taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Ide Usaha yang Menarik dan Menghasilkan Cuan

10 Ide Usaha yang Menarik dan Menghasilkan Cuan

Krisis dunia yang dipicu oleh serangan Covid telah meluluhlantakkan ekonomi masyarakat. Banyak usaha baik perusahaan besar, mikro, maupun kecil mengalami kerugian. Bahkan sebagian besar telah gulung tikar. Ide usaha yang menarik dan menghasilkan uang tentu sangat dibutuhkan untuk mengatasi krisis ekonomi.
Ide Usaha yang Menarik
Mendirikan sebuah usaha, tentu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan tekad kuat, mental baja, dan jiwa pantang menyerah. Ide-ide kreatif yang juga sangat dibutuhkan untuk memulai usaha baru yang menghasilkan uang.

10 Ide Usaha yang Menarik 

Beberapa usaha mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda untuk dicoba, atau memang tidak mengetahui. Namun sebenarnya selalu ada dan tersedia di sekitar kita, selagi kita mau mencobanya. Semuanya sama-sama dapat menghasilkan uang. Beberapa ide usaha yang menarik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar meskipun agak melelahkan. Karena sebesar apapun  sebuah krisis ekonomi melanda, namun semua orang akan tetap  butuh makan. 

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa bisnis kuliner akan membutuhkan modal yang besar. Padahal tidak semua  bisnis kuliner juga selalu membutuhkan modal yang besar. Bahkan terkadang ada yang tanpa modal sama sekali.

ide usaha yang menarik dengan menjalankan bisnis kuliner yang menarik antara lain:
  • Berjualan kue
Jika Anda menyukai kegiatan memasak dan jago membuat kue, maka bisnis ini sangat menjanjikan. Jika tak pandai memasak pun, tetap bisa berjualan. Hubungi tukang kue di sekitar tempat tinggal. Tawarkan diri untuk membantu menjual kue. Sediakan tempat/meja di lokasi yang strategis, atau bisa juga dengan berjualan keliling.,
  • Menjual Bento Atau Bekal Sekolah
Anak sekolah jaman sekarang jadwalnya padat bahkan ada yang full day school. Tidak semua orang tua mau dan mampu menyediakan bekal sekolah. Hubungi pihak sekolah atau koordinator kelas untuk menawarkan diri menyediakan catering bekal sekolah.
  • Menjual Oleh-oleh Khas Daerah Tertentu di Marketplace atau Medsos
Hubungi produsen oleh-oleh daerah tertentu dan mendaftar lah menjadi reseller/dropshipper. Mulai promosikan dagangan Anda di marketplace atau akun media sosial yang dimiliki.

2. Menjadi Dropshipper

Ide usaha yang menarik ini dapat dilakukan meskipun tidak memiliki modal,  sehingga modal bukanlah alasan untuk takut memulai usaha. Anda dapat menghubungi secara langsung agen, pabrik, penerbit produk tertentu yang ingin Anda jual. Daftarkan diri menjadi reseller atau dropshipper dari produk mereka.

Pada umumnya seorang marketing akan mendapatkan komisi yang cukup menggiurkan berkisar antara 25-40%. Sementara modal yang Anda perlukan hanyalah tekad yang kuat dan rajin promosi, Anda dapat melakukannya melalui berbagai media.

3. Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber juga merupakan salah satu ide usaha yang menarik untuk dilakukan, karena jaman sekarang dapat menghasilkan pendapatan yang besar. Ketika sudah mempunyai banyak subscriber bukan hanya mendapatkan adsense saja namun juga dapat menerima endorse.

Anda dapat memulainya dengan membuat video pendek dengan modal smartphone, dan mengunggahnya di kanal YouTube. Selain menjadi youtuber Anda dapat menghasilkan uang dengan menjadi content creator video dengan mengunggah video pendek di Tiktok, Instagram, dan Facebook. 

4. Menjadi Ghost Writer 

Jika memiliki kemampuan menulis, ghost writer adalah pekerjaan yang menarik dan menghasilkan uang. Mahasiswa, tokoh masyarakat, artis, dan pejabat biasanya membutuhkan jasa ghost writer saat hendak menulis biografi. 

