taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Ide Bisnis Anak Kost Dijamin Menghasilkan Cuan yang Menggiurkan

7 Ide Bisnis Anak Kost Dijamin Menghasilkan Cuan yang Menggiurkan

Apapun status kamu tidak ada larangan untuk menjalankan bisnis, baik itu dalam modal kecil maupun modal yang besar. Bahkan yang masih sekolah pun bisa menjalankan bisnis, terutama anak kosan yang ingin mendapatkan uang tambahan untuk jajan.
Ide Bisnis Anak Kost
Akan tetapi, tidak semua jenis usaha bisa dijalankan oleh anak kosan apalagi yang sedang menempuh pendidikan yang memang harus fokus dalam pembelajarannya. Terutama bagi anak kuliahan yang memiliki jadwal yang padat, dari kewajibannya untuk belajar, mengerjakan tugas hingga beraktivitas diberbagai organisasi. 

Meskipun begitu, kamu masih bisa menjalankan bisnis untuk menambah cuan meskipun ditengah padatnya kesibukan kamu. Berikut ini ada 7 rekomendasi ide bisnis anak kost yang bisa menambah uang jajan kamu tanpa mengganggu waktu belajar kamu.

7 Ide Bisnis Anak Kost

1. Jasa Pembuatan Konten Artikel

Teknologi yang semakin canggih membuat kita bisa melakukan apa saja melalui media online, salah satunya mencari pekerjaan hanya bermodalkan laptop maupun handphone. Jika kamu perhatikan saat ini ada banyak sekali website-website yang bermunculan baik berisi informasi atau promosi untuk produk atau perusahaan. 

Umumnya pemilik website kadang tidak sempat untuk membuat konten dalam website itu sendiri sehingga dibutuhkan pihak lain untuk mengisinya. Hal inilah kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat jasa pembuatan konten artikel, penulisan artikel ini bisa dilakukan siapa saja.

Penguasaan SEO juga sangat penting dalam pembuatan artikel online, sehingga bisa mendatangkan trafik dengan lebih mudah dan mendapatkan view yang banyak.

Jasa pembuatan artikel online ini bagi yang masih pemula bisa dilakukan secara mandiri dengan mempromosikan lewat media sosial. Namun jika ingin jasa yang lebih besar maka kamu bisa bekerja sama dengan beberapa orang yang juga tertarik untuk pembuatan konten artikel.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper Supplier

Mencari ide bisnis anak kost yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper. Bisnis ini termasuk sangat mudah untuk dijalankan dan juga relatif murah, karena bisa kamu jalankan dimana saja dan kapan saja. 

Sebelum terjun, alangkah baiknya kamu harus memahami dulu apa itu perbedaan reseller dan juga dropshipper. Reseller merupakan suatu kegiatan usaha yang mengharuskan kamu membeli produk dari supplier dan menjualnya lagi dengan margin yang lebih tinggi.

Sedangkan dropshipper, kegiatan usaha dimana kamu sebagai seller melakukan promosi sebuah produk yang dimiliki supplier tanpa membelinya terlebih dahulu, saat terjadi pemesanan kepada kamu, kamu cukup order ke supplier kemudian supplier akan mengirim barang langsung kepada pembeli atas nama kamu.

Sebagai reseller kamu harus beli barang dahulu, lalu jual dan keuntungan bisa kamu tentukan. Sementara untuk dropshipper hanya menjadi promotor saja dari sebuah produk, tanpa membelinya terlebih dahulu.

3. Les Privat

Jika kamu memiliki keahlian dalam pembelajaran dan menguasai salah satu mata pelajaran, kamu bisa memanfaatkannya itu untuk membuka les privat. Misalnya kamu ahli dalam bidang musik, ahli menjahit, pelajaran sekolah, dan lain sebagainya yang bisa dituangkan dengan membuka les privat yang bermanfaat juga untuk orang lain. 

