnya kamu melakukan ekspansi bisnis satu ini. Kira-kira ide bisnis seperti apa yang cocok dikelola pada food truck, ya? Temukan jawabannya melalui rekomendasi berikut.

1. Ice Cream

Sebagai negara tropis, bisnis es krim memang tidak pernah kehilangan peminatnya. Klasik tapi asik, menjadikan dessert legend ini memiliki pangsa pasar yang semakin luas, apalagi diterapkan pada konsep jualan baru.

Bukan hanya konsep penjualannya saja yang berubah, inovasi produk yang dijual pun bisa ikut upgrade. Jangan sampai jadikan ide bisnis food truck ini terkesan sia-sia dengan isi jualan yang gitu-gitu aja!

Cara kamu berjualan es krim dengan foodtruck memang sudah keren, namun ketertarikan calon pembeli bis langsung dikunci melalui menu yang tersedia. Kamu bisa membuat menu ice cream berbagai varian rasa dan toping. Atau penggunaan bahan premium dan harga jual yang kompetitif, menjadikan usaha lebih memungkinkan balik modal.

2. Burger

Ide jualan franchise kini juga banyak diterapkan pada konsep ini. Bahkan di benua asalnya, konsep bisnis seperti ini sudah tidak asing lagi. Kamu juga bisa mencoba peruntungan bisnis menarik satu ini, dan berpartisipasi di berbagai event, termasuk festival kuliner dan spot jajanan rutin di berbagai tempat.

Penyajian burger biasanya dilengkapi dengan side menu seperti kentang goreng hingga minuman bersoda. Untuk menambah daya tarik, modifikasi kendaraan dengan menghias kendaraan sesuai tema yang diinginkan. Selain itu akali dengan penyajian berbagai menu inovasi, misalnya burger kornet, burger sosis, burger udang, dan lain-lainnya.

Sama seperti burger, ide bisnis foodtruck juga cocok untuk berjualan jenis junkfood lainnya seperti hotdog dan pizza.

3. Vegertarian

Selain makanan cepat saji, kmau juga bisa berjualan healthy food seperti menu berbahan buah-buahan. Bagi mereka yang vegetarian atau memang menyukai kesegaran, maka ide usaha ini bisa laris manis. Target pasar bisnis ini bisa pada siapa saja, khususnya bagi yang sedang diet sehat atau memang sedang menjaga kesehatan secara prima.

Makanya, lokasi berjualan yang berpeluang tinggi bisa meliputi area perkantoran atau perkuliahan. Menu yang dijual bisa berupa salad buah, rujak, fruity smoothies, atau lainnya.

4. Waffle

Waffle juga menjadi menu dessert kekininan yang bisa kamu cek sendiri peruntungannya dalam bisnis. Setelah viral di berbagai sosial media, inovasi makanan waffle kini ada hampir disetiap pusat jajanan hingga mall. Kali ini kamu bisa mencobanya dengan konsep baru dan berbeda dengan yang lainnya, yaitu sebagai ide bisnis food truck waffle.

Cara pembuatannya yang tidak begitu rumit, membuat waffle cocok dijadikan sebagai usaha di truk makanan. Bahkan penyajiannya pun bisa dilakukan cukup cepat. Konsepnya adalah take away, dengan penyajian menggunakan paper tray, sehingga pembeli dapat dengan mudah mengonsumsi atau membawanya.

Selain waffle, mungkin kamu juga bisa menjual side menu lainnya seperti pancake. Lalu ditambahkan berbagai pilihan toping premium. Begini saja, ide jualan sudah sangat menarik.

5. Mille Crepes

Akhir-akhir ini kuliner Jepang begitu mendominasi di berbagai konten vlog makanan. Meskipun Crepes asalnya dari Prancis, namun Mille Crepes versi modern mulai dikenalkan oleh koki asal Jepang. Eksistensi Mille Crepes mampu menarik perhatian para pemburu kuliner di berbagai negara. Pasalnya hidangan penutup ini memiliki tampilan yang cantik dan rasa yang manis.

Mille Crepes yang tren bisa menjadi ide bisnis food truck. Apalagi banyaknya pemburu makanan ini, menjadikan siapapun yang berjiwa usaha, akan sangat sayang jika melewatkan momennya ini. Kamu bisa mulai belajar bagaimana cara membuat dessert yang terdiri dari lapisan krep tipis dengan olesan berbagai varian cream.

6. Coffeeshop

Beberapa kalangan di Indonesia memiliki kebiasaan meminum kopi di berbagai momen, baik ketika santai, istirahat kerja, atau ketika hangout bersama teman. Kamu bisa memanfaatkan area potensial seperti dekat perkantoran, perkuliahan, atau pusat perbelanjaan untuk menjalankan bisnis kopi dalam truk.

Kopi bukan sembarang kopi, namun kamu bisa mengikuti tren. Bisnis yang dijalankan adalah menawarkan minuman kopi kekinian yang sering diburu anak muda, dengan ide kemasan yang snagat menjual.

7. Korean Foods

Korean wave mengantarkan orang-orang mengetahui beberapa kultur di negeri Ginseng. Makanan khas Korea menjadi salah satu hal paling dicari akhir-akhir ini. Banyak pelaku usaha yang menjalankan bisnis Korean Foods dengan berbagai konsep, yang paling umum adalah dengan membuka kios dagang atau mini restoran di suatu tempat secara permanen.

Kini kamu bisa memanfaatkan peluang baru, dengan berjualan secara mobile dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan food truck. Yaitu dengan menawarkan berbagai pilihan menu makanan Korea yang hype seperti Corndog, Teokbokki, Ramyeon, Odeng, dan aneka toping seafood.

8. Boba Drinks

Tak akan lengkap rasanya jika sebuah pusat jajanan tidak ada yang berjualan minuman boba. Drinks kekinian ini banyak disukai oleh orang-orang, terutama anak muda. Sehingga pelaku usaha yang memulai bisnis ini, dapat dengan mudah menyasar target pasar secara jelas.

Kini aneka minuman boba sudah banyak berinovasi dan banyak sekali macamnya. Kamu pun bisa mencari referensi menu yang bisa dibuat, lalu rencanakan untuk mengusungnya sebagai ide bisnis food truck yang unik.

9. Kebab

Kamu juga bisa menjadikan makanan khas Turki, Kebab sebagai ide jualan menggunakan food truck. Konsep penjualan mobile sangat cocok dengan jenis makanan yang disajikan, sehingga memungkinkan banyak pembeli semakin tertarik ingin mencoba daganganmu.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah berbagai referensi ide bisnis food truck yang tidak hanya menarik, namun cocok dan berpeluang bagus dengan konsep jualannya.
Related Posts