taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menjadi Supplier Online Shop dengan Mudah

Cara Menjadi Supplier Online Shop dengan Mudah

Melakukan sebuah bisnis itu bisa apa saja, di mulai dari konvensional hingga menggunakan teknologi internet.
Cara Menjadi Supplier
Di serba teknologi saat ini tidak ada salahnya kamu memanfaatkannya, yaitu menjadi penjual secara online. Selain itu, kamu juga bisa menjadi supplier atau pemasok dari barang yang ingin dijual secara online.

Perlu diketahui, menjadi supplier atau pemasok dalam bisnis itu salah satu bagian penting dalam bisnis. Karena supplier menjadi kunci berlangsungnya sebuah bisnis. 

Dalam kehidupan bisnis, menjadi supplier pihak yang menyuplai barang atau jasa yang dibutuhkan oleh entitas bisnis lainnya. Hal inilah yang membuat posisi supplier bagian dari rantai pasokan yang menyediakan nilai massal terhadap produk tertentu.

Maka dari itu, memiliki relasi yang baik dengan supplier bisa menjadi investasi dalam jangka panjang, baik bisnis mengolah bahan maupun menjual bahan mentah.

Melihat gambaran ini apakah kamu tertarik untuk menjadi supplier online shop?

Jika iya, maka jangan khawatir karena disini kamu akan menemukan jawaban tepat untuk cara menjadi supplier online shop. Yuk ikuti penjelasannya.

Cara Menjadi Supplier Online Shop

1. Periksa Kualitas dan Kuantitas Produk

Cara menjadi supplier online shop tidak semudah seperti kamu membalikkan telapak tangan, kamu harus periksa dahulu apakah kuantitas dan kualitas yang dimiliki produk sudah baik sehingga layak untuk dijual.

Memiliki barang berkualitas akan membuat orang-orang tertarik dengan produk yang kami jual, lalukan pengecekan secara berkala agar bisa menjaga kualitas produk dari waktu ke waktu.

Selain kualitas, perhatikan juga kuantitas produk. Hal ini sangat perlukan untuk menjaga kelancaran bisnis kamu. Lakukan perhitungan kebutuhan produk, mengetahui kebutuhan barang sangat membantu kamu dalam menjalankan sebagai supplier.

2. Memiliki Pelayanan dan Kesigapan yang Baik

Cara menjadi supplier online shop pastinya berhubungan dengan pelanggan kamu, maka dari itu memiliki pelayanan terbaik dan sigap dalam melayani sesuatu hal yang harus dimiliki.

Sebagai informasi, pelanggan akan melakukan tes layanan kepada kamu untuk memastikan apakah kamu memiliki produk kualitas baik dan layak untuk dijadikan supplier untuknya. Dengan begitu mereka yakin untuk bekerja sama denganmu.

Tanggap juga harus dimiliki oleh kamu, Jika pelanggan kamu menginginkan barang datang tepat waktu. Maka kamu harus sigap menerimanya, jangan sampai pelanggan kamu ilfeel dengan pelayanan dan kurang sigapnya kamu menjadi supplier online shop.

3. Perhatikan Reputasi dan Track Record Supplier

Memiliki reputasi dan track record yang bagus merupakan poin yang sangat penting untuk menarik pelanggan. Karena pelanggan untuk mencari supplier pasti menginginkan yang memiliki reputasi yan bagus sehingga mereka percaya kalau produk kamu memang layak untuk dijual.

4. Buat Sampel Produk

Jangan ragu-ragu membuat sampel produk, dengan adanya ini pastinya pelanggan kamu tidak segan-segan melakukan kerja sama karena kamu menyediakan sampel ini. Sehingga pelanggan kamu yakin bahwa produk yang kamu miliki itu memiliki kelayakan dan cocok untuk dipasarkan kembali.

5. Memiliki Kebijakan Pengembalian Barang (Retur)

Cara sukses menjadi supplier online shop adalah memahami kebijakan pengembalian produk atau yang kita kenal dengan retur. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keuangan bisnis kamu. 

