taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance, Bisa Menggaet Banyak Pelanggan

10 Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance, Bisa Menggaet Banyak Pelanggan

Hobi memotret? Siapa sangka dengan skill memotret bisa menjadi cuan. Ya, pada generasi milenial kini banyak yang tertarik untuk memahami serta menguasai dunia fotografi. Apalagi sekarang merupakan zaman modern dimana segala kebutuhan serba digital, jadi tidak heran jika fotografi sangat didambakan.
Cara Promosi Jasa Fotografi
Manfaat jasa fotografi tentu memberikan kemudahan para khalayak yang ingin mengabadikan momen dengan kualitas maksimal tanpa perlu repot-repot mencari angle gambar yang menarik. Tidak heran di zaman sekarang sangat banyak fotografer maupun videografer profesional bermunculan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan hobi saja, fotografi juga bisa dijadikan ladang cuan. Bahkan untuk mendapatkan penghasilan kamu hanya melakukannya secara online, seperti bisnis jual beli, posting di media sosial, website, dan banyak lagi.

Jika kamu berminat untuk melakukan bisnis fotografi sebagai uang tambahan, pastinya kamu harus tahu dulu seperti apa Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance. Kebetulan kali ini akan membahas tentang Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance, penasaran bukan seperti apa? Berikut penjelasannya.

Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance

1. Tampilkan Potret Terbaik di Media Sosial

Kehidupan serba digital, jadi tidak ada salahnya kamu manfaatkan sebagai sumber ladang cuan kamu.
Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance di media sosial merupakan pilihan yang tepat, tinggal kamu sekarang memilih media sosial manakah yang bisa menggaet banyak konsumen.

Salah satunya yang bisa kamu jadikan sebagai media promosi hasil jepretan mu dengan upload ke Instagram. Di Instagram, kamu bisa secara leluasa mengekspresikan perasaan melalui hasil foto kamu.
Buatlah katalog berisi karya jepretan kamu, dan jangan lupa buat keterangan bahwa kamu sedang membuka jasa fotografi di bio Instagram.

2. Mengikuti Event Fotografi

Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance selanjutnya dengan mengikuti event yang sesuai dengan kamu tekuni. Apalagi sekarang mau apa saja bisa dari smartphone, jadi kamu akan mudah untuk mencari event fotografi.

Dengan mengikuti event fotografi secara tidak langsung, menjadi langkah perkenalan hasil jepretan kamu ke khalayak sehingga mereka tertarik untuk menggunakan jasa kamu. Selain itu, mengikuti event bisa menjadi ladang kamu untuk menambah relasi, kerjasama, peluang menawarkan hasil foto kamu, hingga mem-branding karya-karya kamu.

3. Bekerjasama dengan Influencer

Selanjutnya untuk Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance yaitu dengan bekerja sama dengan influencer atau publik figur. Cara ini cukup efektif, jadi jangan sungkan untuk bekerja sama dengan influencer.
Dengan menggandeng mereka yang telah memiliki banyak pengikut di media sosial, pastinya ini menjadi batu loncatan kamu untuk lebih dikenal secara luas.

Jadikan mereka sebagai model foto kamu, dengan begitu promosi ini akan lebih mudah, instan, dan efektif.

4. Buat Portofolio Online

Sebenarnya dengan internet, melakukan promosi usaha atau bisnis sangatlah mudah. Termasuk buat kamu yang merupakan jasa fotografer, jadi tidak ada salahnya membuat portofolio secara online sebagai bentuk pemasaran karya kamu.

Cara ini cukup dikatakan efektif dan efisien, selain itu juga bisa membentuk reputasi dan perjalanan kamu sebagai fotografer. Dalam portofolio tersebut isilah dengan hasil jepretan terbaik kamu, yang akan kamu tunjukkan kepada calon klien.

5. Menawarkan Secara Personal

Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance yang bisa kamu lakukan dengan menawarkan secara profesional kepada konsumen potensial. Calon konsumen potensial merupakan salah satu produsen barang yang akan dipasarkan secara online, agensi model, dan lain sejenisnya.

6. Sebar Brosur dan Membuat Web

Sebar brosur ternyata sangat unggul untuk melakukan promosi, karena berbentuk fisik sehingga calon konsumen bisa menyimpannya. Disaat mereka tiba-tiba membutuhkan jasa fotografi, mereka akan langsung menghubungi kontak yang tertera pada brosur tersebut.

Untuk secara online, buatlah website sebanyak mungkin sebagai Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance.
Di website atau blog yang kamu buat, cukup memposting hasil jepretan kamu. Nanti calon klien kamu akan melihat hasil karya kamu.

Selain itu, tidak ada salahnya juga kamu membuat konten edukatif, seperti membagikan kegiatan sebagai seorang fotografer atau hal-hal yang berkaitan dengan fotografi.

7. Beri Promo Menarik

Apapun usaha kamu, jika ada promo pasti akan mengundang calon klien. Terkadang beberapa orang ada yang terkendala dalam biaya, apalagi tarif jasa fotografi kamu dianggap mahal. Maka dari itu, sangat tepat untuk mengadakan promo sebagai trik promosi jasa fotografi.

8. Jadikan Klien sebagai Agen Marketer

Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance berikutnya dengan menjadikan klien sebagai marketer, tapi bagaimana caranya? Paling utama yang dapat kamu lakukan dengan menjalin komunikasi yang baik dengan klien.

Mengirimkan pesan personal ketika jasa kamu sedang promo, serta memberikan fasilitas layanan baru dan lain sebagainya.

Dengan begini, pastinya klien kamu tidak mudah lupa atas pelayanan yang kamu berikan.
Secara otomatis ia akan merekomendasikan jasa fotografer kamu kepada teman dan orang terdekatnya jika membutuhkan seorang fotografi yang handal dan profesional.

9. Kerjasama dengan Jasa Linear

Selain publik figur atau influencer, tidak ada salahnya jika kamu juga berkolaborasi dengan jasa yang linear. Jasa linear yang dimaksud seperti wedding organizer, MUA, agen travel pariwisata, dan lain sejenisnya.

10. Ciptakan Jaringan Bisnis yang Luas

Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance dengan menciptakan jaringan bisnis seluas mungkin. Saat ini, kehidupan kita sudah bertransformasi menjadi serba digital, yang mana pemasaran online sangat berperan penting dalam memasarkan bisnis.

Meskipun begitu, jangan lupa untuk menggunakan pemasaran dengan cara klasik yaitu mempromosikan jasa fotografi kamu dari mulut ke mulut. Kunci sukses menjalankan jasa fotografi adalah selalu meningkatkan kemampuan dari segi teknik maupun kreativitas.

Jadi, asahlah kemampuanmu dengan mengikuti forum fotografi dan bertukar pengalaman yang satu profesi denganmu. Selain itu, jangan sampai kamu mengkhianati kepercayaan klien. Dengan tepat waktu menjalankan tugas sebagai fotografer, dan mampu menyerahkan hasilnya sesuai dengan deadline yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai Cara Promosi Jasa Fotografi Freelance, semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis fotografi. Semangat dan sukses selalu!
Related Posts