taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi Makanan Sehat Agar Bisnis Semakin Berkembang

Cara Promosi Makanan Sehat Agar Bisnis Semakin Berkembang

Strategi atau cara promosi makanan sehat adalah penting dalam bisnis kuliner atau makanan. Bisnis ini adalah bisnis yang pasarnya selalu ada. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. 
Cara Promosi Makanan
Jika saat ini Anda sedang menggeluti bisnis makanan, ada baiknya mengetahui cara memasarkan makanan itu sendiri, siapa target pasar Anda, dan apa minat mereka. Kemudian Anda bisa mencocokkan produk Anda sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda.

Artikel ini membahas tentang strategi atau cara pemasaran dan promosi produk makanan sehat yang dimana diharapkan bisa menambah penjualan dari bisnis yang Anda jalankan saat ini. Di bidang kuliner, tidak hanya rasa, tapi juga kemasan dan citra produk menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kita perlu mengetahui apakah makanan yang kita hasilkan mudah basi? Jika iya, Anda disarankan untuk tidak menjual produk dari jarak jauh. Tidak seperti makanan kering, yang memungkinkan Anda menjangkau area yang lebih luas dengan bebas.

Berikut Cara Promosi Makanan Sehat yang Bisa Anda Ikuti

Tentunya sebagai pemilik usaha, Anda ingin usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan dapat memberikan hasil yang efektif. Apalagi bisnis yang Anda ambil ini menyangkut taraf kehidupan banyak orang. 

Jadi hal penting disini adalah bagaimana Anda bisa menciptakan makanan seha yang mampu bersaing dengan produk yang sudah ada sebelumnya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara promosi makanan sehat agar meningkatkan volume penjualan Anda.

1. Perhatikan Kemasan Produk Makanan

Pengemasan dalam strategi pemasaran makanan memegang peranan penting dalam menarik calon konsumen untuk mencicipi produk tersebut. Produk Anda mungkin rasanya enak, tetapi calon pelanggan tidak mau mendapatkan produk Anda karena kemasannya yang kurang menarik. 

Oleh karena itu, sangat disayangkan terjadi kecelakaan seperti itu. Solusinya adalah menyesuaikan kemasan Anda dengan target pasar Anda. 

Salah satu contoh target pasar produk makanan adalah anak muda, dan kita bisa membuat kemasan dengan warna-warna cerah dan desain modern yang sesuai dengan selera mereka. Dengan demikian, mereka akan merasa cocok dengan produk Anda. Sebelum itu, perlu dilakukan strategi segmentasi, targeting dan positioning untuk mendapatkan contoh target pasar makanan dan profilnya.

2. Buat Foto Produk yang Menarik

Komponen kunci dari setiap strategi pemasaran makanan adalah membuat gambar produk Anda semenarik mungkin. Karena manusia pada dasarnya adalah makhluk visual. Visual yang menarik mendorong orang untuk membeli produk Anda. Gambar yang bagus, logo yang menarik, dan copywriting yang baik akan memotivasi calon pelanggan untuk membeli.

Sebenarnya produk ini sangat bagus, tetapi foto diambil dengan kamera yang tidak mendukung, sehingga hasilnya tidak ideal. Maaf ini terjadi pada Anda. Anda perlu mencari ahli fotografi produk. Tersedia melalui rekan kerja atau layanan foto online. Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan berbagai strategi pemasaran makanan dan contoh target pasar untuk produk makanan lainnya.

3. Buat Situs Web Makanan Sehat Anda Sendiri

Website juga adalah cara promosi makanan sehat berikutnya yang bisa Anda lakukan di era digital ini. Situs web seperti trade-in house dan media sosial adalah platform untuk mempromosikan produk Anda. 

Anda harus membuat situs web sebagai hub untuk menarik informasi tentang produk Anda. Ini mendukung pemasaran makanan dan memberi pelanggan tempat untuk mengunjungi etalase.

Website juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Website yang bagus membuat orang berpikir bisnis Anda profesional. Bayangkan calon pelanggan Anda bertanya, "Apa nama situs web Anda?" Tetapi Anda menjawab bahwa Anda tidak memiliki situs web. Tentu saja, pelanggan akan lebih mempercayai merek dan produk yang memiliki situs web.

4. Lakukan Pemasaran Melalui Media Sosial

Jika Anda tidak memiliki tempat untuk menjualnya, Anda dapat menjualnya secara online. Strategi pemasaran media sosial makanan sangat efektif dalam menekan biaya sewa tempat. 

Seperti dijelaskan di atas, jika makanan Anda mengandung makanan yang tidak mudah rusak, Anda bisa menjualnya secara online. Namun, bukan berarti produk segar tidak bisa dijual secara online, hanya saja distribusi produk segar akan lebih dibatasi.

Media sosial adalah suatu keharusan di era digital ini. Tentunya jika Anda ingin bisnis makanan Anda dikenal banyak orang, Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Berkomunikasi lebih mudah dengan calon pelanggan melalui media sosial sehingga Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan nantinya.

5. Bermitra dengan Aplikasi 

Memesan makanan melalui aplikasi adalah tren yang sedang booming saat ini. Di mana Anda dapat memesan makanan dengan mesin, makanan tiba dengan cepat. Sebagai contoh strategi pemasaran makanan, kita bisa bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Gojek, Grab dan Shopeefood untuk menerapkan strategi pemasaran makanan ini. 

Selain itu, keuntungan bermitra dengan perusahaan pengiriman rumah adalah Anda dapat menjual tanpa memiliki toko atau situs yang besar.

6. Endorsment dengan Selebgram Atau Artis

Salah satu cara untuk memasarkan produk nutrisi yang terbukti adalah bermitra dengan selebriti dan influencer. Tempat dengan banyak pengikut dan percaya diri dalam rasa makanan. 

Misalnya, produk Anda adalah keripik pisang. Anda dapat mencari selebriti dan influencer yang memiliki banyak pengikut dan sudah terbiasa dengan ulasan makanan. Dengan cara ini Anda mendapatkan sertifikat dari sana. Testimonial ini kemudian dapat dibagikan untuk membantu mendorong penjualan.

7. Adakan Giveaway Untuk Menarik Perhatian

Contoh lain dari strategi pemasaran makanan adalah giveaway. Bekerja dengan selebriti dan influencer untuk berbagi item secara gratis selama Anda mempromosikan bisnis makanan sehat Anda. Pemenang yang berhasil akan mendapatkan item yang Anda jual dan akan menjadi bukti bagi Anda dan merek. Dengan cara ini produk Anda akan menjadi lebih baik diketahui.

Dengan strategi pemasaran makanan ini, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data seperti nomor telepon, nomor WhatsApp dan email dari calon pelanggan Anda. Data ini dapat digunakan sebagai sarana untuk melaksanakan penawaran promosi. Tentu saja, gunakan strategi yang baik untuk menghindari spamming kepada pelanggan Anda.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikianlah informasi mengenai beberapa cara untuk promosi makanan sehat dalam bisnis kuliner atau makanan Anda. Tentunya dengan melakukan promosi yang tepat, Anda akan mendapatkan penjualan yang baik dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Penulis: Rizal
Related Posts