taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ide Bisnis Untuk Anak SMA atau SMK Tanpa Modal Uang

Ide Bisnis Untuk Anak SMA atau SMK Tanpa Modal Uang 


Di usia sekolah terutama di tingkat atas, kebutuhan pribadi cenderung lebih banyak daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan karena semakin banyak usia seseorang maka akan semakin komplels kebutuhannya. Baik untuk hoby atau kebutihan primer lainnya. Maka dengan menambah uang saku melalui ide bisnis untuk anak SMA atau SMK kini kian digandrungi oleh kalangan remaja.
bisnis untuk anak SMA
Akan tetapi sebagian dari mereka cenderung bingung dengan modal usaha yang akan digunakan. Bagi anda yang termasuk didalamnya, anda bisa mencoba ide bisnis untuk anak SMA atau SMK tanpa modal uang akan tetapi menggunakan skill atau keahlian yang anda miliki.

Disamping itu anda juga perlu memanfaatkan alat-alat elektronik yang anda miliki secara maksimal untuk menambah penghasilan atau uang saku anda. Berikut beberapa ide bisnis anak SMA atau SMK yang bisa anda coba dengan tanpa modal uang.

Ide Bisnis Anak SMA atau SMK


1. Menjadi Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu skill yang mahal karena dibutihkan kreatifitas dan ktelitian dalam melakukannya. Jika anda memiliki keahlian di bidang ini, anda bisa mencoba untuk menawarkan jasa anda melalui media sosial atau website freelance yang sudah banyak ditemukan.

Biasanya klien akan meminta anda untuk mendesain suatu hal seperti benner, logo olshop, logo sekolah, sertifikat dan masih banyak lagi. Semakin banyaknya kemampuan yang anda pelajari maka akan semakin banyak pula job atau pekerjaan terkait desain yang bisa amda kerjakan untuk menghasilkan uang saku tambahan.

Namun jika anda belum memiliki kemampuan tersebut, anda bisa menyisihkan waktu lebih banyak untuk mempelakarinya terlebih dahulu secara otodidak. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai tutorial di youtube sebagai modal pembelajaran awal untuk kemudian bisa anda kembangkan sesuai kebutuhan anda.

2. Penulis Lepas

Ide bisnis anak SMA atau SMK lainnya adalah menjadi penulis lepas atau penulis artikel online. Sebagaimana desain, hal ini juga dibutuhkan skill namun lebih banyak kemauan dan minat baca yang tinggi. Dengan modal tersebut maka kemungkinan kemampuan penulisan anda akan semakin membaik dari hari ke hari.

Hal ini disebabkan karena banyaknya kosakata yang anda miliki menjadikan anda akan lebih lincah dalam merangkai kalimat. Dengan begitu akan semakin banyak artikel yang bisa anda tulis dan tentunya akan menghasilkan uang tambahan untuk kantong anda.

3. Juru Ketik

Bagi anda yang memiliki kemampuan mengetik cepat baik dengan menggunakan lima atau sepuluh jari, anda bisa mencoba ide bisnis satu ini. Yakni membuka jasa ketik baik tugas maupun berbagai hal yang diperlukan untuk diketik. Anda bisa memanfaatkan kecepatan mengetik anda untuk mendapatkan uang saku tambahan tanpa modal sepeserpun.

Jika anda memiliki laptop hal ini sangat membantu, akan tetapi jika tidak memilikinya anda bisa menggunakan ponsel anda dengan membuka aplikasi word yang telah diinstal sebelumnya. Dengan begitu anda masih tetap bisa menghasilkan uang tambahan dengan menjadi juru ketik menggunakan handphone ini.

Meski sarana yang anda gunakan berbeda, aik laptop atau handphone keduanya dibutuhkan ketelitian sehingga pelanggan anda akan puas dan bahkan mungkin akan berlangganan menggunakan jasa anda. Untuk harga yang dipasarkan biasnaya perhalaman atau sepersekian kata. Anda bisa mencari referensi harganya melalui internet atau bertanya kepada mereka yang lebih berpengalaman.

4. Membuka Jasa Endorse

Akhir-akhir ini mulai bermunculan dan tampak semakin pesat kehadiran online shop yang menawarkan berbagai jenis produk. Baik pakaian, alat shalat, makanan, peralatan make up, fashion bahkan makanan frozen sekalipun. Keanekaragaman penjualan online in8 ternyata juga membuka peluang baru bagi mereka yang memiliki banyak teman baik followers, subscriber atau sejenisnya.

