taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Cara Menghitung Modal Usaha Pakaian

Inilah Cara Menghitung Modal Usaha Pakaian

Memulai bisnis memang membutuhkan persiapan, salah satunya menghitung modal. Apabila Anda tertarik membuka usaha pakaian, kali ini kami akan membantu memberikan informasi mengenai cara menghitung modal usaha pakaian.
Cara Menghitung Modal Usaha
Dengan menghitung modal awal, maka pelaku usaha dapat membuat perkiraan keuntungan yang akan didapatkan nanti.

Cara Menghitung Modal Usaha Pakaian

Berikut ini cara menghitung modal usaha pakaian yang perlu diperhatikan:

1. Menjumlahkan Modal Kerja, Modal Operasional, dan Modal Investasi

Untuk menghitung modal awal usaha bisa dengan menjumlahkan modal kerja, modal operasional, dan modal investasi. Modal kerja adalah seluruh anggaran yang Anda perlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bahan baku atau barang untuk kepentingan pengembangan bisnis.

Modal operasional adalah seluruh anggaran yang dapat menunjang kelancaran aktivitas operasional suatu usaha. Modal investasi adalah seluruh anggaran yang dapat Anda gunakan untuk membeli alat penunjang bisnis dengan nilai tinggi. Alat tersebut dapat Anda pakai selama usahanya beroperasi.

2. Biaya Belanja Operasional Ditambah Belanja Modal

Belanja operasional (Operational Expenses) adalah jenis modal yang khusus digunakan untuk kepentingan operasional seperti biaya listrik bulanan, telepon, sewa lahan usaha, sampai gaji karyawan. Modal ini bersifat berkala. Anda dapat membuat anggarannya selama jangka waktu tertentu.

Belanja modal (Capital Expenses) adalah jenis modal pengadaan aset yang bersifat tetap seperti, membeli beberapa alat penunjang bisnis, kendaraan, atau perlengkapan lain. Pembelian barang tersebut biasanya digunakan dalam jangka waktu lama.

3. Menghitung Prive, Modal Akhir, dan Laba

Ketiga, cara menghitung modal usaha pakaian melalui perhitungan prive, modal akhir, dan laba. 
Prive adalah penarikan dana oleh pemilik usaha bisa untuk kepentingan pribadi atau bisnis.
Laba adalah keuntungan yang diperoleh dari aktivitas usaha.

4. Menghitung Modal Awal dari Pendapatan, Prive, Pajak, Beban, dan Modal Akhir

Terakhir, modal usaha dilakukan dengan menggabungkan semua perhitungan menjadi satu. Pendapatan adalah seluruh pemasukan yang telah diperoleh dalam suatu aktivitas bisnis yang telah Anda jalankan. 
Beban adalah berbagai hal yang menjadi kewajiban pemilik usaha yang bersifat menurunkan manfaat enonomi.

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Pakaian

Jika Anda akan memulai usaha pakaian dari nol, perhatikan beberapa hal penting berikut ini untuk meminimalisir kerugian :

1. Melakukan Riset Pasar

Sudah banyak contoh dimana para pebisnis pemula malas melakukan riset pasar termasuk memulai bisnis pakaian. Padahal riset adalah hal  penting karena Anda dapat merumuskan masalah, mengumpulkan data dan membuat laporan. Hal tersebut dapat menjadi pedoman untuk menentukan strategi pemasaran sebelum memulai bisnis.

2. Membuat Strategi Marketing

Setelah melakukan riset pasar, selanjutnya buatlah strategi marketing. Langkah yang Anda gunakan akan mempengaruhi pada rincian modal pakaiannya nanti. Banyak strategi marketing yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan memaksimalkan perkembangan teknologi dan media sosial.

3. Menentukan Supplier

Apabila kemampuan memproduksi produk sendiri belum bisa Anda lakukan, solusinya dengan mencari supplier dari produk yang Anda inginkan. Hal ini biasanya menjadi tantangan bagi pemula. Pastikan supplier memiliki alamat jelas. Lihatlah bagaimana testimoni para konsumennya, dan stoknya selalu tersedia.

4. Menerapkan Pelayanan Terbaik pada Customer

Tidak hanya cara menghitung modal usaha pakaian saja yang harus diperhatikan, seorang pebisnis juga harus bisa menerapkan terbaiknya. Jenis konsumen itu banyak, ada yang tidak ribet, tidak banyak nanya, dan sebaliknya. Oleh sebab itu, sangat penting menetapkan standar pelayanan terbaik untuk usaha Anda. Dengan begitu, mereka akan menjadi pelanggan setia.

Anda bisa menambah informasi dengan menyimak sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





itulah informasi yang bisa diberikan tentunya perihal cara menghitung modal usaha pakaian, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda semua. 
Related Posts