taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menganalisis Bisnis Elektronik Agar Mudah Meraih Kesuksesan

Cara Menganalisis Bisnis Elektronik Agar Mudah Meraih Kesuksesan

Memulai usaha di bidang jual beli elektronik merupakan salah satu peluang usaha yang baik di masa sekarang ini. Namun mungkin Anda masih bingung mengenai cara menganalisis bisnis elektronik dengan tepat.
Cara Menganalisis Bisnis
Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin hari makin pesat, maka penemuan baru dibidang elektronika terus muncul. Sehingga peluang usaha berjualan barang elektronik cukup menjanjikan.

Memulai Bisnis Elektronik dengan Mudah

Meskipun perkembangan dunia elektronik melejit dengan pesat, namun tentu saja tidak serta merta menjamin usaha di bidang elektronik langsung berhasil. Pelaku usaha sebaiknya menerapkan cara menganalisis bisnis elektronik terlebih dahulu agar tidak mengalami kegagalan.

Perdagangan merupakan salah satu usaha yang paling diminati oleh banyak pelaku usaha. Termasuk bisnis elektronik yang termasuk paling mudah dijalankan. Karena cara berjualan elektronik hanya perlu membeli barang dan menatanya di toko untuk dijual kembali.

Langkah yang harus diperhatikan adalah membuat toko di tempat yang strategis dan menata toko dengan menarik, Sehingga menarik perhatian orang-orang yang lewat sebagai calon pembeli. Namun triknya tidak sesederhana itu, masih ada berbagai kiat yang diperlukan untuk meraih kesuksesan.

Meskipun menurut sebagian orang berjualan itu merupakan bisnis yang mudah dilakukan namun memerlukan strategi pemasaran yang jitu. Sekarang sudah bukan jamannya lagi menunggu pembeli datang dengan pasrah.

Harus melakukan berbagai cara promosi yang tepat sasaran agar banyak pembeli yang berkunjung dan berbelanja.

Kemudian kira-kira apa saja yang harus disiapkan oleh pelaku usaha utnuk memulai bisnis elektronik ini? Apa saja kiat yang dapat diterapkan agar lekas sukses dan tidak tutup di tengah jalan karena merugi. Anda dapat melakukan berbagai cara menganalisis bisnis elektronik sebelum memulai usaha ini.

Gambaran Prospek Bisnis Elektronik

Saat membahas mengenai prospek usaha atau peluang usaha, memang dapat dikatakan bahwa usaha toko elektronik seperti ini masih memiliki peluang yang cukup bagus. Pendapat ini tentu saja disebabkan oleh berbagai alasan seperti berikut ini:
  • Memiliki jumlah konsumen yang tak terbatas.
  • Perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari hari ke hari.
  • Kebutuhan masyarakat mengenai barang elektronik yang semakin tinggi.
Dengan berdasarkan tiga alasan tersebut maka masyarakat yang akan menjadi konsumen usaha elektronik menjadi tidak terbatas. Karena pada kenyataannya bukan hanya masyarakat yang mampu saja yang membeli barang elektronik, melainkan semua lapisan masyarakat.

Selain itu perkembangan teknologi yang begitu pesat juga memicu kebutuhan masyarakat akan barang elektronik semakin meningkat. Didukung oleh semakin canggihnya produk elektronik yang terus mengalami perkembangan dan pembaruan keunggulan setiap waktu.

Apalagi banyak sekali benda elektronik yang mempermudah kehidupan masyarakat membuat kebutuhan barang ini semakin tinggi. Jaman sekarang di setiap rumah pasti mempunyai lebih dari satu barang elektronik.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bahwa prospek bisnis elektronik masih cukup bagus untuk dicoba. Yang penting senantiasa mempunyai ketekunan, kerja keras dan trik pemasaran yang jitu untuk menjalankannya.

Tantangan dan Hambatan Dalam Menjalankan Bisnis Elektronik

Ketika Anda mempunyai keinginan menjalankan bisnis elektronik sebagai usaha pokok Anda, maka Anda harus mengetahui hambatannya terlebih dahulu. Selain cara menganalisis bisnis elektronik, Anda juga harus mengetahui cara mengatasi hambatan yang ada.

