taupasar.com

we read, we create and we share it.

6 Toko Peralatan Bonsai Terdekat di Malang Terlengkap

6 Toko Peralatan Bonsai Terdekat di Malang Terlengkap

Bonsai adalah tanaman yang sengaja dikerdilkan dalam wadah dangkal dengan teknik khusus. Seni menanam pohon dari Jepang ini membutuhkan keahlian dan peralatan khusus agar dapat dinikmati keindahannya. Apakah ada toko perlengkapan bonsai terdekat di Malang?
Toko Peralatan Bonsai Terdekat
Malang adalah kota dingin yang sangat cocok untuk budidaya bonsai. Di daerah ini terdapat berbagai macam jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai. Tanaman yang dibuat menjadi bonsai umumnya memiliki pohon berbatang keras (berkayu).

Pohon yang berbuah dan kadang-kadang pohon yang berbunga juga sangat direkomendasikan. Letak keindahan bonsai biasanya dinilai dari keseimbangan ukuran batang, daun, ranting, bunga atau buah dan pot yang digunakan. Sehingga, pot yang digunakan harus yang mendukung suasana tanaman atau pohon yang ditanam.

Keindahan sebatang bonsai tidaklah tercipta dalam sekejap mata. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk menanam, membentuk, dan merawatnya. Akan tetapi, kesabaran itu akan berbuah manis. Sebatang bonsai yang indah dan tak ternilai harganya akan terpampang di depan mata.

Tanaman yang Cocok Untuk dijadikan Bonsai

Tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai meskipun berbatang keras, semua berkaitan dengan hasilnya. Ada juga yang dapat dipadukan dengan tanaman lain sehingga menghasilkan tanaman bonsai yang unik dan cantik. Beberapa tanaman yang dapat dijadikan bonsai tersebut adalah sebagai berikut:

1. Asam

Tanaman asam  ini mempunyai kelebihan pada akar dan batangnya yang keras dan kokoh sehingga terkesan tua jika dijadikan bonsai. Selain itu tekstur kulit batang asam yang unik berpadu dengan daun nya yang cantik dan estetik membuatnya menjadi bonsai yang indah.

2. Beringin (Ficus Benjamina)

Beringin apabila dijadikan bonsai memiliki banyak kelebihan dan keunggulan seperti memiliki daun yang rimbun. Akar dapat dibentuk dalam berbagai gaya. Juga mudah beradaptasi meskipun dalam media yang terbatas.

3. Cemara

Cemara adalah salah satu tanaman yang termasuk mudah dijadikan bonsai dan juga menghasilkan bonsai yang menarik. Baik dijadikan satu dengan beberapa batang pohon atau sendirian tetap menghasilkan bonsai yang menarik

4. Jeruk

Banyak jenis jeruk yang terlihat sangat cantik dan menarik untuk dijadikan bonsai. Karena saat tanaman ini sudah menjadi bonsai terlihat seperti pohon kecil yang cantik dan penuh buah. Apalagi juga memiliki aroma khas yang menyegarkan ruangan.

Untuk mengimbangi keindahan buah yang dimiliki tanaman jeruk, agar terlihat lebih indah maka sebaiknya Anda memilih yang berbentuk pohon dan bukan yang dari jenis perdu. Sehingga hasilnya akan lebih terlihat tua dan keras.

5. Kelapa

Yang dulu tidak pernah terpikirkan dan sekarang malah dijadikan bonsai adalah tanaman kelapa. Akhir-akhir ini bonsai kelapa menjadi hits di kalangan pecinta bonsai dan tanaman hias karena keunikannya.
Peralatan yang Harus Disediakan Sebelum Menanam Bonsai

Sebelum mulai membuat bonsai maka sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang diperlukan. Sehingga tidak akan mengganggu prosesnya untuk membuat tanaman hias cantik ini.

Peralatan Membuat Bonsai

1. Gunting dengan Pegangan Lebar

Gunting ini biasa digunakan untuk memotong batang yang keras karena mempunyai pegangan yang cukup lebar. Pastikan gunting tajam dan bersih sehingga tidak membuat tanaman tercemar bakteri atau penyakit.

2. Gunting Gagang Panjang

Gunting dengan gagang panjang ini di manfaatkan untuk pemangkasan ringan atau yang kecil-kecil seperti memangkas ranting kecil dan daun. Sehingga menjadi lebih rapi dan cantik dipandang.

