taupasar.com

we read, we create and we share it.

Kamu Mahasiswa? Ingin Mendapatkan Penghasilan? Simak Inilah Ide Bisnis Unik Mahasiswa

Kamu Mahasiswa? Ingin Mendapatkan Penghasilan? Simak Inilah Ide Bisnis Unik Mahasiswa

Mendapatkan penghasilan bisa dilakukan dengan cara apa saja. Tidak hanya bagi orang yang fokus dalam menjalankan satu aktivitas saja, tetapi bagi yang memiliki aktivitas pokok yang tidak berkaitan dengan bisnis juga bisa tetap memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan.

ide bisnis unikContohnya saja mahasiswa yang memiliki aktivitas utama untuk belajar, tetap bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Hal tersebut bisa berasal dari bisnis yang dijalani. 

Meski cukup sibuk mencari ilmu, mahasiswa tetap bisa menjalankan bisnis sebagai tambahan pemasukan tentunya. Bagi kamu para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan dengan menjalankan sebuah bisnis tertentu, simak sejumlah rekomendasi bisnisnya berikut ini.

Ide Bisnis Unik Mahasiswa

1. Menjadi Guru Les Privat

Kamu bisa memanfaatkan kemampuan akademik yang dimiliki untuk memulai sebuah bisnis dan mendapatkan pundi-pundi uang dari sana. Contohnya kamu bisa membuka les sebagai guru privat mata pelajaran tertentu. Untuk golongan usia murid yang hendak kamu ajar juga bisa kamu tentukan sendiri.

Kamu bisa mengajar sebagai guru privat untuk anak usia SD atau juga SMP-SMA. Pasti ada saja orang tua yang membutuhkan guru privat untuk mengajar anaknya. 

Kamu bisa mengambil jadwal mengajar yang disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu, tentunya agar tidak berat sebelah. Kamu bisa mempromosikan jasa les yang kamu miliki melalui media sosial atau dari mulut ke mulut.

2. Menjual Camilan

Sebagai bagian dari ide bisnis unik mahasiswa, kamu juga bisa memilih untuk menjual camilan. Tentunya banyak sekali mahasiswa yanag sering membeli camilan sebagai teman untuk mengerjakan tugas kuliah. Kamu bisa melihat peluang dari hal tersebut dan mulailah berjualan.

Untuk harganya bisa kamu sesuaikan dengan kantong mahasiswa pada umumnya. menjual camilan dengan sensasi rasa pedas biasanya cenderung lebih digemari oleh para mahasiswa, kamu bisa mencobanya.

3. Menjual Pulsa

Menjual pulsa juga bisa menjadi ladang keutungan bagi kamu para mahasiswa yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Biasanya mahasiswa akan membutuhkan pulsa dan tak ingin pergi keluar untuk mencarinya.

Kamu bisa menjual pulsa dengan sistem online, jadi pelanggan kamu hanya perlu menghubungi kamu melalui online dan kemudian kamu mengisikan pulsanya. Perihal pembayarannya bisa kamu atur sendiri baiknya bagaimana. 

Terbilang cukup menguntungkan, terlebih kamu juga tidak perlu mengeluarkan cukup banyak modal dan effort untuk bisa memulai bisnis yang satu ini.

4. Membuka Jasa Print Online

Kamu juga bisa membuka jasa print online yang menjadi bagian dari sejumlah ide bisnis unik mahasiswa ini. Tentu saja mahasiswa akan banyak yang mencari tempat print. Lebih dari itu, biasanya mahasiswa tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ketempat print.

Oleh karena itulah kamu bisa membuka jasa print secara online. Para pembeli kamu bisa mengirimkan file yang akan diprint melalui aplikasi perpesanan online atau email, kemudian untuk mengambilnya kamu bisa membuat janji kapan dan dimananya. Meski terbilang cukup sederhana, tetapi kamu bisa mendapatkan cukup banyak keuntungan jika terus menekuninya.

5. Menjadi Penulis Artikel

Jika kamu kurang merasa tertarik dengan sejumlah pilihan bisnis di atas tadi, maka kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang penulis artikel lepas. Tentu saja modal utama yang mesti dimiliki adalah kemampuan menulis yang cukup baik. Selain itu, bisnis ini tidak akan menuntut kamu untuk memiliki modal lainnya.

