taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mencari Investor Usaha Kuliner untuk Anda Coba

Cara Mencari Investor Usaha Kuliner untuk Anda Coba 

Inilah cara mencari investor usaha kuliner yang bisa Anda coba. Artikel ini akan berisi informasi mengenai bagaimana Anda bisa mendapatkan investor demi kelancaran usaha kuliner Anda. Silahkan simak artikel ini dengan seksama.
Cara Mencari Investor Usaha
Anda sebagai pengusaha pasti membutuhkan dana untuk menjalankan usaha Anda. Nah, Anda bisa memanfaatkan peran investor disini untuk membantu masalah pendanaan usaha Anda. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, berikut ini beberapa diantaranya.

5 Cara Mencari Investor Usaha Kuliner

Dalam bidang bisnis dan usaha, mencari investor bukanlah sesuatu yang mudah. Namun meskipun begitu, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk Anda bisa mendapatkan investor. Untuk itu, ini 5 cara mencari investor usaha kuliner.

1. Membuat List Calon Investor

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat list calon investor.  Sebelum memilih investor yang tepat untuk startup Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan daftar investor target yang Anda inginkan.

Anda bisa membuat daftar nama yang kemungkinan akan menyuntikkan uang ke perusahaan Anda. Selain modal, calon investor juga membutuhkan banyak ide menarik yang dapat membantu mereka mengembangkan bisnis masternya.

2. Mengajukan Proposal

Langkah berikutnya adalah mengajukan proposal. Proposal ini berperan sebagai jembatan antar perusahaan untuk tambahan modal, baik melalui investor maupun dana pinjaman.

Memberikan proposal yang menarik dan kontekstual dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap reputasi bisnis Anda. Penting untuk membuat penawaran Anda semenarik mungkin sehingga Anda dapat dengan mudah menarik calon investor.

Proposal harus mencakup visi rinci perusahaan dan misinya, lokasi arus kas perusahaan, dan rencana bisnis masa depan.

3. Melakukan Presentasi dengan Baik

Setelah memberikan proposal kepada calon investor, cara mencari investor selanjutnya adalah dengan memberikan presentasi. Sampaikan presentasi Anda semenarik mungkin. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan calon investor terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Meskipun semua bagian dari presentasi mungkin telah dibaca oleh calon investor, presentasi tersebut tetap memiliki dampak terbesar pada "rasa" calon investor. Presentasi yang baik dan elegan dengan mudah menarik perhatian calon investor.

Di sini Anda dapat membuat slide presentasi sederhana yang menarik dan mudah dipahami. Slide presentasi tidak perlu mengandung banyak kalimat. Tulis saja poin yang ingin Anda sampaikan, tambahkan animasi kecil untuk mendapatkan perhatian calon investor.

Dari slide sederhana ini, Anda perlu menguraikan manajemen keuangan Anda, tim perusahaan Anda, dan prospek bisnis Anda kedepannya akan seperti apa.

4. Menjelaskan Resiko Usaha

Bukan rahasia lagi bahwa semua jenis bisnis, besar dan kecil, berisiko. Risiko usaha dapat dikatakan bernilai negatif, namun tetap perlu dijelaskan secara jelas sebagai salah satu cara mencari investor usaha kuliner yang lainnya.

Jangan sembunyikan resiko dari bisnis yang Anda jalankan. Dengan Anda melakukan itu  akan mengurangi rasa hormat dari calon investor. Calon investor perlu mengetahui kendala yang mungkin dihadapi perusahaan.

Dengan menjelaskan risiko yang mungkin dihadapi perusahaan, investor dapat memberikan masukan atau saran untuk memitigasi risiko tersebut.

5. Buat Strategi Usaha Kuliner Anda

Tujuan utama seorang pengusaha mencari investor tentu saja untuk memperoleh tambahan modal agar usaha yang dijalankannya dapat berjalan dengan lancar. Tetapi tanpa strategi bisnis yang matang, ini terbukti tidak memadai.

Namun, keduanya tidak bertentangan. Anda perlu menjelaskan strategi bisnis yang Anda miliki. Semakin matang dan berkualitas strategi bisnis Anda, semakin mudah bagi investor untuk memberikan tambahan modal.

Strategi bisnis yang terorganisir dengan baik juga dapat memberikan perspektif bisnis masa depan. Ini karena banyak perusahaan besar mengalami kemunduran dan bahkan kebangkrutan karena strategi mereka yang belum matang dan tidak stabil.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Meskipun mencari seorang investor adalah hal yang tidak mudah, namun Anda bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa cara untuk mencari investor usaha kuliner seperti yang dijelaskan diatas.

Dengan Anda melakukan cara-cara tersebut, tidak menutup kemungkinan untuk Anda bisa mengmebangkan usaha kuliner yang Anda jalankan menjadi lebih sukses dengan bantuan dana dari para investor.

Penulis: Rizal
Related Posts