Dengan mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja hambatan yang mungkin akan dihadapi maka pelaku usaha akan mempunyai strategi. Berbagai kendala yang mungkin terjadi dalam menjalankan usaha elektronik adalah sebagai berikut:
  • Modal yang cukup besar
  • Persaingan yang ketat
  • Tergantung pada daya beli masyarakat setempat
Pada umumnya membuka bisnis elektronik membutuhkan modal yang sangat besar, karena harga barang elektronik juga cukup mahal. Meskipun keuntungan yang didapatkan juga cukup besar namun modal belanjanya juga tidak sedikit.

Besarnya modal yang diperlukan inilah yang kerap membuat pelaku usaha merasa sulit untuk menjangkau ketika modal yang dimiliki terbatas. Besarnya modal untuk berbisnis elektronik biasanya dipengaruhi oleh:
  • Biaya yang dibutuhkan untuk menyiapkan lokasi atau tempat usaha yang harus luas.
  • Biaya yang dibutuhkan untuk modal belanja barang dagangan yang dijajakan di toko.
Kemudian kendala lainnya dalam bisnis elektronik ini adalah ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Terutama ketika ada dua toko elektronik yang berdiri berdekatan, maka persaingan akan terasa dengan sangat jelas.

Hal ini terjadi akibat intensitas transaksi toko elektronik cukup terbatas, contohnya orang hanya membeli televisi satu kali dalam beberapa tahun. Tidak akan membeli lagi sampai televisi rusak atau harus diganti karena berbagai hal, misalnya ingin mempunyai televisi dengan teknik terbaru.

Selain itu harga barang elektronik yang termasuk tinggi juga menjadi salah satu kendala tersendiri dalam memasarkan produk. Terutama di kalangan masyarakat menengah ke bawah yang kondisi finansialnya terbatas.

Cara Menganalisis Bisnis Elektronik Agar Lekas Sukses

Sebagaimana usaha yang lainnya, tentu saja bisnis elektronik juga memerlukan cara menganalisis bisnis elektronik. Sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan kesuksesan dengan cara yang lebih lancar. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi setiap peluang usaha untuk memberikan Anda hasil terbaik.

Berikut ini adalah cara menganalisa bisnis yang baik dan dapat Anda praktekkan untuk menjalankan usaha Anda.

1. Perhatikan Target Pasar dan Pesaing Potensial Bisnis Anda

Dengan melakukan riset pasar maka Anda dapat menganalisis siapa saja target pasar atau calon pelanggan dan juga pesaing Anda di berbagai tingkatan. Masalah ini sangat membantu dalam proses evaluasi mengenai peluang sebuah ide usaha.

Proses penilaian yang sangat penting untuk dicermati seperti apa permintaan terhadap produk atau layanan yang didapatkan. Kemudian apakah ekspansi ke pasar baru potensial dapat menyumbang manfaat pada bisnis elektronik Anda.

Sebaiknya Anda melakukan identifikasi terhadap segmentasi konsumen yang tentu saja akan memuat karakteristik umum. Contohnya seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, dan tempat tinggal, hingga gaya hidup.

Selain itu Anda juga harus mengetahui mengenai harapan dari pelanggan terhadap bisnis elektronik milik Anda. Dan cari tahu apakah kira-kira Anda dapat memberikan nilai lebih atau solusi terhadap masalah yang mereka hadapi.

2. Lakukan Analisis SWOT

Cara menganalisis bisnis elektronik selanjutnya adalah menilai SWOT dari peluang usaha setelah mengetahui siapa pelanggan dan pesaing bisnis Anda. Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats dapat memetakan bagaimana potensi dan berbagai tantangan jika Anda memilih untuk mengambil bisnis tersebut.

Cari tahu nilai apa saja kekuatan dari ide bisnis tersebut beserta keunggulannya, kelemahan dan ancaman apa saja yang mungkin akan dialami jika menjalankan bisnis elektronik tersebut.

3. Perhatikan Pasar Dari Bisnis Elektronik Tersebut

Sekarang saatnya untuk mengalihkan fokus pada pasar dari peluang bisnis tersebut. Sehingga potensi yang dapat diraih jika peluang tersebut dapat direalisasikan pada sebuah market dapat diketahui. Membuka usaha di tempat yang salah, keliru mengambil keputusan dan kurang persiapan adalah kesalahan.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikianlah cara menganalisis bisnis elektronik dengan cara yang mudah. Anda dapat mempraktekkannya agar dapat memperoleh kesuksesan dalam bisnis yang akan Anda kerjakan.

Penulis: Rien Milansi
Related Posts