taupasar.com

we read, we create and we share it.

11 Ide Bisnis Anak Muda di Luar Negeri, Menarik dan Menguntungkan

11 Ide Bisnis Anak Muda di Luar Negeri, Menarik dan Menguntungkan


Banyak orang menginginkan untuk membuka bisnis, namun mereka akhirnya tidak pernah sama sekali memulai untuk menjalankan bisnis.  Alasan mereka rata-rata dari tidak adanya modal dan tidak adanya ide usaha. 
ide bisnis anak muda
Padahal di zaman society 5.0 ini ada begitu banyak ide usaha yang tanpa modal dan mudah untuk dijalankan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Artikel ini akan memberikan 11 ide bisnis anak muda di luar negeri.

Ide Bisnis Anak Muda di Luar Negeri


1. Membuka Kursus Bahasa Asing

Kamu yang saat ini sedang tinggal di luar negeri, kamu bisa membuka kursus bahasa asing untuk anak muda di Indonesia melalui online

Misalnya kamu tinggal dan lancar berbahasa Korea selatan, kemampuan kamu merupakan ide untuk membuka kursus hanggul (aksara korea) atau bahasa korea melalui online.

Ada banyak aplikasi yang mendukung untuk pembelajaran atau kursus online, misalnya saja Gmeet, Zoom, Jitse, Skype dan lainnya. Bahkan kamu bisa membuka kurus online hanya mengandalkan YouTube, Facebook, Instagram dan WhatsApp. Fitur-fitur yang ada di aplikasi seperti video call, meeting, dan lainnya bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan kegiatan pembelajaran. 

Contohnya kak Budi Waluyo yang beberapa tahun lalu dia membuka kursus bahasa Inggris hanya mengandalkan Line, Facebook, dan Whatsapp saja. Dia berhasil membuka kursus dengan jumlah ribuan peserta. 

2. Layanan Pom Bensin

Pom bensin di Indonesia dengan di luar negeri sangatlah berbeda, jika di Indonesia kita bisa menemukan pom bensin dengan mudah, walaupun antre. Berbeda dengan di luar negeri yang justru sangat sulit menemukan pom bensin. 

Ada jasa pom bensin panggilan berbasis aplikasi yang siap melayani pemesanan mengisi bensin dijalan, aplikasi ini sudah dikembangkan di beberapa negara termasuk di Amerika Serikat. 

Masyarakat Amerika Serikat yang saking sibuknya sampai lupa untuk mengecek tangki bensin, namun dengan adanya layanan isi bensin berjalan berbasis aplikasi ini sangat membantu mereka ketika kehabisan bensin dijalan.

Ide bisnis anak muda di luar negeri berupa layanan pom bensin panggilan berbasis aplikasi ini bisa dicoba untuk kamu yang sedang tinggal di luar negeri, khususnya di negara yang sudah biasa menggunakan layanan ini, seperti Amerika Serikat.

3. Menjadi Dropshipper

Zaman society 5.0 ada banyak ide usaha yang bisa dijalankan tanpa modal dan bisa dilakukan di dalam negeri maupun luar negeri, salah satunya ide usaha untuk menjadi dropshipper suatu produk. Banyak perusahaan yang mengajak masyarakat untuk bekerjasama dengan cara dropshipper. 

Dropship merupakan salah satu solusi buat kamu yang ingin membuka usaha tanpa modal dan tanpa ribet dengan stok barang, dan bisa dijalankan diluar negeri. Ide usaha ini akan sedikit sekali kemungkinan untuk mengalami kerugian yang dikarenakan tidak terjualnya produk. Namun, dalam berjualan kegiatan promosi adalah paling penting.

Menginginkan produk dropship kamu terjual banyak, maka yang perlu kamu lakukan adalah rajin melakukan promosi, dan mencari supplier yang memiliki produk yang berkualitas baik. 

Kegiatan promosi bisa memanfaatkan aplikasi media sosial yang gratis seperti facebook, Instagram, Tiktok, Twitter dan Whatsapp. Selain itu kamu bisa menggunakan marketplace, yang akan memudahkan kamu dalam mengatur orderan, dan menambah pelanggan.

Mencari produk yang berkualitas dan rajin melakukan promosi dua hal yang harus kamu pertimbangkan dalam menjalankan bisnis. 

4. Menjadi Translator

Mempunyai kemampuan berbahasa asing memiliki banyak manfaat. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan berbahasa asing untuk menjual jasa translator. Misalnya kamu tinggal di Jepang dan memiliki skill berbahasa Jepang, kamu bisa menjual jasa translator untuk orang Indonesia yang liburan dan lainnya.

Memulai usaha menjadi translator sangatlah mudah, kamu cukup memiliki sertifikat kemampuan bahasa asing, setelah memilikinya kamu bisa bergabung dengan agensi penerjemah di tempat kamu tinggal. Gaji menjadi penerjemah di luar negeri rata-rata 5 hingga 8 juta, gaji ini bisa bertambah sesuai dengan jumlah pengalaman yang dimiliki nantinya.

5. Menjadi Freelance writer

Kamu yang memiliki kemampuan menulis, skill menulis yang kamu miliki bisa dijadikan ide usaha yang dijalankan di mana saja. Hanya bermodalkan laptop  dan beberapa referensi untuk ditulis, kamu sudah bisa memulai usaha freelance writer di luar negeri.

