taupasar.com

we read, we create and we share it.

Yuk Simak 8 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Diusia Muda

Yuk Simak 8 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Diusia Muda 

Menjadi Pengusaha muda yang sukses mungkin hanya beberapa orang saja yang berhasil untuk menggapainya. Hal ini bukan berarti sangat sulit untuk digapai, akan tetapi memang membutuhkan effort lebih untuk dapat mewujudkannya. 
Tips Menjadi Pengusaha Sukses
Barangkali memang hal ini seolah hanya sebatas angan-angan semata, sebab banyaknya perjalanan yang perlu untuk disiapkan. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin jika Anda bisa melaluinya. 

Sebagaimana pepatah mengatakan bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Hal ini seolah menjadi sebuah petunjuk untuk bisa mencapai target menjadi pengusaha muda yang sukses. 

Butuh banyak hal yang perlu dipelajari, dikorbankam, jatuh bangun dan hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki semangat dan tahan banting. Adapun beberapa tips untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda coba diantaranya sebagai berikut:

Tips Menjadi Pengusaha Sukses Diusia Muda

1. Tentukan Tujuan Hidup Anda

Sebagai pijakan awal untuk menuju kesuksesan perlu adanya tujuan yang perlu ditetapkan. Hal ini yang nantinya akan mengubah jalan hidup Anda, mulai dari pola pikir hingga cara menghabiskan waktu yang tepat. 

Sebab diantara para pemuda pada umumnya lebih suka menghabiskan waktu untuk menikmati masa mudanya, mulai dari bersenang-senang bersama teman sebaya yang mana hal tersebut tidak terlalu penting untuk masa depan Anda.

Sedangkan apabila Anda sudah memiliki tujuan hidup, maka sedikit banyak apa yang Anda lakukan akan mengarah pada tujuan tersebut. Jadi tidak hanya sekedar menghabiskan masa muda saja akan tetapi mempunyai tujuan yang akan dicapai di kemudian hari tersebut. 

Misalkan tujuan ingin menjadi pengusaha ayam bakar sukses, jadi sedikit banyak apa yang Anda lakukan sekarang adalah upaya untuk menuju tujuan tersebut.

2. Fokus pada Tujuan

Setelah menentukan tujuan hidup yang Anda bangin sendiri, selanjutnya adalah mulai menata langkah agar tetap fokus menjalankannya. 

Bukan berarti tidak melakukan aktifitas lain diluar tujuan, akan tetapi jika terjadi hal-hal yang mengarah pada pemanfaatan eaktu yang percuma mulai kembali fokus pada tujuan awal yang telah Anda bangun sendiri.

Pada tahap ini kadang terasa midah dan juga sulit, sebab hanya diri Anda sendiri yang nantinya akan menentukan batasan sampai mana titik luar fokus yang boleh untuk dilampaui dan sebaliknya seberapa luas kelonggaran yang Anda buat. 

Jika telalu berlebihan dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan buruk nantinya. Anda jadi mudah melanggar batasan apapun yang Anda buat untuk diri sendiri.

3. Keluar dari Zona Nyaman

Tips selanjutnya yang bisa Anda mulai sejak muda adalah keluar dari zona nyaman yang seringkali menjadikan kita lebih suka menikmati hidup ketimbang berdusah payah terlebih dahulu. 

Pasalnya memang zona nyaman akan memberikan berbagai kenikmatan yang layak untuk dinikmati, akan tetapi jika menjadikan Anda enggan untuk mencoba hal baru pasti akan sangat disayangkan. 

Maka dari itu untuk menjadi pengusaha muda yang sukses pastinya harus mengorbankan masa muda untuk berusaha segiat mungkin. 

Karena waktu akan terus berjalan tanpa memperdulikan kesiapan Anda dan kita semua dalam menghadapi hari esok. Anda bisa mulai mencari aktofotas baru yang mengasah skill apa yang ada dalam diri Anda.

4. Bekerja Keras dan Pantang Menyerah

Setelah memutuskan untuk keluar dari zona nyaman seolah sebagai cambuk diri untuk dapat bekerja keras alias mendapatkan pengalaman dan hasil secara mandiri. 

Anda bisa memulai berbagai hal baru baik dari segi pengalaman maipun penghasilan. Atau beragam aktifitas lain yang menunjang untuk masa depan lebih baik. 