Cara kerja jasa endorse ini adalah dengan anda mereview suatu produk yang dikirim kepada anda untuk menarik pembeli. Jasa endorse yang baik adalah memberikan pengalaman jujur kepada penonton atau pengikut bukan mengada-ada yang kemudian akan mengecewakan pembeli.

Dari aktifitas tersebut anda akan mendapatkan fee baik berdaraskan meningkatnya pembeli atau perjanjian awal antara anda dan pemilik produk untuk diendorse. Dengan begitu anda bisa memanfaatkan peluang ide bisnis untuk anak SMA atau SMK ini menjadi sarana penambah uang saku tambahan.

5. Les Privat

Sekolah Menengah atas atau SMA merupakan sekolah tingkatan tertinggi jika dibandingkan dengan unit sekolah dibawahnya. Maka dengan demikian sedikit banyak pelajaran yang telah diajarkan jelas lebih banyak dan beragam. Oleh sebab itu hal ini bisa menjadi ide bisnis untuk anak SMA atau SMK sebagai guru privat.

Anda bisa menentukan mata pelajaran apa saja yang bisa diajarkan. Seperti matematika, IPA, Bahasa Inggris dan bahkan mata pelajaran agama. Tentu saja hal ini snagat cocok terutama bagi and ayang menyukai dunia pengajaran. Selain untuk mengasah skill dalam mengajar, anda juga sedikit banyak mampu mengulang pelajaran yang mungkin telah terlupakan.

Namun anda juga perly menyadari bahwa dengan adanya uang tambahan maka anda juga perlu sedikit menyisihkan waktu bermain anda untuk mengubahnya menjadi pundi-pundi uang tambahan yang membanggakan.

6. Fotografer

Jika anda memiliki keahlian daam dunia seni fotografi, maka anda bisa memaksimalkannya dengan membuka jasa fotografer. Keahlian ini tidak memandang usia, akan tetapi lebih kepada pengalaman dan pemahaman serta hasil pemotretan yang cantik.

Jika anda bisa mengedit sedemikian rupa maka akan menambah kreatifitas serta hasil yang memuaskan. Anda hanya perlu menggunakan kamera atau jika terbatas bisa menggunakan handphone yang disesuaikan dengan camera yang mumpuni.

Peluang ini bisa anda maksimalkan sebagai ide bisnis untuk anak SMA atau SMK yang jarang dilirik karena dinilai menbut7kan banyak keahlian khusus.

7. Pengisi Suara atau Voice over

Banyak sekali film film kartun atau video video menarik yang ditampilkan, baik melalui youtube, atau iklan televisi. Dengan munculnya perkembangan karya seni tersebut maka membuka peluang usaha baru yang cukup mudah dan menjanjikan.

Sebagian dari pembuat video atau konten membutuhkan suara yang indah atau unik untuk melengkapi video mereka, maka jika anda memiliki suara serta kemauan yang kuat, anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menjadi pengisi suara.

Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengucapkan kalimat sebagaimana yang terdapat pada teks bakal video tersebut. Kadang juga anda mungkin akan diminta membuat draft atau sekenario kalimat agar lebih menjiwai. Untuk jenis pekerjaan ini anda bisa memposting melalui akun sosial media atau website freelancer yang mendukung ise bisnis tersebut. 

8. Jasa Translator

Keahlian berbahasa tidak hanya menyenangkan akan tetapi juga bisa menghasilkan tambahan uang. Anda bisa membuka jasa penerjemahan baik berkas penting atau sekedar tugas biasa. Keduanya harus terjaga privasi kalian agar aman nantinya.

Akan tetapi untuk melangsungkan ide bisnis untuk anak SMA atau SMK ini anda perlu bnar-benar menguasai bahasa yang akan anda fokuskan. Hal ini perlu diperhatikan karema bisa mempengaruhi kualitas translate atau penerjemahan anda agar bisa diterima oleh khalayak luas. Bahkan terdapat beberapa penyedia jasa transaltor dengan disertai sertifikat kemampuan bahasa yang diakui.

Untuk pencarian klien atau pelnggab, anda bisa menggunakan website penyedia layanan freelance jury translate atau penerjemahan dengan disertai beberapa contoh penerjemahan yang telah anda lakukan agar lebih meyakinkan calon pelanggan anda.

Berikut ini, ada sejumlah ide bsinis lainnya arau pilihan artikel yang bisa dijadikan pilihan.

Baca juga:





Beberapa ide bisnis untuk anak SMA atau SMK tersebut bisa menjadi pilihan anda agar bisa menghasilkan uang tambahan. Akan tetapi jangan lupa untuk disesuaikan dengan minat dan kemampuan anda agar lebih menyenangkan.

Related Posts