taupasar.com

we read, we create and we share it.

Subscriber Jutaan, Begini Cara Promosi Channel YouTube di Google Ads

Subscriber Jutaan, Begini Cara Promosi Channel YouTube di Google Ads

Menjadi konten kreator bisa menggunakan media sosial apa saja, apalagi beberapa tahun terakhir ini YouTube menjadi primadona bagi konten kreator untuk menghasilkan cuan. Namun ternyata, agar channel YouTube kamu semakin dikenal oleh khalayak tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
Cara Promosi Channel Youtube
Langkah mudahnya adalah cara promosi channel Youtube di Google Ads, fitur ini selain memudahkan khalayak untuk menemukan konten kamu juga pastinya bisa menambah cuan. Sudah menjadi rahasia umum menggunakan alat promosi dari Google Ads yang dianggap memiliki banyak kelebihan dibandingkan promosi mandiri secara manual.

Kelebihan tersebut terutama dalam segi efisiensi dan efektifitas jangkauan iklan. Meskipun agak membingungkan bagi para newbie atau pemula, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba gunakan cara promosi channel YouTube di Google Ads berikut ini.

Cara Promosi Channel YouTube di Google Ads

1. Buka Halaman Google Ads

Hal yang paling utama yang perlu kamu lakukan adalah tuliskan keyword ini di kolom pencarian kemudian klik cari. Halaman tersebut akan langsung muncul pada baris pertama, dan kamu tinggal klik untuk membukanya.

2. Buat Akun

Setelah itu, cara promosi channel YouTube di Google Ads dengan membuat akun terlebih dahulu. Alangkah lebih baiknya membuat akun secara terpisah dengan akun Google pribadi. Tujuan ini agar email dari Google Ads tidak memenuhi kotak surat di email pribadi kamu sendiri.

3. Menjawab Pertanyaan

Saat proses pembuatan akun Google Ads ini, akan ada beberapa pertanyaan yang akan muncul terkait tujuan yang ingin dicapai dalam promosi channel YouTube kamu.

Konsumen biasanya diminta untuk mengunjungi atau mengklik situs tertentu, seperti website, channel YouTube, akun media sosial, dan halaman-halaman virtual lainnya. Ini merupakan goal yang kamu cari, yaitu agar konsumen mengunjungi channel YouTube kamu.

4. Tentukan Jangkauan Lokasi dan Objek Konten ke dalam Kategori

Selanjutnya cara promosi channel YouTube di Google Ads dengan menentukan jangkauan lokasi kamu, jika bersifat Indonesia. Maka pilihlah jangkauan lokasi Indonesia. Apabila jangkauan konten kamu bersifat mancanegara, maka pilihlah negara apa yang sesuai dengan sasaran channel Youtube kamu.

Selain itu, silahkan pilih kategori atau keyword apa saja yang berkaitan dengan konten YouTube. Pengelompokan ini bertujuan agar memudahkan Google dalam menentukan target audiens.

5. Copywriting dan Input Foto yang Mendukung

Google telah menyediakan kolom khusus untuk mencantumkan kalimat-kalimat menarik agar membuat khalayak penasaran dan mengklik video tersebut. Kamu dituntut untuk mencantumkan kalimat seefektif mungkin karena jumlah karakternya yang terbatas.

Kemudian, jangan lupa untuk memasukkan foto agar lebih menarik visual calon konsumen. Meskipun bersifat opsional, namun tidak ada salahnya untuk tidak menyiakan kesempatan emas ini.

6. Cantumkan Anggaran Promosi

Google Ads memberlakukan sistem pay per click atau tarif setiap klik. Jadi, kamu dikenakan biaya sesuai dengan jumlah orang yang klik iklan tersebut.

Bagi yang pemula, untuk mencantumkan anggaran promosi sedikit terlebih dahulu. Karena tujuan dari promosi ini untuk tes ombak terlebih dahulu dan meminimalisir risiko. Jika nanti iklan kamu mendapatkan impresi yang besar, barulah meningkatkan anggaran promosi tersebut.

7. Pilih Metode Pembayaran

Cara promosi channel YouTube di Google Ads adalah menentukan metode pembayaran. Google Ads memberikan layanan pembayaran secara lengkap, seperti E-money hingga transfer bank.
Kemudian, permintaan iklan sedang diproses Google Ads.

Cara Channel Youtube Banyak Subscriber

1. Posting Video di Media Sosial

Punya media sosial lain seperti Instagram, Facebook, dan Twitter? Tidak perlu berpikir panjang, manfaatkanlah media sosial yang kamu miliki.

Caranya cukup mudah. Kamu bikin cuplikan dari video YouTube  (sebaiknya ambil cuplikan yang paling seru, sehingga bisa menarik minat khalayak), kemudian unggah cuplikan tersebut ke akun media sosialmu yang lainnya.

2. Berinteraksi dengan YouTuber Lain

Relasi salah satu hal penting yang perlu kamu pelajari. Kebanyakan YouTuber gak sadar dengan hal ini, padahal membangun hubungan relasi dengan YouTuber lain bisa buat insight channel-mu ikutan naik.

Buat yang masih pemula yang belum dikenal banyak oleh audiens Youtube, kamu bisa menampilkan nama channel-mu di depan konten kreator dengan niche yang sama, otomatis mereka yang awalnya nggak kenal kamu bisa jadi bakal ‘kepo’ dengan channel-mu.

Nah, hal ini juga berlaku buat audiens. Seiring berjalannya waktu, orang yang nonton video milik konten kreator utama mungkin akan mengklik channel-mu.

3. Musik Intro dan Outro yang Menarik

Sesuatu hal yang membuat pengunjung merasa tertarik dari sebuah video seorang konten kreator, biasanya dari ciri khas yang ada di video tersebut. Dari sini, kamu dituntut bisa membuat sebuah ciri khas video yang bisa berupa musik intro atau pemuka video dan outro atau musik penutup. 

Dengan adanya musik ini, kamu bisa menyisipkan logo channel di bagian gambarnya supaya pengunjung bisa ingat dengan channel YouTube kamu. Namun musik yang kamu gunakan harus asli milikmu ya, agar tidak terkena copyright.

4. Judul dan Thumbnail Menarik

Supaya channel YouTube kamu semakin ramai dikunjungi oleh khalayak dengan membuat judul beserta thumbnail yang unik dan menarik. Buatlah judul sesuai dengan konten yang kamu buat lalu sisipkan keyword di dalamnya. Kemudian, buat juga thumbnail yang mencolok dan unik, namun tetap mencerminkan isi video kamu.

5. Ada Giveaway

Siapapun itu pasti tidak ada yang tidak tertarik dengan hadiah gratis, ada banyak YouTuber menerapkan giveaway untuk menarik perhatian pengunjung YouTube. Jika kamu melakukan cara ini secara rutin dan konsisten, maka pengunjung akan sering  mampir di channel YouTube kamu untuk melihat giveaway sekaligus melihat video yang ada di dalamnya. 

Meskipun ada beberapa syarat untuk mengikuti giveaway, misalnya menonton suatu video hingga habis, melakukan like, subscribe, dan share video, dan lainnya namun cara ini cukup direkomendasikan.

Jangan sampai kamu terlewatkan sejumlah informasi tambahan berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa cara promosi channel YouTube di Google Ads. Ingat untuk menjadi konten kreator harus konsisten dalam membuat karya konten yang menarik, jika tidak maka hal itu hanyalah sia-sia saja.
Related Posts