Tidak akan pernah ada alasan untuk tidak bekerja keras selama hidup ini. Maka dari itu mulailah untuk melakukannya sebab tidak mudah dilakukan, membutuhkan effort yang besar serta kemaian yang keras. Jika dalam waktu tersebut, pasti sedikit banyak maka Anda akan secara otomatis terdidik untuk tahan banting.

5. Habiskan Masa Gagal dan Terus Berusaha

Dalam menapaki perjalanan baik berupa bisnis apapun pasti akan mengalami masa-masa sulit yang tidak mengenakkan. Hal ini sangatlah wajar terlebih jika memang belum memiliki pengalaman apapun sebelumnya. 

Selain belajar dari para ahlinya, Anda juga bisa mengamati perjalanan bisnis dan mengevaluasinya secara berkala. Dengan begitu Anda akan lebih cermat dalam mengambil keputusan saat berbisnis.
Jarang sekali para pengusaha atau oengelola bisnis yang langsung berhasil tanpa mengalami kegagalan meski hanya sekali. 

Karena proses tersebut perlu dilalui untuk mendapatkan jalan yang tepat sesuai dengan sasaran Anda. Maka habiskanlah masa gagal dengan terus mencoba hal-hal yang belum pernah Anda lakukan. Pahami ritmenya maka Anda akan mendapatkan ilmu yang berharga di setiap harinya.

6. Belajarlah Berbagai Hal Termasuk Finansial

Selain mempelajari terkait usaha atau bisnis yang akan digeluti, Anda juga perlu mengetahui ritme atau pengelolaan keuangan baik untuk pribadi maupun untuk usaha Anda nantinya. Karena tidak sedikit diantara para pengusaha senior yang gulung tikar akibat pengelolaan finansial yang buruk. 

Jadi bukan suatu hal yang sia-sia jika Anda juga mulai.mempersiapkannya sejak sebelum memulai bisnis apapun nantinya.

Hal ini termasuk salah satu langkah konkrit untuk menjadi pengusaha muda yang sukses, semakin dini Anda mempelajari persoalan finansial maka akan semakin cepat pula Anda akan mendapatkan kesusksesan yang Anda impikan. 

Sebab untuk dapat dikategorikan sukses sebenarnya bagaimana Anda mampu menjalankan usaha dengan baik dari segi pengadaan barang atau perputaran keuangan Anda.

7. Mulai Menyisihkan Pendapatan

Sebagai anak muda memang tidak semua memiliki modal yang besar untuk memulai usaha. Ada yang masih bergantung pada orang tua, keluarga atau bahkan orang lain untuk dapat memperoleh yang diusahakan.

Nah hal ini yang membutuhkan ketekunan Anda untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk dapat membuat usaha baru. Pastinya hal ini tidsk mudah akan tetapi dengan begitu Anda akan lebih giat dalam menjalankan usaha milik pribadi.

Selain untuk membuat usaha pribadi, untuk mencapai target menjadi pengusaha yang sukses membutuhkan keuletan dalam berbagai hal. Mulai dari mencari peluang, mempelajari pola usaha, memilih tempat usaha, mengumpulkan modsl dan lain sebagainya. 

Anda bisa memulai memperoleh pendapatan dengan mencoba usaha tanpa modal seperti menjadi makelar properti, mambuka jasa desain atau skill yang dimiliki lainnya dan lain sebagainya.

8. Lakukan dengan Seimbang Antara Usaha dan Doa

Diantara berbagai tips yang telah disebutkan diatas Anda perlu mengimbanginya dengan berdoa. Pastinya hal ini memang tampak klise tapi yang jelas setiap usaha pasti ada hasilnya. 

Bisa jadi hari ini atau esok dan lusa. Meski kadang yang didapatkan bukan sepenuhnya sesuai dengan harapan, akan tetapi disitu pasti akan ada hikmah atau pelajaran yang bisa Anda dapatkan.

Keduanya ibarat sepasang yang harus berimbang antara satu dnegan yang lain. Maka dari itu selain memaksimalkan usaha jangan lupa untuk berdoa baik secara mandiri maupun meminta doa kepada orang-orang terdekat terutama orang tua. 

Anda juga bisa melengkapi informasi yang didapat dengan menyimak sejumlah artikel menarik berikut ini.

Baca juga:





Beberapa tips menjadi pengusaha sukses tersebut bisa Anda pelajari dan disesuaikan dengan kondisi Anda. Tidak semua hal harus disamakan dan diambil mentah-mentah, akan tetapi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 
Related Posts