3. Tang Bersisi Miring

Tang yang mempunyai sisi miring ini dapat membuat pekerjaan kita menjadi ringan dan rapi. Karena biasanya digunakan untuk memotong cabang yang halus.

4. Meja Putar

Meja putar dapat memudahkan pembentukan dan perawatan tanaman dengan seksama. Tanpa harus berpindah tempat terlebih dahulu sehingga tidak merusak konsentrasi. Selain itu juga memudahkan mengulang proses yang terlewatkan.

5. Penggaruk Tanah

Fungsi utama dari alat penggaruk tanah ini adalah untuk mengorek akar bonsai. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

6. Kuas

Kuas ini digunakan untuk membersihkan bekas-bekas pada pot setelah direpotting. Sehingga dapat bersih dengan sempurna.

Itulah beberapa peralatan yang dapat Anda siapkan dengan baik sebelum memulai membuat bonsai ini. Dengan peralatan yang lengkap maka Anda akan dapat menghasilkan bonsai yang bagus dan tumbuh dengan baik.

6 Toko Peralatan Bonsai Terdekat di Malang

Bagi Anda yang berdomisili di Malang dan memiliki hobi menanam bunga dan ingin mencoba menanam bonsai, berikut 6 toko perlengkapan bonsai terdekat di Malang. Yang dapat Anda datangi untuk membeli peralatan bonsai.

1. Bonsai Malang

Toko yang menyediakan berbagai macam bonsai, bahan bonsai & perlengkapan yang diperlukan untuk merawat bonsai di kota Malang. Location: Jl. Segaran 3 Nomor 3, Banjararum, Singosari, Malang. Telp:  0851-0059-1605.

2. UNK Pot Bonsai

Wholesaler: perum Istana Bedali Agung AD-8,lawang, Malang · 0821-4324-2988. Selain pilihan pertama di atas, Anda juga bisa mencari berbagai macam hal atau kebutuhan yang berkaitan dengan bonsai pada toko yang satu ini.

3. Bonsai Barokah

Nursery & gardening Jl. Galunggung, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang. Dengan alamat tersebut, Anda bisa mendatangi, mencari dan juga mendapatkan sejumlah alat yang dibutuhkan. Toko ini menjadi salah satu toko yang banyak dijadikan pilihan.

4. Bonsai Pak Awin (Kab. Malang)

Terletak di Jl. Seruni Gg. I, Sengkaling, Mulyoagung, Kec. Dau, Malang. Toko ini juga tak ingin kalah dengan sejumlah pilihan toko peralatan bonsai terdekat di Malang yang sebelumnya. Sama seperti pada toko lainnya, Anda bisa mencari berbagai macam kebutuhan terkait merawat tanaman bonsai di toko ini.

5. Museum Bonsai Polbar

Cultural center Jl. Cakalang/Polowijen I No.258, Malang · 0838-3474-4929. Lagi, masih terletak di kota Malang tentunya, pilihan toko Peralatan Bonsai yang satu ini juga layak dan bisa dijadikan referensi dan tempat yang mumpuni untuk bisa mendapatkan alat-alat untuk menyalurkan hobi Anda dalam merawat tanaman bonsai.

6. Idola Bonsai

Art gallery Jl. Patimura No.1, Batu · 0896-1307-2638. Last but not least, Toko peralatan bonsai di Malang yang satu ini juga cukup direkomendasikan. Tak heran toko ini memiliki cukup banyak pelanggan setia.
 
Selain dibutuhkan niat kuat dan kesabaran yang tinggi, menanam bonsai juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi semua itu akan terbayarkan setelah bonsai yang indah tercipta di depan mata. 

Menikmati keindahannya dengan duduk santai di teras sepulang kerja, menyeruput secangkir kopi sambil memandang keindahan bonsai tentu akan menghilangkan penat setelah seharian beraktifitas.

Anda juga bisa menyimak informasi lainnya yang tak kalah menarik, tepat dibawah ini.

Baca juga:





Demikian ulasan mengenai tanaman bonsai dan 6 toko peralatan bonsai terdekat di Malang. Semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin semangat untuk segera menanam bonsai.

Penulis: Rien
Related Posts