taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi Sayur Hidroponik dengan Strategi yang Tepat Di Indonesia

Cara Promosi Sayur Hidroponik dengan Strategi yang Tepat Di Indonesia

Tanaman hidroponik bukan hanya dijadikan hobby, namun di jaman sekarang sudah menjadi bagian dari agribisnis. Banyak petani hidroponik yang berlomba-lomba untuk menghasilkan sayuran yang segar, namun sayangnya kurang memahami cara promosi sayur hidroponik yang tepat.
Cara Promosi Sayur
Padahal seharusnya dengan cara menanam hidroponik ini, petani akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Karena sayuran yang dihasilkan lebih bersih dan biaya perawatan tanaman yang lebih minim. Apalagi harga jualnya pun lebih mahal bila dibandingkan sayuran dari cara tanam konvensional.

Perkembangan Tanaman Hidroponik di Indonesia

Sebelum membahas bagaimana cara promosi sayuran hidroponik dengan tepat. Alangkah baiknya kalau kita juga mempelajari mengenai asal-usul tanaman hidroponik ini. Sehingga semakin semangat dan lebih mencintai proses yang akan dikerjakan.

Tanaman hidroponik ini sendiri sudah mulai dikembangkan oleh manusia sejak zaman dahulu kala. Bahkan diperkirakan sudah ditanam pada sekitar abad 17. Dengan ditemukannya berbagai nutrisi, yang menunjang sehingga budidaya hidroponik semakin populer kala itu.

Kata hidroponik sini merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yang artinya adalah sebagai berikut. Hydro merupakan bahasa Yunani yang berarti air dan ponos memiliki arti kerja. Sementara itu di dalam bahasa Inggris, hidroponik populer dengan sebutan soilless culture atau kultur budidaya tanpa tanah.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang maju pesat dari waktu ke waktu maka bidang pertanian pun ikut berkembang. Ditambah lagi semakin hari lahan pertanian semakin minim karena area persawahan tergusur hunian.

Sehingga selain hidroponik lahirlah berbagai inovasi di bidang pertanian manusia perkotaan yang modern. Contohnya adalah seperti bioteknologi, vertikal garden, dan semacamnya.

Semakin hari perkembangan pembudidayaan secara hidroponik terus meningkat dari waktu ke waktu.  Meskipun kebanyakan orang pada mulanya hanya sekedar mencoba karena tertarik dengan keunikan cara tanamnya saja.

Namun tidak disangka sebagian orang malah menjadi sukses dan akhirnya mengandalkan mata pencahariannya dari sini. Dengan membudidayakan tanaman hidroponik ini dan menerapkan cara promosi sayur hidroponik dengan tepat.

Apalagi semakin hari pasar pun meningkat sampai 20% selama beberapa tahun ini. Hal ini akibat kesadaran masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat yang meningkat dari waktu ke waktu. Sayuran hidroponik diyakini lebih higienis dan lebih sehat untuk dikonsumsi secara harian. Sehingga banyak orang yang rela untuk membayar lebih mahal demi kesehatan yang lebih baik.

Namun sayangnya saat ini target pemasaran hidroponik di Indonesia masih didominasi oleh restoran, rumah makan, hotel, rumah sakit, perkantoran, pasar modern, dan super pasar.

Karena permintaan dari pasar tradisional dan individu memang belum terlalu banyak, justru kebanyakan ekspor ke luar negeri. Tentunya setelah sebelumnya menerapkan cara promosi sayur hidroponik ke luar negeri.

Karena dalam pengirimannya cukup repot dan berisiko, sehingga pemasaran di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura masih mahal. Hal ini diakibatkan sayur adalah barang yang lebih cepat busuk dan tidak tahan lama.

Harga yang dipatok untuk pemasaran di luar negeri bisa 3 hingga 6 kali lipat dibandingkan dengan pasar dalam negeri. Dimana harganya masih cukup terjangkau bahkan untuk kalangan menengah ke bawah. Tentu saja peluang inilah yang harus diambil petani hidroponik untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan menanam tanaman yang lebih bernilai. Sehingga dapat menunjang perekonomian orang banyak.

Cara Promosi Sayur Hidroponik di Indonesia

Ketika Anda  merasa tertarik untuk menanam tanaman hidroponik dalam skala sedang hingga besar, maka harus mengetahui cara promosi sayur hidroponik  yang tepat. Beberapa tips berikut ini dapat meningkatkan potensi pemasaran hidroponik di Indonesia dengan baik:

1. Melakukan Riset Pasar Secara Mendalam

Melakukan riset pasar merupakan salah satu kiat sukses yang perannya sangat penting dalam pemasaran. Karena sesungguhnya pasar tidak pernah peduli dengan produk dan strategi yang kita jual. Sehingga untuk mendapatkan perhatian maka perlu mengikuti arus pasar itu sendiri.

