taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ini Dia 10 Kiat Sukses Berbisnis Peralatan Sekolah

Ini Dia 10 Kiat Sukses Berbisnis Peralatan Sekolah

Kiat sukses berbisnis peralatan sekolah dapat menjadi bekal dalam memulai maupun mengembangkan usaha di bidang jual beli kebutuhan pendidikan. Adapun produk yang disediakan bisa meliputi seragam sekolah, alat tulis menulis, peralatan kreatif, dan lainnya.
Kiat Sukses Berbisnis
Sebagaimana bisa kita terka, bisnis pendidikan menyimpan peluang sangat besar. Pendidikan merupakan kewajiban bagi setiap anak-anak selama 12 tahun. Oleh karena itu, membuka usaha peralatan sekolah bukan hanya bisnis semata, melainkan juga kontribusi terhadap negara.

Kiat Sukses Berbisnis Peralatan Sekolah

Kiat sukses berbisnis peralatan sekolah harus meliputi keseluruhan aspek usaha. Anda harus mempersiapkan peluang, harga, dan stok produk dengan matang sehingga penjualan tetap stabil. Berikut beberapa tips sukses untuk berbisnis peralatan sekolah:

1. Lakukan Kerjasama dengan Pihak Sekolah

Sebagai pengusaha peralatan sekolah, tentu usaha Anda sangat berkaitan dengan lembaga tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan kerja sama dengan lembaga sekolah untuk menyediakan kebutuhan para siswa maupun guru.

Beberapa sekolah secara khusus memang menyediakan kantin sekolah yang menjual seragam, buku ajar, perlengkapan siswa, hingga alat-alat tulis. Anda bisa bekerja sama sebagai pemasok produk-produk di kantin tersebut.

2. Mengadakan Bazar Buku dan Alat Tulis di Sekolah

Kiat sukses kedua adalah berpartisipasi mengadakan bazar buku dan alat tulis di sekolah. Biasanya, sekolah mengadakan atau mengizinkan even ini satu semester sekali. Tujuan dari bazar adalah siswa dapat membeli buku bacaan dengan harga murah meriah.

3. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Adapun beberapa lokasi yang strategis untuk memasarkan kebutuhan sekolah adalah di sekitar gedung sekolah, di area pasar atau pusat perbelanjaan, di samping jalan raya yang menjadi akses menuju ke sekolah, atau tempat lain yang ramai dilewati orang.

4. Menyediakan Keperluan Secara Lengkap

Sebagaimana kita tahu, keperluan sekolah bagi anak-anak memang tidak terhitung jumlahnya. Mulai dari kebutuhan sekunder seperti pensil, buku tulis, dan pena hingga kebutuhan tambahan seperti krayon dan tempat pensil.

Dengan demikian, sebuah toko alat tulis seyogyanya berupaya menyediakan stok kebutuhan selengkap mungkin. Jadi, siswa dan orang bisa bisa segera merujuk ke toko Anda untuk memenuhi keperluan apapun.

Apabila modal terbatas, Anda bisa menggunakan siasat stok lebih sedikit. Misalnya, Anda memasarkan lima  jenis penghapus dengan merk berbeda. Namun untuk stok dari masing-masing varian cukup satu kotak saja. Jadi, pengeluaran modal bisa lebih minim.

5. Penataan Barang yang Tepat

Selain kelengkapan produk, penataan barang pada toko juga harus maksimal. Misalnya, alat-alat tulis seperti pensil, pena, pensil warna, penghapus, berada di bagian paling depan. Kedua sisi samping bagian tengah menjadi tempat buku-buku. Bagian belakang tempat sepatu dan tas.

Penataan barang yang benar memudahkan pembeli untuk memilih produk yang mereka inginkan. Jangan sampai produk bagian depat menutupi produk di belakangnya sehingga berpotensi tidak tampak oleh pengunjung.

6. Tempat Luas dan Bersih

Tata letak tempat dan kebersihan toko merupakan salah satu bentuk pelayanan Anda kepada pembeli. Apabila mereka nyaman, peluang pembelian juga akan semakin besar. Oleh karena itu, usahakan menyediakan ruangan yang luas sehingga pembeli tidak harus berdesakan.

Perlu digarisbawahi, tempat yang nyaman dan bersih tidak harus luas. Jika Anda baru memulai usaha, tidak masalah menggunakan toko yang kecil terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan konsep minimalis agar tetap menarik pengunjung.

7. Mengadakan Diskon Tahun Ajaran Baru

Tiap memasuki tahun ajaran baru, tiap anak dan orang tua akan berbondong-bondong berbelanja peralatan sekolah baru, misalnya buku tulis. Momen ini tidak boleh Anda sia-siakan untuk menarik perhatian calon pembeli baru.

Anda juga bisa memberikan promo maupun diskon untuk pembelian dalam jumlah besar. Promo juga bisa berbentuk bonus mainan edukasi yang bermanfaat untuk pembelajaran anak. Intinya, buat promo se-kreatif mungkin sehingga pembeli tidak bisa menolak.

8. Mengembangkan Toko Online

Salah satu ide bagus untuk mengembangkan toko peralatan sekolah adalah membuka online shop di marketplace. Jadi Anda tidak hanya melakukan penjualan secara langsung di toko, namun juga pemesanan secara online melalui aplikasi.

Saat ini, setiap orang dengan mudah bisa membuat toko online. Pengelolaannya juga cukup mudah, foto dan posting seluruh produk di marketplace, pasang harga terbaik, posting dan promosikan.

Untuk memudahkan pengembangan toko lebih optimal, Anda bisa merekrut karyawan khusus menangani pemesanan online. Karyawan tersebut bertugas melayani chat pembeli, melakukan pengemasan hingga mengantarkan paket ke tempat ekspedisi.

9. Mencari Supplier dengan Harga Terbaik

Persaingan harga tidak mungkin terelakkan dalam bisnis apapun. Demi dapat menyuguhkan harga terbaik kepada pembeli, Anda harus memiliki supplier tangan pertama dengan kualitas yang bagus.

Saat ini, sudah banyak supplier tangan pertama yang memperjual belikan produk mereka secara grosir melalui marketplace. Dengan demikian, Anda bisa melakukan kerja sama dengan lebih mudah tanpa terkendala oleh jarak dan waktu.

10. Menyediakan Jasa Lain

Kiat sukses berbisnis peralatan sekolah yang terakhir adalah menyediakan jasa lain yang masih berhubungan dengan kebutuhan sekolah. Contohnya, layanan print, fotocopy, cetak foto atau gambar, dan lain sejenisnya.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi supplier kertas bagi kios-kios fotocopy kecil di sekitar Anda. Berikan harga terbaik untuk memenangkan pasar.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menyimak informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel terpilih berikut ini.

Baca juga:





Demikian ulasan lengkap mengenai 10 kiat sukses berbisnis peralatan sekolah. Dengan strategi usaha dan pengembangan yang benar, bisnis akan berjalan pesat dan optimal sehingga sesegera mungkin mengembalikan modal. 
Related Posts