taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Ide Bisnis Saat Menjadi TKI Luar Negeri, Bisa Kamu Coba

8 Ide Bisnis Saat Menjadi TKI Luar Negeri, Bisa Kamu Coba

Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan, kini tidak sedikit orang memilih bekerja menjadi TKI atau TKW untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Akan tetapi meski sedang bekerja di luar, Anda juga bisa sembari mencoba beberapa Ide Bisnis Saat dan Setelah Jadi TKW atau TKI Luar Negeri.

ide bisnis untuk TKI

Meski sedang mengais rezeki di negeri orang, Anda juga bisa memaksimalkan hasil uang Anda untuk kembali dikelola di negeri sendiri. Tentunya hal ini akan menjadi sedikit lebih repot karena Anda juga sedikit banyak akan turut memantau perkembangan bisnis Anda. Bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan bukan?

Ide bisnis yang beragam ini bisa Anda sesuaikan dengan peluang yang ada di tempat atau kota yang Anda inginkan. karena jika Anda tepat membaca peluang tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk menjalankan usaha atau bisnis yang dapat menghasilkan secara maksimal. 

Salah satu hal baik yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menjalankan bisnis ini adalah sebagai salah satu asset menguntungkan jika kelak Anda sudah lelah atau ingin berhenti menjadi TKI atau TKW. Setidaknya Anda sudah mempunyai modal usaha yang menghasilkan guna mencukupi kebutuhan hidup Anda kemudian.

Disamping itu, Anda juga bisa mengalokasikan dana atau penghasilan Anda sebagian untuk menjalankan bisnis sebagai tabungan Anda di masa mendatang atau investasi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. 

Ide Bisnis Saat Dan Setelah Jadi TKW Atau TKI Luar Negeri 

1. Buka Jasa Titip (Jastip)

Bagi sebagian orang yang belum mengenal ini mungkini cukup aneh. Namun perkembangan transaksi jual beli kini semakin meluas. Adapun jasa titip ini dilakukan apabila terdapat seseorang yang ingin membeli produk dari luar melalui Anda dengan tambahan harga sebagai pembayaran jasa pembelian.

Biasanya seseorang membandrol harga jasanya sekian ribu, misalkan Rp. 20.000 tiap barang. Maka harga yang ditunjukkan nanti adalah harga asli dengan hitungan rupiah dan ditambah jasa tersebut. Uang jasa titip tersebutlah yang akan menjadi milik Anda.

Biasanya para TKI atau TKW membuka jasa ini ketika menjelang pulang ke Indonesia. Karena akan cenderung lebih murah karena ongkos kirim gratis atau mungkin membayar sebagian saja. Akan tetapi masih juga bisa dilakukan jika Anda tidak pulang ke Indonesia dengan mengirim barang tersebut melalui ekspedisi.

Barang yang dibeli tentu yang terdapat di negeri tempat Anda bekerja, ataupun jika memungkinkan Anda juga bisa bekerjasama dengan rekan TKI atau TKW Anda di negara lain untuk membelikan barang titipan Anda. 

2. Waralaba

Bisnis waralaba yang kian membuncah bisa menjadi pilihan bisnis Anda saat sesudah menjadi TKI. Anda seolah membeli brand tertentu untuk kemudian diperjual belikan di tempat Anda. Hal ini cukup banyak diminati karena banyaknya jenis makanan atau minuman yang menggunakan sistem ini.

Jika Anda memiliki modal yang besar, Anda juga bisa memulai membuat brand sendiri untuk kemudian diperjualbelikan sebagai bisnis waralaba. Jikalau Anda masih menjadi TKI atau TKW, Anda bisa menyerahkan bisnis ini pada karyawan atau orang kepercayaan Anda untuk Anda pantau dari jauh di kemudian hari.

3. Reseller

Ide Bisnis Saat dan Setelah Jadi TKW atau TKI Luar Negeri selanjutnya adalah menjadi reseller produk. Anda bisa memilih bisa menjadi reseller produk dalam negeri atau bahkan produk luar. Jika Anda masih menjadi TKI atau TKW Anda bisa menjadi reseller produk Indonesia untuk dijual di luar negeri.

Hal ini bukan mustahil jika orang yang tinggal di luar negeri menginginkan produk barang reseller yang Anda jual. Bahkan mungkin juga pembeli adalah sesame TKI yang juga tinggal di luar negeri. Tentu hal ini akan menjadi peluang besar bagi Anda untuk menjalankan bisnis ini.

Jika Anda sudah tidak lagi menjadi TKI, Anda bisa menjadi reseller dari barang luar negeri dimana Anda bekerja sebelumnya. Anda bisa mencari chanel dahulu sebelum kembali ke Indonesia untuk memeasarkan produk luar negeri di Indonesia. 