Kamu bisa menggunakan laptop sebagai sarananya, atau juga memanfaatkan ponsel kamu untuk mengetik artikel tersebut. Untuk sistem pembayaran bisnis yang satu ini, biasanya kamu akan mendapatkan bayaran dari banyaknya jumlah kata dari semua artikel yang kamu selesaikan. 

6. Membuka Jasa Desain

Tidak hanya menjadi seorang penulis artikel lepas, kamu juga bisa mencoba ide bisnis unik mahasiswa yang satu ini. Kamu bisa menggunakan kemampuan kamu di bidang desain sebagai sarana untuk mendapatkan tambahan pemasukan.

Biasanya terdapat banyak pihak yang cukup membutuhkan jasa dari orang yang mengerti desain. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari sana, untuk harga dari satu desain yang kamu buat, bisa kamu tentukan sendiri. Selain tidak membutuhkan banyak modal, kamu juga bisa memiliki jam kerja yang cukup fleksibel.

7. Menjadi Penerjemah Online

Masih menggunakan kemampuan kamu, pilihan bisnis yang satu ini juga bisa kamu coba lakukan. Kamu hanya perlu menjadi seorang penerjemah dari bahasa asing tertentu. Modal utama yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tentu hanyalah kemampuan berbahasa asing yang kamu miliki.

Selain sederhana, kamu juga tidak membutuhkan modal lain sebagai langkah awal untuk memulai bisnisnya. Tentu saja bisa kamu coba sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan. Meskipun masih berkuliah kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi seorang penerjemah.

8. Bisnis Fotografer

Bagi kamu yang menggemari bidang fotografi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan hobi tersebut untuk bisa mendapatkan keuntungan selagi masih kuliah. Modalnya tentu saja kamera dan juga skill memotret kamu yang harus mumpuni.

Kamu bisa membuka jasa foto ini untuk kebutuhan pernikahan atau juga acara lainnya. Jika dirasa mengerjakannya seorang diri terlalu berat, maka kamu bisa mengajak temanmu sebagai rekan bisnis. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengirimkan hasil foto kamu kepada sejumlah website sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dari sana.

9. Menjual Berbagai Macam Aksesoris

Wanita memiliki berbagai macam aksesoris yang bisa kamu jadikan ladang usaha. Kamu bisa mulai menjual sejumlah pilihan aksesoris yang unik dan menarik. Menjual dengan sistem online bisa lebih memudahkan kamu. Kamu bisa mencoba untuk mempromosikannya melalui sosial media.

10. Berbisnis Buku

Mahasiswa tentu sangat identik dengan buku, kebutuhannya terkait bahan bacaan untuk menambah wawasan bisa kamu penuhi dengan menjual berbagai macam buku. Kamu bisa menjual buku-buku bekas atau juga sejumlah buku baru yang sekiranya banyak dicari oleh mahasiswa,

Untuk lebih mempermudah, kamu bisa mencoba mempromosikannya terlebih dahulu secara online. Kamu juga bisa membuka jasa titip untuk mencari buku yang dibutuhkan oleh pembeli kamu. Jadi kamu tidak perlu langsung menyediakan berbagai macam pilihan buku, tetapi menunggu pesanan buku apa yang kiranya dibutuhkan.

Sejumlah pilihan ide bisnis unik mahasiswa di atas tadi bisa kamu jadikan bisnis yang hendak kamu tekuni. Tentu saja semua itu bergantung dari jenis bisnis manakah yang lebih kamu sukai. Tidak hanya itu, dalam menentukan jenis bisnis yang akan kamu jalankan, juga bisa didasarkan pada modal yang dimiliki.

Jangan pernah salah dalam memilih bisnis, karena nantinya bisa berakibat fatal bagi kamu yang menjalankannya. Meski demikian, mencoba sejumlah ide bisnis di atas bukanlah sebuah kesalahan. Meski terbilang cukup sederhana, tetapi siapa yang tahu jika keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis tersebut bisa cukup membantu. 

Simak sejumlah tambahan informasi berikut ini.

Baca juga:

1. Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

2. Bisnis Mahasiswa Modal 1 Jutaan

3. Rekomendasi Bisnis Anak Muda

4. Bisnis Cocok Untuk Anak Magang

Itulah sejumlah pilihan ide bisnis unik mahasiswa, semoga bermanfaat dan membantu membuat kamu menemukan pilihan bisnis tepat yang akan dijalankan. 

Related Posts