Gaji penulis satu proyeknya rata-rata 20 ribu hingga jutaan rupiah, dengan gaji dari menulis kamu sudah bisa membiayai kebutuhan sehari-hari di luar negeri. Ada banyak perusahaan yang membuka jasa freelance writer. Kamu juga bisa membuat blog sendiri untuk menikmati hasil dan prosesnya sendiri.

6. Menjual Makanan Duka Cita

Ketika ada rumah yang sedang berduka cita di Indonesia pasti dikirim bunga duka cita, berbeda dengan luar negeri. Di luar negeri ada banyak orang yang memilih mengirim makanan duka cita. 

Hal ini karena keluarga yang sedang berduka cita pasti tidak sempat memasak atau bahkan memesan makanan, hal ini membuat orang-orang disekitarnya lebih baik mengirimnya makanan dari pada bunga duka cita.

Kebiasaan masyarakat di luar negeri tersebut bisa dijadikan ide bisnis luar negeri yang belum ada di Indonesia. Menu makanan duka cita yang harus kamu sediakan harus disesuaikan dengan selera orang-orang tempat kamu tinggal. 

Selain itu berikan pelayanan pengiriman, sehingga pelanggan merasa dimudahkan, jadinya mereka tidak perlu repot untuk pergi ke toko kamu, dengan pelayanan pengiriman. Biaya pengiriman bisa ditambahkan ketika melakukan transaksi.

7. Membuka Toko Online di Marketplace

Di era digital saat ini banyak bisnis online rumahan, kamu bisa menjual berbagai produk tanpa bertemu langsung dengan pelanggan. Kamu bisa menjual barang-barang luar negeri melalui marketplace, dengan cara ini kamu hanya menyediakan produk, membuat toko online lalu mengirimnya dengan jasa pengiriman yang tersedia di tempat tinggal kamu.

Berjualan di marketplace saat ini sedang banyak digandrungi oleh anak muda, jualan online sesuai dengan karakter anak muda yang semuanya tidak mau ribet. Keuntungan dari berjualan di marketplace  pun beragam tergantung jumlah produk yang terjual. 

Banyak yang merasakan manfaat dan kemudahannya berjualan di marketplace. Jualan di marketplace pun terjamin, kemungkinan untuk terkena tipu oleh pelanggan sangat minim sekali. 

8. Menjual Es Batu Kemasan Gelas Plastik

Di Indonesia kerap kali untuk menyeduh minuman kopi jika ingin ditambahkan es batu pasti harus menghancurkan es batunya terlebih dahulu. Berbeda dengan di Jepang, di Jepang ada anak muda menjual es batu yang siap dikonsumsi, es batu yang telah berbentuk kotak dijual dalam kemasan gelas plastik, sehingga menjadi praktis untuk mengkonsumsi minuman dingin.

Kamu yang sedang tinggal di Jepang. Ide usaha menjual es batu kemasan gelas plastik ini layak kamu coba, keuntungan yang dihasilkannya pun lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu di Jepang.

9. Menjual Jasa Desain Grafis

Ide usaha desain grafis sekarang ini sedang banyak digandrungi oleh kaula muda. Selain bisa dijalankan di mana saja keuntungan dari jualan desain grafis sangatlah menjanjikan, satu projek desain bisa terjual dengan harga puluhan juta. 

Kamu yang sedang tinggal di luar negeri juga bisa menjual jasa desain grafis, dengan bermodalkan media sosial dan beberapa peralatan untuk mengedit foto kamu sudah bisa membuka usaha jual jasa desain grafis di luar negeri.

10. Membuka Kursus Bahasa Indonesia

Tinggal di luar negeri juga bisa menghasilkan uang dengan membuka kursus bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia saat ini sedang banyak digemari oleh orang-orang di luar negeri, bahkan di Australia ada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kesempatan kamu untuk menghasilkan cuan dengan membuka kursus bahasa Indonesia di luar negeri sangatlah besar. 

Biaya kursus bahasa Indonesia bisa kamu sesuaikan dengan biaya kursus di luar negeri, misalkan rata-rata per jam biaya kursusnya 50 ribuan, maka kamu bisa membuka kursus bahasa Indonesia dengan biaya 50 ribu per jam. 

11. Menjadi YouTuber 

Banyak orang Indonesia yang penasaran dengan kehidupan orang-orang di luar negeri, ingin berliburan atau tinggal di sana namun terhambat di biaya dan waktu. Rasa penasaran mereka dengan kehidupan orang-orang asing bisa kamu jadikan konten untuk di YouTube.

Contohnya Jerome Polin, dia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Jepang, menjadikan ini kesempatan untuk menghasilkan cuan dari YouTube. Konten-konten YouTubenya pun tidak jauh dengan kehidupan dia selama di Jepang. Jerome Polin bisa menghasilkan cuan dengan membuat konten YouTube dari iklan dan promosi produk. 

Untuk bisa mendapatkan sejumlah informasi tambahan, simak sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Ide bisnis anak muda di luar negeri di atas layak kamu coba, dengan kesungguhan dan tak pernah menyerah kamu bisa menghasilkan cuan dari 11 bisnis di atas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu di luar negeri.
Related Posts