taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Menjadi Pengusaha Dibidang Kuliner Mudah Dilakukan

7 Tips Menjadi Pengusaha Dibidang Kuliner Mudah Dilakukan


Bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan dalam dunia perbisnisan. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan makanan itu sudah menjadi kebutuhan yang banyak dicari dan menjadi prioritas setiap orang. 
Tips Menjadi Pengusaha
Perkembangan kuliner zaman sekarang ini juga semakin pesat. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner.

Tingginya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan, yang membuat banyak orang tergerak ingin menjalani usaha kuliner.

Meskipun hanya memiliki modal kecil, tapi bisnis kuliner ini bisa lho segera dimulai. Tapi sebelum melakukannya, kamu harus pelajari dulu beberapa tips menjadi pengusaha di bidang kuliner. Pastinya tips ini sangat mudah dilakukan apalagi bagi pemula.

Penasaran bukan? Berikut penjelasan tips menjadi pengusaha dibidang kuliner yang harus kamu ketahui, check it out!

Tips Menjadi Pengusaha Dibidang Kuliner

1. Matangkan Usaha yang Diinginkan

Jika kamu ingin terjun ke dunia usaha kuliner, tips pertama yang harus dilakukan adalah menentukan dan mematangkan usaha kuliner apa yang mau dijalankan.

Ada banyak jenis kuliner yang dapat kamu gunakan, dari masakan tradisional hingga modern. Kamu juga bisa menjalankan usaha kuliner dari negara lain, seperti Korea Selatan yang saat ini banyak digandrungi oleh anak muda.

Pastikan kamu memiliki keunikan, value, harga yang memang sangat perlu dipikirkan sejak awal membuka usaha ini.

Tentunya dalam hal ini penting untuk melakukan pengamatan serta survei lapangan. Maka dari itu matangkan juga darimana bahan baku yang bisa diperoleh dan tempat penyimpanan bahan baku. 

Tentukan juga usaha kuliner yang kamu jalankan ini menggunakan konsep pemasaran apa. Kamu bisa menggunakan pemasaran secara online dengan bermitra bersama Go Food, Shopee Food, Grab Food, dan lainnya.

Menjalankan bisnis ini memang harus dari keinginan dari kamu, jangan hanya mengikuti trend saja karena hal itu lama kelamaan bisa menghilang.

2. Lakukan Survei Pasar

Tips menjadi pengusaha dibidang kuliner yang harus kamu lakukan adalah melakukan survei pasar dan tentukan potensinya.

Dengan melakukan tips ini kamu bisa mengetahui bagaimana harga ataupun persaingan yang ada di pasar serta potensi bisnis yang akan kamu jalankan.

Melakukan sebuah survey ini memang cukup penting untuk dilakukan dan jangan sampai kamu menyepelekannya. 

Pasalnya, dari survei yabg kamu lakukan inilah bisa dengan mudah mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner kamu.

3. Intip Kompetitor

Banyak yang tak mengetahui bahwa melakukan riset yang satu inilah sangat penting untuk dilakukan sebelum menjalankan sebuah bisnis kuliner. 

Kenapa? Karena dengan melakukan hal ini, kamu jadi bisa mengungguli kompetitor bisnis kamu dengan cara yang mudah. Caranya? Mudah kok. Kamu tinggal mengunjungi rumah makan di lokasi di mana ingin menjalankan bisnis kamu.

Namun kamu jangan cuma duduk saja, pesanlah makanan, dan pulang setelah kenyang. Perhatikan juga ya fasilitas apa saja yang disediakan kompetitor berikan di rumah makan tersebut, keunikannya, menunya, harganya, hingga desain interior di restoran tersebut. 

Kemudian kamu catat apa-apa saja yang menurut kamu bisa ditingkatkan dan terapkan hal tersebut terhadap usaha yang kamu jalanan. 

Yakin deh, dengan cara ini kamu bisa beberapa tingkat lebih baik dibandingkan dengan rumah makan yang menjadi kompetitor tersebut.

4. Bikin Nama Usaha yang Unik dan Menarik

Perlu kamu ketahui betapa pentingnya untuk menciptakan nama atau merek usaha yang kamu jalankan. 

Pastinya hal ini bermanfaat agar usaha kuliner kamu dapat dikenali calon konsumen melalui lapak atau yang mencarinya di Google Maps. 

Pastikan menggunakan nama usaha yang unik dan kreatif, pilihlah nama yang nyantol dengan produk yang kamu buat. 

Jadi jika nama usaha kamu terdiri dari dua kata, maka salah satu kata tersebut merupakan keyword dari jenis menu yang kamu jual. Sedangkan kata yang lainnya adalah nama yang kamu ciptakan. 

Nama-nama item menu alangkah sebaiknya dibuat sekreatif mungkin agar bisa menarik perhatian konsumen. Sebagai pendatang baru dalam usaha kuliner, tentunya produk kamu perlu menarik perhatian secara penamaan, rasa maupun harganya.

5. Promosi yang Tepat

Tips menjadi pengusaha dibidang kuliner dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha ke banyak orang untuk cara memulai usaha kuliner yang tepat. 

Cara memulai usaha kuliner ini pasti berhasil jika kamu bisa memuaskan konsumen dan nantinya bisa menjadi pelanggan setia kamu.

Lewat pelanggan setia inilah, cerita tentang keunggulan usaha kuliner kamu akan menyebar ke publik. Bila ada dana lebih, tak ada salahnya kamu mempromosikan usaha dengan media, seperti spanduk, papan nama, pamflet, leaflet, atau lewat jejaring sosial yaitu Facebook, Instagram, atau Twitter.

6. Mengembangkan Usaha Kuliner

Apabila kamu telah membuka usaha kuliner ini maka langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha kamu.

Tujuannya agar kamu bisa menjual lebih banyak produk dan mendapatkan lebih banyak pelanggan lagi. Cara pengembangan usaha dapat dilakukan kamu lakukan dengan cara : 
  • Menambahkan menu-menu atau varian produk kuliner baru
  • Membuka cabang atau outlet baru
  • Merekrut sumber daya manusia atau tenaga kerja baru 
  • Menambah modal, dengan cara mengajak investor atau partner bisnis; atau pinjaman dari bank
7. Memiliki Izin Usaha

Agar usaha kuliner kamu aman dan nyaman tips yang yang harus kamu lakukan adalah mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat.

Jika usaha kuliner kamu semakin berkembang dan besar, ada baiknya kamu segera mengurus Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usaha yang kamu jalani. Mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa kamu mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usaha kuliner kamu ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sebelum beranjak, kamu bisa mendapatkan sejumlah informasi yang tak kalah menarik berikut ini.

Baca juga:





Nah, demikian informasi 7 tips menjadi pengusaha dibidang kuliner yang bisa kamu lakukan meskipun sebagai pemula. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu yang mau terjun ke dunia bisnis kuliner ini, semoga berhasil.

Penulis: Putri Geo
Related Posts