Jika jadwal kamu sedang padat, kamu bisa mengatur waktu untuk les disaat libur seperti weekend. Agar semakin dikenal lakukan promosi secara online melalui media sosial, bisa juga melalui selebaran atau dari mulut ke mulut.

4. Jual Pulsa

Ide bisnis anak kost yang bisa kamu lakukan saat diwaktu senggang adalah jual pulsa dan data internet.  Melihat banyaknya manusia yang telah memiliki handphone pribadi, tentu saja bisnis ini bisa menjadi peluang dan tidak bisa kamu lewatkan.

Apalagi kamu tidak memerlukan modal yang besar. Hal yang diperlukan hanyalah sebuah telepon genggam untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet ke pelanggan kamu. Buat kamu yang mau memulai bisnis ini, bisa mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa kamu cari melalui online.

5. Jual Hasil Fotografi

Kamu suka mengabadikan momen pribadi maupun orang lain dengan hasil jepretan kamera kamu? Jika iya, coba untuk menjadikannya sebagai ladang cuan kamu. Menjual hasil jepretan kamu di situs stok foto berbayar bisa berpeluang cuan, kamu juga bisa menawarkan jasa foto kepada teman-teman atau membuka jasa lewat online.

Untuk menjual hasil foto, sebenarnya masih berpeluang juga bahkan buat kamu yang belum memiliki skill fotografi yang mumpuni. Asalkan informatif, nyaman di lihat, foto karya kamu bisa jadi banyak peminat dalam situs foto stock tersebut.

6. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga cocok dijadikan sebagai ide bisnis anak kost, terutama bagi kamu yang memiliki kemampuan desain grafis menggunakan tools profesional untuk melakukan editing gambar ataupun pembuatan logo.

Peluang usaha sampingan jasa desain grafis ini pastinya sangat cocok buat kamu yang masih anak kosan, jadi jangan sampai kamu kelewatan kesempatan ini dan menyia-nyiakan kemampuan kamu karena bisnis ini sangat menguntungkan buat kamu untuk dikerjakan.

Jika kamu pakar di bidang desain logo, satu logo saja bisa dihargai sekitar Rp.300 ribu hingga jutaan rupiah. Kamu juga punya kesempatan untuk ikutan kompetisi pembuatan logo diberbagai situs online yang hadiahnya juga pasti lumayan besar.

Masih bingung cari target pasarnya? Kamu bisa mengawali dari komunitas bisnis dulu. Kemudian tawarin ke mereka jasa pembuatan logo atau desain produk ataupun editing foto atau video untuk usaha mereka. 

Atau kamu juga bisa kerjasama dengan dosen-dosen kewirausahaan agar mereka bisa meng-endorse hasil pembuatan desain kamu.

7. Jasa Penerjemah

Di era globalisasi ini kita tidak hanya berinteraksi dengan orang lokal saja, karena kali ini kita juga perlu untuk mencari informasi dan berinteraksi dengan diberbagai negara. Buat kamu yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing, maka jasa penerjemah bisa dijadikan sebagai ide bisnis anak kost. 

Bahasa asing yang dibutuhkan saat ini bukan hanya Bahasa Inggris saja, ada bahasa asing lain juga yang banyak diperlukan penerjemahnya seperti Bahasa Korea, Jepang, Rusia, China, dan lain sebagainya.

Jasa penerjemah ini bisa kamu lakukan pada artikel atau buku, bahkan bisa juga untuk subtitle video.  Hal ini bisa menjadi bisnis sampingan anak kosan dengan modal kecil karena hanya membutuhkan keahlian saja. Media online bisa kamu gunakan untuk promosi sehingga bisa dikenal secara luas.

Ide bisnis anak kost memang beragam dan seharusnya kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan. Pengeluaran sebagai pelajar atau mahasiswa sendiri saat ini memang cukup tinggi sehingga perlu disiasati agar kamu tidak terlalu merepotkan orang tua.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan 7 ide bisnis anak kost yang dapat dijadikan pilihan kamu untuk ladang cuan, semangat dan sukses selalu!
Related Posts