Buatlah semua pihak nyaman dan tenang, pastikan kamu memiliki perjanjian yang jelas dan mencakup kebutuhan serta ketentuan kondisi produk.

6. Jangan Ragu Kontak dengan Pihak Online Shop

Cara menjadi supplier online shop jangan ragu mengontak mereka, kamu harus bisa mempresentasikan mengenai produk yang kamu jalankan. Hal ini berfungsi agar mereka tahu dan dapat menilai secara langsung barang yang kami tawarkan, apakah sesuai yang dibutuhkan atau tidak.

Jika sudah sepakat dengan mereka, jangan lupa lakukan perjanjian mengenai kesepakatan produk yang akan dijual dengan menggunakan nama brand dari kamu atau dari online shop. Setelah itu, distributor akan menyalurkan produk kamu ke online shop tersebut.

Ingat, pilihlah harga yang terjangkau disesuaikan dengan kualitas produk yang kamu miliki. Jangan beri harga terlalu murah dan terlalu mahal. Kamu harus bisa membuat harga yang pas, sehingga para pelanggan tidak ragu terhadap produk-produk kamu.

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Supplier

1. Foto Ala Kadarnya

Terlihat sepele tetapi berpengaruh besar terhadap produk kamu. Kesalahan ini sering ditemui di online shop. 

Dalam memutuskan pembelian, rata-rata mereka dipengaruhi besar dengan apa yang mereka lihat. Jadi sebisa mungkin kamu miliki foto produk yang menarik, jelas detailnya sehingga pelanggan langsung datang menghampiri produk yang kamu pajang.

2. Pelayanan Ogah-ogahan

Seperti yang diketahui, pelayanan yang bagus akan membuat ketertarikan pelanggan kamu untuk menggunakan produk yang ditawarkan dalam jangka panjang. 

Jangan anggap sepele terhadap permasalahan ini, ingat majunya produk kamu itu tergantung dari orang yang bekerja sama dengan kamu kamu dan supaya pelanggan kamu terus menggunakan produk tersebut maka berilah pelayanan yang terbaik.

3. Tidak Beri Harga Spesial

Memberikan harga khusus untuk orang yang bekerja sama dengan kamu bukan hanya sekedar berbagi dengan mereka, tetapi juga memudahkan mereka untuk menjual kembali produk-produk kamu. 

Karena pada akhirnya juga kamu mendapatkan untung. Jadi berilah harga khusus agar kamu bisa mendapatkan feedback yang positif.

4. Sistem dan Ketentuan Berantakan

Biasanya hal ini terjadi saat kamu menganggap orang yang berkerja sama denganmu hanyalah customer

Maka dari itu memberikan harga khusus agar saat dijual kembali tidak memiliki harga yang terlalu murah atau terlalu mahal, sehingga membuat harga jual produk kamu rusak hingga penilaian produk yang menurun.

5. Jangan Anggap yang Bekerja Sama Denganmu Sebagai Bawahan

Banyak sekali ditemukan supplier yang menganggap mereka hanya sebagai bawahan saja, sehingga memperlakukan mereka seadanya. 

Padahal mereka orang yang bekerja sama denganmu yang berperan sebagai supplier, tidak saling berbagi ilmu akan mendapati kesulitan menghadapi permintaan dan ekspektasi customer.

Sederhananya, sangat penting berhubungan untuk saling kerja sama antara supplier dengan orang yang kerja sama denganmu. 

Sejumlah informasi dalam artikel di bawah ini juga bisa Anda jadikan tambahan informasi yang tak kalah menarik tentunya, simaklah.

Baca juga:





Demikian informasi mengenai cara menjadi supplier online shop. Semoga dengan informasi di atas kamu bisa menjadi supplier hebat dan sukses nantinya, teruslah belajar dan jangan menyerah dengan apa yang sudah kamu yakinkan.

Penulis: Putri Geo
Related Posts