taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Kiat Sukses Berbisnis Jasa Service Elektronik 2022

7 Kiat Sukses Berbisnis Jasa Service Elektronik 2022

Kiat sukses berbisnis jasa service elektronik sebenarnya tidak berbeda jauh dengan jenis bisnis jasa lainnya. Contohnya, bisnis jasa servis elektronik juga membutuhkan dua jenis modal, yakni modal materi dan keahlian.
Kiat Sukses Berbisnis Jasa Service
Usaha servis elektronika adalah jasa memperbaiki alat-alat elektronik yang mengalami masalah, seperti kipas angin tidak bisa menyala, TV buram, AC tidak optimal, mesin cuci ngadat, atau kendala pada peralatan rumah tangga lain yang berhubungan dengan listrik.

Peluang dan Resiko Bisnis Jasa Servis Elektronik

Sebelum membahas lebih jauh tentang kiat sukses berbisnis jasa service elektronik, Anda perlu memahami dahulu tentang peluang dan resiko bisnis ini. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan lebih matang untuk memulai usaha.

Adapun peluang usaha service elektronik adalah sebagai berikut:
  • Modal materi untuk memulai usaha tergolong kecil;
  • Hampir semua rumah memiliki perabotan elektronik. Dengan demikian, setiap orang berpotensi membutuhkan jasa servis;
  • Bisa menjadi pasif income;
  • Pengembangan usaha cukup mudah;
  • Bisa menjadi profesi sekaligus hobi.
Tentu saja, tidak ada usaha yang tidak beresiko. Pertimbangkan beberapa resiko usaha elektronik untuk dapat membuat strategi antisipasi bisnis ke depannya:
  • Harus telaten mempelajari berbagai masalah-masalah baru dalam dunia perabot elektronik;
  • Sparepart terkadang sulit didapatkan atau membutuhkan waktu lama;
  • Reputasi jasa servis tidak selalu baik di masyarakat. Terkadang, mereka memilih membeli produk baru daripada servis;
  • Harus up-to-date dengan peralatan-peralatan baru dan elemen-elemen elektronik baru.

Kiat Sukses Berbisnis Jasa Service Elektronik

Dalam dunia servis elektronik, Anda tidak sendirian. Mungkin sudah ada jutaan orang terdahulu yang sudah membuka jasa serupa sebelumnya. Bahkan beberapa diantaranya sukses hingga hari ini.

Lalu bagaimana Anda akan bersaing dengan mereka? Jika diadu dengan para kompetitor, apakah bisnis jasa Anda akan mendapatkan perhatian? Anda tidak harus menjawabnya sekarang, cukup terapkan beberapa kiat sukses berbisnis jasa service elektronik berikut ini:

1. Pasang Papan Nama Besar di Depan Bengkel

Kiat pertama adalah menonjolkan identitas usaha Anda. Buat banner atau papan nama yang besar di depan bengkel sehingga tidak akan luput dari pandangan siapapun yang berlalu lalang.

Tidak heran pula jika banyak pebisnis memperebutkan lokasi-lokasi strategis sebagai tempat usaha mereka. Sebab lokasi demikian tentu dilalui oleh lebih banyak orang sehingga meningkatkan peluang jumlah konsumen.

2. Daftarkan Usaha di Google Maps

Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat luput dari analisis kesempatan dalam usaha servis elektronik dan kelistrikan. Saat ini, orang tidak hanya mencari jasa servis melalui mulut ke mulut, melainkan juga informasi dari internet.

Dengan mendaftarkan lokasi usaha Anda di Google Maps, calon konsumen dapat menemukan tempat Anda secara cermat. Bahkan, teknologi Google dapat mengukur berapa jauh jarak mereka dari lokasi usaha Anda melalui fitur servis elektronik terdekat.

Lebih dari itu, Google Maps juga menyediakan kolom ulasan terhadap suatu tempat. Anda bisa meminta pengunjung bengkel memberikan penilaian atas kepuasan mereka melakukan servis di tempat Anda.

Semakin banyak ulasan baik terhadap usaha, Google akan menampilkan tempat tersebut dalam halaman pencarian teratas.

3. Memiliki Komitmen Amanah Terhadap Konsumen

Percaya atau tidak, banyak bengkel servis elektronik mendapatkan reputasi buruk terhadap kinerja mereka. Beberapa diantaranya karena ketahuan menggunakan sparepart bekas, padahal harga yang dibayar konsumen cukup mahal.

Memanfaatkan ketidaktahuan konsumen atas perangkat elektronik seperti demikian sangat tidak etis. Jika reputasi usaha sudah buruk, tinggal menunggu waktu hingga bengkel Anda gulung tikar.

Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha, Anda perlu menanamkan prinsip bisnis jasa yang amanah terhadap konsumen. Meskipun prinsip moral begini sering diremehkan, namun kejujuran adalah salah satu kiat sukses berbisnis jasa service elektronik utama.

4. Memiliki Peralatan Service Memadai

Peralatan yang diperlukan dalam usaha servis elektronik adalah instrumen pendukung pertama dari kemampuan. Keahlian tanpa peralatan yang memadai tidak akan berfungsi optimal, apalagi jika Anda sudah mempunyai banyak karyawan.

Dengan memiliki peralatan service lengkap dengan jumlah memadai, proses perbaikan barang dapat lebih cepat. Selain itu, usahakan menggunakan peralatan-peralatan dengan kualitas terbaik sehingga awet dan nyaman digunakan pekerja.

5. Tempat Menunggu Nyaman untuk Konsumen

Kiat sukses berbisnis jasa service elektronik kelima adalah desain bengkel yang nyaman, baik untuk teknisi maupun konsumen. Jangan biarkan konsumen merasa terlalu bising atau terkena residu secara langsung dari proses perbaikan.

Jika perlu, Anda bisa menyiapkan air minum atau radio untuk memberikan kenyamanan selama konsumen menunggu barang mereka selesai.

6. Transparansi saat Pembayaran

Transparansi antara penjual dan pembeli sangat penting, tidak terkecuali dalam jasa service. Konsumen berhak mengetahui penyebab kerusakan pada barang elektronik mereka sekaligus solusi yang bisa ditempuh.

Dengan demikian, konsumen mengetahui secara gamblang mengapa harus membayar biaya sekian. Kiat sukses berbisnis jasa service elektronik sangat berdampak terhadap kelangsungan usaha service.

7. Menyediakan Layanan Bisnis yang Berkaitan

Salah satu ide untuk mengembangkan bisnis servis elektronik paling efektif adalah menyediakan layanan penjualan yang berhubungan dengan bengkel. Contohnya, jual beli barang elektronik bekas dan baru.

Semakin banyak layanan yang Anda sediakan, semakin beragam alasan konsumen harus datang ke bengkel Anda.

Simak juga informasi lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Kiat sukses berbisnis jasa service elektronik mengajarkan kita bahwa tidak ada usaha yang sepenuhnya mudah. Setiap orang perlu mempertimbangkan jenis usaha dan strategi pengembangan yang paling tepat.
Related Posts