taupasar.com

we read, we create and we share it.

Contoh Analisis SWOT: Definisi dan Cara Pembuatannya

 
Sebagai seorang pelaku usaha tentu kamu menginginkan usaha atau bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang dan sukses, namun untuk menuju kesuksesan tersebut tidaklah mudah dibutuhkan kerja keras, strategi bisnis yang tepat, dan kemampuan menganalisis kinerja perusahaan yang baik.

Ada begitu banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisnis kamu terus berjalan, baik melihat dari faktor internal maupun eksternal seperti mengetahui seberapa besar potensi pasar, peluang pasar yang bisa dimanfaatkan dan tingkat persaingan pasar pada produk atau usaha kamu, hal tersebut dapat diketahui dengan melakukan analisa pada bisnis kamu.

Dan kali ini akan diulas mengenai sebuah metode untuk menganalisa produk serta bisnis agar kegiatan bisnis kamu berjalan sesuai dengan target, ada banyak metode dalam menganalisa kinerja perusahaan ini namun cukup banyak yang menggunakan metode analisis SWOT karena dinilai sebagai metode paling efektif.

contoh analisis swot

Apa itu Analisa SWOT?

Perlu diketahui analisa SWOT ini merupakan singkatan dari kata dalam bahasa inggris berikut yakni strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman).

Bisa diartikan pula analisis SWOT ini adalah metode analisis perencanaan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan baik dalam lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan untuk mengatasi tantangan dan menentukan apa yang harus dituju secara keseluruhan.

Untuk lebih mengenal lagi apa itu analisis SWOT, berikut ini adalah ulasan dari ke empat poin penting dalam analisis SWOT tersebut.

1. Strength (Kekuatan)

Kekuatan yang mampu mengambil keuntungan dari setiap peluang, dengan menganalisis kekuatan bisnis atau perusahaan kamu akan mengetahui dan bisa mengembangkan kekuatan atau kelebihan bisnis kamu agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor bisnis kamu.

Yang termasuk kedalam strength (kekuatan) diantaranya adalah kualitas produk, respon konsumen terhadap produk, kinerja karyawan, kekuatan brand dan lain sebagainya.

2. Weakness (Kelemahan)

Kelemahan yang mencegah keuntungan dari setiap peluang yang ada, kebalikan dari kekuatan mari lebih mengenal kembali kelemahan dari bisnis yang kamu kelola, untuk mencegah kemungkinan buruk terhadap bisnis kamu, yang termasuk kelemahan diantaranya sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja, penyebab menurunnya penjualan atau penilaian kelemahan dari sudut pandang konsumen. 

3. Opportunities (Peluang)

Mampu menganalisis peluang yang ada untuk perkembangan perusahaan, agar tetap bertahan ditengah persaingan bisnis sebagai seorang pemilik dan pengelola bisnis kamu haruslah pintar dalam mencari dan memanfaatkan peluang yang ada salah satu diantaranya dengan melihat tren perkembangan yang sesuai dengan bisnis kamu. 

4. Threats (Ancaman)

Dan poin terakhir dari analisis SWOT ini adalah Threats (Ancaman), poin ini mencakup semua hal yang menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis, yang termasuk kedalam ancaman beberapa diantaranya seperti kekuatan keuangan perusahaan, ketersediaan sumber daya, jumlah pesaing bisnis kamu dan lain sebagainya.

Manfaat Analisa SWOT

Manfaat dari analisa SWOT ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan atau langkah inovasi yang akan diambil oleh perusahaan demi mencapai target perusahaan, karena informasi yang diberikan dari analisis SWOT ini sangat lengkap sudah mencakup segala informasi baik secara internal (kekuatan dan kelemahan) maupun eksternal (peluang dan ancaman).

Sejarah analisis SWOT

Strategi analisis SWOT yang dikatakan paling efektif dibandingkan strategi yang lain ini diperkenalkan oleh Albert Humphrey pada tahun 1960-an dan 1970-an pada saat memimpin proyek riset di Universitas Stanford dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Contoh analisis SWOT usaha

Berikut ini adalah contoh dari penggunaan analisis SWOT dalam bidang usaha makanan beku atau frozen food

Strength (Kekuatan)
- Menawarkan banyak varian frozen food
- Harga yang terjangkau dibanding produk kompetitor
- Lokasi yang mudah dijangkau konsumen
- Kecepatan layanan dan melayani delivery order

Weakness (Kelemahan)
- Modal besar untuk pengadaan barang
- Modal untuk mengembangkan usaha masih kurang
- Belum dikenal banyak konsumen

Opportunities (Peluang)
- Produk sedang trend dan banyak di cari
- Permintaan pasar yang selalu ada
- Target market luas dengan penggunaan social media

Threats (Ancaman)
- Harga dari supplier yang semakin mahal
- Mulai banyak kompetitor yang menjual produk sama bahkan harga lebih murah

Dari hasil analisis SWOT diatas, usaha makanan beku tersebut harus melakukan promosi agar produk lebih dikenal oleh lebih banyak konsumen baik secara online dengan menggunakan sosial media dan juga offline dengan menyebarkan brosur.

Dan untuk mengatasi ancaman yang ada, seperti harga dari supplier yang semakin mahal bisa dengan mencari alternatif supplier yang memiliki kualitas produk sama dengan harga lebih murah atau bisa juga melakukan negosiasi soal harga dengan supplier agar diberikan harga lebih murah serta manfaatkan segala kelebihan agar tetap dapat bersaing dengan kompetitor.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts