taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Analisa Usaha Cuci Motor Disertai Dengan Rincian Modal dan Tipsnya

Analisa Usaha Cuci Motor Disertai Dengan Rincian Modal dan Tipsnya


Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan kendraan motor dari awal tahun 2020 hingga bulan september 2020  di Indonesia mencapai angka 2.876.514 unit. Hampir setiap tahun pningkatan penjualan motor mencapai hingga 6 juta unit per tahun.

contoh analisa usaha cuci motor

Dengan data diatas disertai fakta yang mungkin teman-teman juga lihat bahwa semakin banyaknya pengguna motor, menjadikan usaha cuci motor salah satu pilihan yang layak untuk dilirik oleh kamu. Hal ini juga didorong dengan banyaknya pengguna yang tidak pandai atau malas merawat kendaran motornya.

Membuka usaha cuci motor tidak terlalu banyak modal yang dibutuhkan. Maka itu usaha cuci motor tidak boleh kamu sia-siakan. Tapi sebelum kamu membuka usaha cucimotor ada baiknya kamu mengetahui analisis modal dan tips usaha cuci motor.

Berikut informasi mengenai Analisis Usaha Cuci Motor Disertai Dengan Rincian Modal dan Tipsnya.

Analisa Usaha Cuci Motor


1. Informasi

Hal pertama dalam analisis usaha cuci motor adalah Informasi, berikut informasi yang harus kamu pelajari sebelum membuka usaha cuci motor.

a. Keterampilan cuci motor

Keterampilan cuci motor termasuk hal yang sangat penting, mungkin jika kita lihat mencuci motor pekerjaan yang tidak perlu keterampilan, namun nyatanya mencuci motor juga pekerjaan yang sangat membutuhkan keterampilan.

Mencuci bagian mesin dan sela-sela mesin motor merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak kesabaran dan ketelitian.

b. Pemilihan lokasi yang strategis

Hal selanjutnya mengenai informasi yang harus kamu pelajari adalah pemilihan lokasi yang strategis. Kamu harus mencari tempat yang tidak hanya luas dan biaya sewa yang murah tetapi juga tempat yang strategis.

Percuma saja jika tempat usahamu biaya sewanya murah dan luas jika para pelanggan kesulitan untuk datang ke tempat cuci motormu. Hindari tempat usaha yang jalan utamanya gang kecil, karena ini menyebabkan calon pelangganmu kesulitan mencari tempat cuci motormu.

c. Pilihlah tempat usaha yang tidak berdekatan dengan tempat cuci motor yang lain

Walaupun rezeky itu ditangan tuhan tetapi kita juga harus pandai dalam menjemput rezeky tersebut, memiliki tempat usaha yang berdekatan dengan tempat usaha dibidang yang sama denganmu hal ini sangat tidak direkomendasikan.

Berbeda dengan jualan sembako atau kebutuhan sehari-hari yang produknya dibutuhkan banyak orang, sedangkan usaha cuci motor hanya memiliki calon pelanggan yang tidak mau atau tidak pandai merawat kendaraan motornya.

Sehingga untuk mendapatkan penghasilan dari cuci motor sedikit sulit dibanding dengan jualan kebutuhan sehari-hari. Maka itu pililah tempat usaha yang tidak berdekatan dengan tempat cuci motor yang lain.

2. Karyawan

Ketika usahamu semakin maju dan kamu dirasa membutuhkan karyawan, kamu boleh merekrut karyawan untuk membantu kamu, dengan gaji sesuai kesepakatan bersama. Namun walaupun pekerjaannya hanya mencuci motor kamu jangan sampai asal memilih karyawan, pilihlah karyawan yang memiliki kemampuan dan pemahaman mengenai cara merawat mesin motor, dan paling penting memiliki keujujuran dan kesabaran yang tinggi.

3. Mesin

Mesin disini maksudnya adalah peralatan untuk menjalankan usahamu, seperti paket peralatan cuci motor, mesin steam, kompesor udara dan lain sebagainya. Sebelum kamu membukaaa usahamu, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa semuanya sudah kamu miliki. Pilihlah mesin yang berkualitas ang baik.

4. Metode

Selanjutnya mengenai analisis usaha cuci motor adalah dalam hal metode atau cara kerja atau lainnya. Contohnya mengenai karyawan dibagi dua sift pagi dan sore hingga malem, metode penggajian, standar pakaian kerja, dansebgainya.

5. Market

Dalam setiap usaha, dunia marketing begitu sangat penting untuk kelancaran usahamu, promosi lewat media sosial adalah salah satu strategi menuju kelancaran usaha kamu.

6. Modal

Sebelum membuka usaha ada baiknya kamu menganalisis modal usahanya terlebih dahulu, agar ada perencanaan yang matang dalam membuka usahamu. Berikut analisis modal usaha cuci motor.