Dengan menjadi reseller Anda tidak lagi repot untuk memfoto produk jualan Anda, karena biasanya sudah disertai dengan gambar pendukung untuk melakukan promosi. Sehingga hal ini tentu akan jauh memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pemasaran.

4. Kuliner Khas Negara

Jika Anda menjadi TKI yang tidak bekerja secara penuh, Anda bisa membuka usaha kuliner di negara Anda bekerja. Anda bisa membuka kuliner masakan Indonesia yang kemungkinan banyak diminati oleh orang luar atau TKI yang tinggal disana. Pasti akan banyak diminati karena mungkin kebanyakan dari mereka rindu masakan Indonesia.

Sedangkan jika Anda sudah tidak lagi menjadi TKI, Anda bisa membuka usaha makanan yang terdapat di negara dimana Anda bekerja sebelumnya untuk dipasarkan di Indonesia. Meski terkesan asing, namun bukan hal yang mustahil jika tidak ada peminat makanan yang ada jual bukan?

5. Tour Guide di Negara Anda Bekerja

Setiap negara pasti mempunyai pesonanya masing-masing untuk disuguhkan keindahan atau keunikannya bagi setiap pengunjung. Hal ini bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda terutama penyuka wisata. Selain mendapatkan uang tambahan Anda juga bisa menjadi pemandu wisata untuk memandu tamu Anda.

Anda bisa mengenal orang-orang baru dengan menambah kosakata baru saat menjumpai tamu Anda. Selain itu Anda juga bisa sekaligus mengasah skill Anda dalam menjelaskan sejarah suat tempat dan kisah yang menunjangnya. Cukup menarik bukan?

Aneka Ide Bisnis Jualan saat menjadi TKW atau TKI Luar Negeri

6. Jualan Baju dari Dalam Negeri

Jika Anda memiliki hoby jualan maka ide usaha ini sangat cocok untuk Anda coba saat menjadi TKI atau TKW di luar negeri. Anda bisa menjadi importir baju dalam negeri untuk menunjukkan kepada negara lain hasil karya anak bangsa kita.

Baju yang bisa Anda jual belikan tentu snagat beragam. Anda bisa menawarkan produk batik yang konon cukup langka di negara luar karena cenderung merupakan produk unggulan Indonesia. Untuk harga bisa Anda sesuaikan dengan harga awal dan ongkos perjalanan agar harga lebih sesuai. 

Anda juga bisa memilih baju santai untuk diperjual belikan. Karena bisajadi sebagian orang Indonesia yang menjadi TKI juga membutuhkan pakaian yang sama sebagaimana digunakan saat di Indonesia. Banyak sekali produk baju yang bisa Anda jual belikan tentunya perlu melihat peluang sebelum melakukannya.

7. Jualan Kopi dari Dalam Negeri

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang memiliki banyak penggemar adalah jenis biji-bijian berupa kopi. Kopi merupakan salah satu hasil bumi yang sangat banyak dinikmati oleh khalayak luas. Oleh sebab itu menjadikan kopi sebagai bahan dagangan bukan hal yang salah.

Pasalnya kopi juga memiliki ragam yang banyak. Dari kopi luak, kopi khas daerah dan sebagainya. Semua memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Anda bisa menjualnya sebagai produk siap seduh sehingga memudahkan pembeli saat menginginkannya.

8. Jualan Makanan Ringan 

Jika Anda memiliki hoby ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan tentu hal ini sangat mendukung jika Anda ingin memulai usaha ini. Karena dengan begitu Anda akan lebih bisa menimbang rasa yang enak dan bisa diterima lidah orang lain saat membuatnya.

Anda bisa menjual makanan ringan sebagai orang kedua atau reseller jika tidak memungkinkan untuk membuatnya sendiri. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menjual produk makanan ringan. Pilihlah yang banyak diminati dan cenderung ‘nagih’ agar membuat pelanggan Anda ketagihan untuk membelinya lagi.

Banyak sekali Ide Bisnis Saat dan Setelah Jadi TKW atau TKI Luar Negeri. Anda tinggal menentukan pilihan serta membulatkan tekad  serta kerja keras untuk menjalankannya agar hasilnya maksimal.

Berikut ini terdapat sejumlah pilihan artikel atau informasi yang masih berkiatan.

Baca juga:

1. Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

2. Ide Bisnis Anak Muda

3. Ide Bisnis Bagi Anak Pesantren

4. Ide Peluang Usaha di Desa

Itulah informasi perihal Ide Bisnis Saat Menjadi TKI, semoga bermanfaat.


Related Posts