Karena tidak semua orang dapat menuliskan kisahnya dengan baik, atau mempunyai ide cerita namun tidak dapat menuliskannya. Sehingga menghubungi ghost writer agar dapat menyusun cerita yang menarik dalam sebuah buku.

5. Berjualan Minuman Kekinian

Menjual minuman jelly atau boba juga dapat menjadi ide usaha yang menarik untuk dilakukan. Anda dapat menjualnya di tempat-tempat yang cukup ramai, misalnya di dekat perkantoran, sekolah, pasar, kawasan pertokoan dan di pinggir jalan.

Ketika cuaca sedang panas terik, orang akan menjadi tergoda untuk membelinya karena haus. Apalagi jika minuman tersebut terlihat segar dan berwarna-warni. Dengan harga yang terjangkau maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

6. Menjadi Blogger

Jika memiliki hobi menulis, menjadi blogger adalah ide menarik. Tulislah kegiatan keseharian Anda yang yang menarik pembaca. Undang teman-teman dan promosikan blog tersebut di akun media sosial. Jika jumlah kunjungan besar, maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari adsense. 

7. Usaha Pakaian Bekas

Usaha pakaian bekas atau kerap disebut sebagai thrifting ini juga sedang trend dan hits di zaman sekarang. Dengan membeli pakaian bekas berkarung-karung kemudian dicuci dan diseterika maka pakaian tersebut menjadi seperti baru kembali.

Menjalankan usaha ini lebih cepat laris ketika dilakukan sembari live di berbagai platform, baik melalui marketplace ataupun media sosial. Dengan kepandaian menjual di depan kamera juga akan membantu lebih cepatnya kesuksesan usaha dalam bisnis ini.

8. Menjadi Agen Pulsa dan Aksesoris HP

Bisnis paling mudah dan menghasilkan adalah berjualan pulsa, paket data, dan aksesoris HP. Dengan modal smartphone saja, Anda sudah bisa memulai usaha dari rumah dan menghasilkan uang. Karena usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar maka dapat Anda mulai dari kecil dahulu.

Prospeknya cukup bagus karena jaman sekarang hampir semua orang membutuhkan pulsa dan token listrik. Karena tidak ada yang tidak mempunyai handphone dan membutuhkan pulsa di jaman sekarang ini. Bahkan Anda dapat menawarkannya kepada orang-orang di sekitar Anda terlebih dahulu.

9. Membuka Agen Ekspedisi

Agen ekspedisi adalah ide usaha yang sangat menarik dan menghasilkan. Maraknya pedagang online tentu akan memudahkan usaha ekspedisi Anda. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlampau besar. Yang penting Anda mempunyai tempat dan pasar yang tepat.

Modal awal dalam usaha ini hanya perlu menyediakan tempat, seperangkat komputer/laptop dan printer, dan timbangan. Beberapa perusahaan ekspedisi meminta uang deposit terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerjasama.

JNE membutuhkan sekitar Rp. 7.000.000,- berupa uang franchise dan deposit. Wahana kurang lebih Rp. 2.500.000,-. Untuk uang franchise dan deposit. Sedangkan Agen Pos cukup Rp. 5.000.000,- yang keseluruhannya merupakan deposit

10. Membuka Bimbingan Belajar

Membuka les atau bimbingan belajar adalah salah satu ide usaha cerdas dan menghasilkan. Tidak dibutuhkan tempat khusus, cukup di ruang tamu/teras rumah Anda. Karena jaman sekarang banyak orang tua yang merasa kerepotan untuk membimbing buah hatinya.

Tidak memiliki kemampuan mengajar? Anda bisa mengumpulkan rekan-rekan yang memiliki latar belakang guru. Buatlah sebuah bimbingan belajar dan berikan bagi hasil yang menarik untuk para guru. Selain mendapatkan uang, Anda telah membantu banyak pihak. Orang tua, siswa, guru, dan membuka lowongan pekerjaan.

Anda juga bisa menyimak informasi lainnya yang tak kalah menarik, tepat dibawah ini.

Baca juga:





Demikian 10 ide usaha menarik yang menghasilkan uang. Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang sesuai dengan bakat dan minat. Karena pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang sesuai dengan passion kita.

Penulis: Rien
Related Posts