taupasar.com

we read, we create and we share it.

Dijamin Untung Besar Inilah Cara Mengelola Homestay Bagi Pemula

Dijamin Untung Besar Inilah Cara Mengelola Homestay Bagi Pemula

Kebutuhan penginapan bagi traveler, liburan, pekerja kantoran yang sering melakukan pekerjaan ke luar kota semakin meningkat. 
Cara Mengelola Homestay
Tentu hal ini bisa meningkatkan pendapatan bagi bisnis penginapan. Ada beragam cara meningkatkan pendapatan usaha homestay. Berikut di bawah ini cara mengelola homestay bagi pemula. 

Inilah Cara Mengelola Homestay Bagi Pemula 

Kebutuhan orang terhadap penginapan semakin meningkat, baik untuk mereka yang sedang perjalanan bisnis ataupun sekedar untuk vakansi. Maraknya kebutuhan ini membuat semakin banyak kesempatan untuk menghasilkan cuan. Salah satunya bisnis di bidang penginapan dengan konsep homestay

Agar memiliki keuntungan yang besar dan pesanan yang kian meningkat ada strategi khusus yang perlu Anda pelajari. Anda bisa menghasilkan keuntungan besar dari homestay dengan melakukan cara-cara di bawah ini. Berikut cara mengelola homestay bagi pemula.
 
1. Pilih Lokasi Homestay yang Strategis

Pemilihan lokasi usaha bisa mempengaruhi keuntungan dan omset jualan jasa Anda. Termasuk ketika Anda akan membuka usaha homestay. Dibutuhkan lokasi usaha yang strategis. 

Tips bisnis bagi pemula yang pertama yakni memilih lokasi usaha yang strategis. Begitupun dengan bisnis homestay cara agar menghasilkan keuntungan besar adalah dengan memilih lokasi usaha yang strategis. 

Pilihlah lokasi usaha dekat dengan tempat wisata. Misalnya di Labuan Bajo yang memiliki 10 tempat wisata yang unik dan menarik. Membuka usaha homestay di Labuan Bajo dijamin bisa menghasilkan cuan yang berlipat. 

2. Menentukan Konsep Penginapan

Setelah menemukan lokasi usaha homestay yang tepat, selanjutnya adalah menentukan konsep homestay yang unik dan menarik. Anda bisa menentukan konsepnya dengan menyesuaikannya sesuai lokasi usaha yang Anda pilih. 

Pilihlah konsep kasual jika Anda membuka usaha homestay sesuai dengan lokasi usaha Anda. Sedangkan bila lokasi usaha Anda dekat dengan perkantoran dapat memilih konsep yang lebih tenang. 

Pemilahan konsep homestay merupakan aspek penting yang akan mempengaruhi pemilihan desain interior, bangunan dan pemilihan perabotan. Sedangkan untuk pemilihan ranjang, biasanya homestay menggunakan ranjang susun yang bertujuan untuk mengoptimalkan ruangan yang ada. 

Saran agar menghemat biaya operasional, Anda bisa menggunakan perabotan yang memiliki fungsi ganda. Memiliki perabotan yang fungsi ganda bisa menghemat biaya operasional usaha Anda. 

3. Memberikan Fasilitas Tambahan

Salah satu cara mengelola Homestay bagi pemula adalah menambahkan fasilitas tambahan yang bermanfaat, unik dan menarik. Misalnya menyediakan WiFi gratis, saluran TV kabel, souvernir, saluran TV kabel,  ketersediaan air panas untuk mandi serta area parker yang luas dan halaman yang bisa digunakan untuk istirahat para pengunjung. 

4. Membuat Izin Usaha

Izin usaha adalah hal yang sangat penting bagi usaha Homestay yang didirikan di lingkungan yang padat penduduk. Izin usaha dapat menjaga keberlangsungan usaha Anda kedepannya.

5. Rutin Melakukan Promosi

Promosi adalah hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan keuntungan usaha Anda. Usaha homestay juga membutuhkan promosi layanan agar semakin banyak yang mengenal usaha Anda. 

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi yang cepat, mudah dan murah. Misalnya Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, dan Tiktok untuk mendongkrak penjualan jasa Anda. 

Melakukan promosi di media sosial tentang membutuhkan tips khusus. Anda bisa mempelajari langsung kompetitor bisnis Anda dalam melakukan promosi usaha mereka di media sosial. Lakukan amati, tiru dan modifikasi cara promosi usaha mereka di media sosial usaha Anda.

Anda bisa memberikan diskon dan potongan khusus kepada para pengunjung homestay untuk menarik mereka agar berkunjung ke tempat lokasi usaha Anda. Rutin melakukan promo yang menarik baik di media sosial maupun di offline dijamin bisa meningkatkan penghasilan dari usaha Anda. 

Beriklan di media sosial juga harus memperhatikan gambar dan caption dari setiap postingan. Diperlukan gambar dengan pengambilan angle yang bagus dan tulisan caption yang menarik pembaca.

Jangan beranjak, karena Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 cara mengelola homestay bagi pemula. Cara di atas dijamin bisa meningkatkan penghasilan usaha Anda. Semoga bisnis Anda semakin berkembang dan sukses kedepannya. Dengan melakukan 5 cara di atas bisa saya yakin usaha penginapan Anda bisa sukses dan terus berkembang. 
Related Posts