Yang harus dilakukan saat riset tersebut secara mendalam adalah dengan memilih jenis sayuran yang cocok untuk hidroponik, target pasar, penentuan harga jual, saingan yang ada dan area pemasaran yang dijangkau.

Setelah mempunyai data pasar yang lengkap, maka nantinya akan memudahkan langkah untuk membuat produksi yang terukur, menjalankan strategi pemasaran yang tepat dan membuat saluran distribusi yang baik.

2. Pemenuhan Standar Produk

Pada kenyataannya nanti tidak semua pihak di pasar dapat menerima produk hidroponik. Karena mereka mempunyai standar yang berbeda-beda mengenai kualitas produk yang dibeli. Sehingga cara promosi sayuran hidroponik yang tepat adalah membuat standarisasi sebagai berikut:
 
Tidak setiap channel pasar tertentu menerima produk yang ditawarkan karena menentukan standarnya sendiri-sendiri dalam menerima sebuah produk.  Sehingga agar dapat diterima harus menentukan kualitas produk dengan baik, contohnya seperti dibawah ini:      
  • Mengemas sayur dengan kemasan sayuran yang bagus dan menarik.
  • Usahakan kondisi sayur selalu fresh, tidak layu maupun cacat.
  • Pada sayuran tidak ada bagian yang terkena hama maupun penyakit.
  • Semua sayur yang dipasarkan higienis dari semua kotoran dan bebas pestisida.
  • Sebelum dipasarkan produk diseleksi berdasarkan kualitas dan kelas ukuran.
Beberapa poin pokok sebagai kriteria standar produk sayuran tersebut dapat disesuaikan dengan kriteria permintaan pelanggan. Misalnya sayuran yang dijual ke restoran tentu mempunyai standar berbeda dengan yang dijual ke swalayan.

3. Menentukan Harga Jual yang Sesuai

Setelah melakukan riset pasar biasanya akan menemukan data mengenai harga jual pasaran secara keseluruhan. Data ini sangat penting dalam menentukan cara promosi sayuran hidroponik yang akan dilakukan

Karena akan dari perbedaan kelas harga, maka akan berbeda pula saingan usaha yang mungkin ada. Dibandingkan menjatuhkan harga semurah mungkin saat perang harga, alangkah baiknya kalau bersaing dalam hal peningkatan kualitas produk.

Dengan demikian antara penjual dan konsumen akan mempunyai kerjasama yang saling menguntungkan. Ketika target pasar yang diincar didominasi oleh perang harga maka dapat memilih target pasar lain yang lebih fair.

4. Memilih Cara promosi Sayuran Hidroponik yang Paling Efektif

Kemudian yang tidak kalah penting adalah memilih cara promosi yang tepat dan efektif. Karena tanpa promosi tentunya orang tidak akan pernah tahu tentang usaha kita dan produk apa saja yang ditawarkan. Pada umumnya, ada dua kondisi pasar yang terjadi di target manapun yang kita inginkan yaitu:
  • Red ocean: yaitu kondisi pasar yang sangat kompetitif. Dengan tingkat persaingan usaha yang cukup sengit karena banyaknya pelaku usaha yang sama.
  • Blue ocean : yaitu kondisi pasar yang masih fresh dan belum terlalu banyak atau bahkan belum ada persaingan usaha, namun tantangannya pasar juga belum tentu menerima inovasi produk yang ditawarkan.
Jika pasar yang ingin kita masuki adalah red ocean, maka harus berusaha keras memenangkan hati para calon pelanggan. Namun kalau yang hendak dimasuki adalah blue ocean maka harus mempunyai kreativitas yang tinggi agar berbeda dengan kompetitor yang ada.

5. Menyusun Strategi Distribusi yang Baik

Cara promosi sayuran hidroponik yang tidak kalah penting adalah menyusun strategi distribusi yang baik. Mengirimkan produk sayuran bukanlah perkara yang mudah karena harus dapat sampai dalam waktu 1 hari atau kurang.

Yang paling tepat adalah menggunakan kendaraan yang berpendingin yang pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit, Sehingga perlu melakukan analisa terhadap kondisi keuangan untuk pembiayaan tersebut.

Jangan lupa simak sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini,

Baca juga:





Demikianlah beberapa informasi mengenai cara promosi sayuran hidroponik di Indonesia. Semoga ini menambah wawasan dan semangat Anda dalam menggeluti bidang ini.

Penulis: Rina Milansi
Related Posts