Modal Awal Usaha Cuci Motor

1. Biaya Peralatan

Sewa tempat: Rp. 2.000.000

Renovasi tempat usaha: Rp. 2.000.000

Kompresor (Lengkap): Rp. 600.000

Steam Air (Lengkap): Rp. 300.000

Selang Spiral: Rp. 150.000

Stik: Rp. 200.000

Nepel Sambungan: Rp. 75.000

Inflator: Rp. 120.000

Tabung Cuci Salju+ selang: Rp. 550.000

Kunci Busi: Rp.110.000

Kunci Stel Rantai: Rp. 120.000

Spanduk: Rp. 700.000

Banner besar+ kecil: Rp. 600.000

Kuas: Rp. 50.000

Kursi Futura 6 pcs: Rp. 1. 500.000

Meja Kasir 1 pcs: Rp. 1.200.000

Boot dan Sarung Tangan: Rp. 100.000

Nota: Rp. 50.000

Sikat dan Spons: Rp. 50.000

Shampo Motor: Rp. 170.000

Semir ban: Rp. 50.000

Stempel: Rp. 70.000

Biaya Promosi: Rp. 200.000

Total: Rp. 11.185.000

Diatas merupakan modal awal untuk membuka usaha cuci motor jika kamu belum memiliki tempat milik sendiri untu usahamu. Berbeda jika kamu menggunakan tempat milik sendiri, kamu tidak perlu memikirkn biaya sewa bulanan, kamu hanya mengeluarkan modal untuk renovasinya saja, inipun jika bangunan yang kamu punya membutuhkan renovasi untuk usaha cuci motormu.

baca juga:




Setelah usahamu berjalan beberapa hari, ada biaya-biaya opersional yang harus kamu perhitungkan juga, untuk mendapatkan perhitungan laba bersih yang tepat.
Analisis diatas juga merupakan analisis usaha bila kamu tidak langsung merekrut karyawan, melainkan kamu menjalankan usahanya sendiri terlebih dahulu.

2. Biaya operasional usaha cuci motor

Biaya Oprasional: Rp. 1.000.000

Biaya air dan listrik: 30% dari penghasilan cuci motor

Shampo Motor: Rp. 400/ motor

Semir Ban: Rp. 300/ motor

Di atas merupakan analisis mengenai biaya operasional yang mucul dalam usaha cuci motor sebelum merekrut karyawan, tetapi jika usahamu berjalan lancar, ada baiknya kamu segera merekrut karyawan, agar semakin mempermudah pekerjaanmu.

Hal tersebut bisa mempengaruhi biaya operasional dalam usaha cuci motormu, dengan begitu kamu bisa menambahkan harga dengan pelayanan yang prima oleh karyawanmu.  Menambahkan harga juga membuat kamu memilki alokasi keuntungan untuk gaji karyawanmu.

Analisis diatas jika kamu menggunakan shampo motor yng harga perliternya Rp. 10.000, dengan dihabisikan untuk 50 motor/liter.

Setelah menganalisis modal awal dan biaya operasional usaha cuci motor, selanjutnya saya akan memaparkan analisis keuntungan dari usaha jasa cuci motor.

Analisis Keuntungan Usaha Cuci Motor


Diawal menjalankn usaha, mungkin kamu akan mengerjakannya sendiri, maka itu berikut analisis keuntungan jika usahamu masih dikerjakan semuanya oleh kamu sendiri, dan tempat usahamu juga merupakan milik kamu sendiri.

Contoh setiap hari dari pertama pembukaan hingga akhir bulan rata-rata kamu berhasil mencuci motor hingga 20 unit perhari, dengan harga promosi Rp. 12.000, sedangkan kamu buka usahamu dari jam 06.00 hingga jam 20.00 hari senin-sabtu atau 25 hari buka selama satu bulan.

Sedangkan kamu menghabiskan shampo 10 liter untuk bulan pertama yang harganya Rp. 10.000/liter. Berikut perhitungannya.

20unit x 25hari = 250 unit/ bulan

500 x Rp. 12.000 = Rp. 6.000.000/bulan (penghasilan kotor)

Perhitungan biaya yang muncul apabila usahamu masih dikerjakn semuanya sendiri.

Biaya shampo 10 liter x: Rp. 10.000= Rp. 100.000

Biaya listrik dan air: Rp. 1.000.000

Total biaya yang keluar dibulan pertama yakni: Rp. 1.100.000

Berikut perhitungan laba bersihnya

Penghasilan kotor - total biaya yang muncul

Rp. 6.000.000 – Rp. 1.100.000 = Rp. 4.900.000

Dibulan pertama kamu sudah mendapatkan penghasilan bersih hingga Rp. 4.900.000, 3 bulan kedepan modal awal ketika kamu membuka usaha cuci motor sudah tergantikan.
Jika usahamu sudah semakin dikenal ada baiknya kamu segera merekrut karyawan yang profesional dibidang mencuci motor.

Itu tadi analisa usaha cuci motor disertai dengan rincian modal dan tipsnya, analisis diatas mungkin saja akan berbeda dengan yang akan kamu alami untuk membuka usaha cuci motor, karena harga dan beban tergantung pemakaiannya.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang berjuang manambah penghasilan dengan membuka usaha cuci motor.

 

Penulis: Leli Ferlina
Related Posts