taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Cuci Motor untuk Pemula

5 Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Cuci Motor untuk Pemula

Saat ini usaha cuci motor terbilang bisnis yang sangat menjanjikan. Mengingat saat ini banyak masyarakat yang mengandalkan motor untuk kendaraan setiap harinya. Menjaga kebersihan motor sangat diperlukan agar motor tetap terlihat bersih dan nyaman dilihat. 
Cara Mengembangkan Usaha
Banyak orang yang selalu menjaga kebersihan motor tetapi malas untuk mencucinya. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan buat Anda pengusaha pemula. Untuk Anda yang sedang mencari informasi seputar cara menjalankan usaha cuci motor. Berikut di bawah ini cara mengembangkan usaha cuci motor untuk pemula. 

5 Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Cuci Motor 

Anda yang akan mencoba peruntungan dari bisnis cuci motor ada beberapa hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum memulainya. Berikut di bawah ini cara mengembangkan usaha cuci motor untuk pemula. 

1. Pilihlah Lokasi Usaha Cuci Motor yang Strategis

Lokasi usaha sangat menentukan kesuksesan dari bisnis cuci motor Anda. agar mudah mencari pelanggan dengan minim promosi, Anda perlu mencari lokasi usaha yang strategis. Lokasi yang strategis untuk bisnis cuci motor adalah di samping jalan raya yang banyak pengendara motor. 

Membuka usaha dipinggir jalan tentu akan mengurangi biaya promosi usaha Anda.  Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukan promosi besar-besar atas usaha cuci motor Anda. Lokasi seperti ini juga dapat mempermudah para pelanggan untuk menemukan usaha cuci motor Anda. 

Selain itu Anda juga bisa memilih lokasi usaha di tempat lain yang lebih menjanjikan mendapatkan pelanggan yang banyak. Anda bisa memilih lokasi usaha cuci motor yang dekat dengan keramaian. Misalnya di dekat kampus, sekolah, pemukiman warga, dan lain-lain. 

2. Menjaga Kebersihan Lokasi Usaha Cuci Motor

Agar menjaga kenyamanan pengunjung ketika menunggu di lokasi usaha Anda, sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan lokasi usaha cuci motor Anda. selain itu perlu juga untuk tetap menjaga kebersihan peralatan usaha Anda. 

Kebersihan tempat dan peralatan usaha Anda tentu akan berpengaruh positif terhadap kenyamanan pengunjung dan penghasilan usaha Anda. Pastikan Anda rutin menyapu dan mengepel lantai ruangan usaha Anda dan ruang tunggu. Juga jangan lupa untuk rutin membersihkan peralatan seperti lap pengering, kanebo, dan lainnya setiap hari. 

3. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Bagaimana cara melayani pelanggan merupakan hal penting dalam usaha cuci motor. Karena bisnis cuci motor merupakan usaha jasa yang berfokus pada pelayanan kepada pelanggan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sikap ramah, pelayanan yang cekatan dan terbuka dengan kritik pelanggan.

4. Mulai Merekrut Karyawan 

Usaha cuci motor yang dibuka di pinggir jalan raya akan berpotensi menghasilkan pengunjung yang banyak dan antrean yang panjang. Maka Anda akan membutuhkan beberapa orang untuk direkrut menjadi karyawan di usaha cuci motor Anda. 

Jika sehari saja minimal ada pengunjung 7-15 motor, maka sangat membutuhkan tenaga yang banyak. Mencari karyawan laki-laki akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha cuci motor Anda. Untuk mempermudah dalam adaministrasi bisa dengan rekrut karyawan perempuan untuk di bagian admin. 

5. Melakukan Promosi yang Tertarget

Meskipun usaha Anda berada di tempat yang strategis melakukan promosi merupakan bagian yang wajib Anda lakukan juga. Jika Anda ingin terus mengembangkan usaha cuci motor Anda, maka promosi sangat penting untuk Anda lakukan dengan rutin setiap hari. 

Lakukan promosi yang tertarget kepada masyarakat. Biasanya para pengusaha cuci motor melakukan promosi dengan memasang banner di pinggir jalan dengan diletakkan di dekat tiang listrik dan pusat keramaian lainnya. Promosi juga bisa dilakukan dengan menyebarkan pamflet dengan dititipkan ke supermarket, fotokopi, restoran dan lain-lain. 

Cara promosi lainnya misalnya dengan memberikan diskon kepada calon pelanggan ketika pembukaan usaha cuci motor Anda. Misalnya dengan memberikan diskon dari 10% hingga 50% kepada pelanggan dengan periode tertentu ketika grand launching. 

Selian itu bisa dengan memberika kupon kepada mereka. Jika mereka berhasil menghasilkan kupon 20 lembar, maka bisa ditukarkan dengan pelayanan mencuci motor gratis. Promosi cuci motor saat ini juga bisa dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok. 

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 tips dan cara mengembangkan usaha cuci motor untuk pemula. Tips dan cara di atas dijamin bisa membuat usaha Anda semakin berkembang dan sukses menghasilkan cuan jutaan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. 
Related Posts