taupasar.com

we read, we create and we share it.

Masih Ragu Memanfaatkan Peluang Usaha Jasa Pembuatan PPT? Simak Penjelasan Ini

Masih Ragu Memanfaatkan Peluang Usaha Jasa Pembuatan PPT? Simak Penjelasan Ini

Meskipun bisa dilakukan sendiri, namun seringkali orang tidak memiliki waktu membuat PPT. Dari masalah ini, muncul peluang usaha jasa pembuatan PPT yang cukup menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. 
Peluang Usaha Jasa
Di era kecanggihan teknologi, PPT dibutuhkan untuk memperjelas suatu penjelasan panjang. Materi-materi di dalamnya disingkat agar mudah dimengerti. Supaya tidak membuat audience nya bosan, desainnya dibuat menarik sampai lucu.

Tips Memanfaatkan Peluang Usaha Jasa Pembuatan PPT

Sekarang ini PPT dibutuhkan baik untuk instansi perkantoran ataupun pendidikan. Tidak hanya karena sulit, namun pengerjaan yang memakan waktu seringkali membuat orang malas mengerjakannya. Berikut beberapa tipsnya:

1. Perluas Jaringan

Memperluas jaringan bisa menjadi salah satu teknik untuk promosi. Teknik ini dinilai sangat efektif karena informasi dapat tersebar dari mulut ke mulut. Catatan pentingnya adalah pastikan untuk selalu menjaga kualitas serta tidak membanderol harga mahal. 

Berdasarkan www.kominfo.go.id, transaksi perdagangan berbasis online banyak dipilih karena mampu mengefektifkan waktu. Antara penyedia jasa dan klien tidak perlu lagi bertemu tatap muka namun dapat menjalin kesepakatan sekaligus pembayaran secara online

2. Tawarkan Harga Bersaing

Tidak perlu terlalu mahal, cukup tawarkan harga bersaing dengan penyedia jasa lainnya. Sebelum menentukan patokan harga, terlebih dahulu survey harga pasaran terbaru, kemudian sesuaikan dengan layanan dan kualitas yang kamu tawarkan. 

Penyedia jasa yang memberikan harga bersaing seringkali dipertimbangkan apalagi jika hasilnya bagus. Bukan hanya repeat order, ada kemungkinan mereka akan menyarankan teman atau orang lain untuk menggunakan jasa yang sama. 

3. Pilih Lokasi Usaha yang Tepat 

Sebenarnya membuka usaha pembuatan PPT tidak hanya memiliki lapak. Namun jika ingin menawarkan layanan lainnya misalnya saja jasa fotokopi, print, atau pengetikan, pastikan memilih lokasi strategis.  

Lokasi paling disarankan yaitu di dekat kampus, sekolah, atau area perkantoran. Tempat-tempat tersebut umumnya membutuhkan jasa pembuatan PPT. Hanya saja hasilnya harus sesuai standar pada umumnya. 

4. Siapkan Modal Usaha

Bisa dibilang peluang usaha jasa pembuatan PPT termasuk bisnis minim modal. Kamu hanya perlu memiliki skill mengoperasikan Microsoft Powerpoint, beberapa aplikasi pendukungnya, dan laptop atau komputer. 

Usaha seperti ini cocok sekali dijalankan untuk para mahasiswa atau yang ingin mendapatkan uang tambahan. Sebab pengerjaannya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selagi memiliki peralatan pendukung. 

5. Berikan Layanan Tambahan

Layanan tambahan yang bisa digunakan untuk mendampingi jasa pembuatan PPT adalah fotokopi ataupun pengetikan. Ketika banyak orang mengetahui layanan yang kamu berikan lengkap, mereka akan menjadikannya sebagai rujukan ketika membutuhkan jasa terkait.

Perlu menjadi pertimbangan, penambahan layanan ini bisa jadi membutuhkan modal tambahan. Besarnya tergantung dari layanan yang ditambahkan untuk keperluan membeli perlengkapannya seperti mesin fotokopi atau printer.

6. Lakukan Promosi

Tidak perlu susah-susah menyebarkan brosur, kamu hanya perlu melakukan promosi melalui media online. Platformnya dapat menyesuaikan dengan target market yang disasar mulai dari Facebook, TikTok, Instagram, dan Twitter. 

Promosi melalui media sosial selain dapat menghemat pengeluaran juga mampu menjangkau banyak daerah sekaligus. Dengan begitu usaha bisa berkembang dengan pesat meski berbekal modal minim. 

7. Lihat Perkembangan Pasar

Tujuan dari melihat perkembangan pasar yaitu agar bisa mengembangkan desain PPT sesuai dengan kebutuhan klien saat ini. Meningkatkan skill merupakan hal wajib untuk mempertahankan kualitas dan mampu bersaing dengan penyedia jasa lain.  

Jangan ragu-ragu untuk mengkolaborasikan beberapa aplikasi sekaligus jika memang dibutuhkan. Berbekal hal ini, kamu bisa menghasilkan lebih banyak pemasukan karena pada umumnya semakin bagus dan berkualitas hasilnya, maka harganya tinggi. 

8. Berikan Fasilitas Revisi

Layanan ini perlu diberikan karena terkadang meski hasil yang menurut salah satu pihak bagus namun untuk pihak lainnya bisa jadi belum sesuai keinginan. Memberikan fasilitas revisi dapat meningkatkan kepercayaan klien. 

Akan tetapi silakan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memberikan fasilitas ini mulai dari batasan revisi dan harga paketnya. 

Jangan lewatkan tambahan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah tips untuk memanfaatkan peluang usaha jasa pembuatan PPT yang perlu dipertimbangkan. Membangun usaha pembuatan PPT terbilang menghasilkan apalagi masih belum banyak penyedia jasanya. 

Penulis: Erisa Agustira
Related Posts