taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ternyata Inilah Sejumlah Keuntungan Jualan Rujak Buah

Ternyata Inilah Sejumlah Keuntungan Jualan Rujak Buah


Rujak merupakan salah satu kuliner khas nusantara, yang mana sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia. Rujak sendiri merupakan jajanan yang terdiri dari berbagai jenis potongan buah-buahan, lalu dicampur dengan kuah kental pedas yaitu bumbu rujak.
keuntungan jualan
Jajanan murah meriah, sehat, dan segar ini sangat diminati dari masa ke masa, bahkan hingga sekarang. Selain itu memang sangat cocok di lidah dan selera kebanyakan orang Indonesia, bukan hanya di suatu daerah saja.

Sehingga jika dilihat dari sisi bisnis, ide ini memang potensial. Khususnya bagi Anda yang memiliki minat atau rencana membuka usahanya, maka tidak perlu ragu untuk memulainya. Karena setidaknya ada beberapa keuntungan jualan rujak buah yang perlu diketahui.

7 Keuntungan Jualan Rujak Buah di Masa Kini


1. Modal Relatif Rendah

Memilih berjualan rujak buah terhitung lebih hemat penggunaan modal usaha, karena yang dibutuhkan pun cukup terjangkau. Apalagi usaha ini bisa dilakukan dalam skala usaha kecil-menengah atau UKM. Untuk menghemat alokasi modal misalnya, Anda bisa memilih menggunakan gerobak rujak untuk berjualan.

Ini bisa dianggap sebagai pengganti biaya sewa tempat. Tentu biaya bisa lebih besar apabila penjual memilih menjajakan dagangannya di ruko yang disewa.

Selain itu Anda juga bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu menggunakan jasa karyawan. Jualan rujak sangat mudah untuk dijalankan oleh diri sendiri. Dari segi alat dan bahan pun cukup simple, tidak terlalu rumit, atau membutuhkan hal yang bermacam-macam.

2. Harga Jual Pas, Harga Beli Terjangkau

Kelebihan lain berjualan rujak buah tentu karena harga jual yang terbilang pas, terutama setelah disesuaikan dengan penggunaan modal serta berdasarkan perhitungan laba yang memungkinkan. Maka harga beli pun sangat terjangkau bagi pembeli.

Biasanya kebanyakan penjual rujak buah menerapkan kisaran harga Rp 5000-15.000, atau disesuaikan dengan perhitungan pribadi, terutama tergantung pada bahan-bahan penjualan. Dengan harga terjangkau seperti ini, maka akan mudah menarik minat pembeli.

3. Potensi Laris Besar

Keuntungan jualan rujak buah selanjutnya, juga menjamin akan selalu laris di masyarakat. Terutama karena kita berada di daerah tropis, maka ini sangat menguntungkan. Berjualan rujak yang segar pasti selalu dibutuhkan dan cocok disegala cuaca, khususnya ketika cuaca sedang panas.

Lalu ada kalanya kita memiliki kekhawatiran dagangan tidak habis sehingga rugi dalam pembelian bahan. Namun jualan rujak buah sejauh ini memiliki resiko kecil. Tentu Anda bisa membawa stok buah-buahan secukupnya saja sesuai dengan perkiraan. Namun dengan minat yang cukup besar dari pembeli terhadap rujak buah, menjadikan bahan tidak akan terbuang percuma.

4. Dapat Dijual Dimana Saja

Rujak adalah jajanan yang biasanya ada di setiap daerah, meskipun mungkin masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya. Namun secara umum jajanan murah meriah ini bisa dijual di mana saja dan sangat sesuai dengan selera kebanyakan orang.

Sehingga Anda tidak akan bingung memilih tempat mana yang memiliki target konsumen besar. Mungkin hanya perlu mempertimbangkan lokasi penjualan yang sesuai dengan strategi bisnis. Misalnya memilih tempat strategis, atau tempat lalu lalang banyak orang.

5. Jenis Jualan yang Bisa Dilakukan Siapapun

Selain itu, jualan rujak buah tergolong usaha yang bisa dilakukan oleh siapapun. Ditambah lagi proses membuat yang mudah dan bisa dipelajari dengan cepat. Apalagi soal alat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu rumit. Alat-alat yang dibutuhkan cukup tentang cobek atau ulekan, beberapa toples sebagai tempat bumbu rujak, lalu tempat untuk menyimpan buah-buahan.

Untuk isiannya bisa lebih bervariasi tergantung penjual atau keinginan pembeli, misalnya terdiri dari kedondong, pepaya, semangka, melon, nanas, mangga, timun, bengkoang, dan lainnya. Lalu bisa juga ditambah umbi-umbian.

Jadi pada dasarnya siapapun bisa menjalankan bisnis ini, tidak peduli latar belakang. Yang terpenting penjual memiliki keinginan besar mengelola usaha, serta dapat menyajikan dagangannya dengan baik, rasanya enak, sehingga akan menarik konsumen untuk kembali membeli, bahkan menjadi langganan tetapnya.

6. Bisa Diinovasikan Berdasarkan Kreativitas

Jika Anda merasa bosan dengan ide jualan yang itu-itu saja, dan ingin sesuatu yang baru maka dengan berjualan rujak buah pun tentu bisa. Yaitu dengan melakukan inovasi, diterapkannya ide dan kreativitas baru yang akan membedakan produk jualan Anda dengan yang lainnya. Inilah pula yang menjadi keuntungan jualan rujak buah, sebagai dasar ide jualan yang fleksibel.

Pengembangan ide usaha memang sangat diperlukan. Tujuannya untuk menarik minat atau rasa tertarik lebih besar dari pembeli. Berbagai inovasi bisa diterapkan, misalnya inovasi dari penggunaan pengemasannya yang diatur sedemikian rupa sangat rapi, serta mencerminkan brand bisnis.

7. Peluang Stabil hingga Besar

Jika ditelaah, sebetulnya ide jualan rujak ini sudah ada sejak lama. Mulai dari zaman ide jualan yang dikemas secara tradisional serta sederhana. Namun meskipun tergolong usaha kecil-kecilan, mudah, dan umum, ternyata hingga kini masih begitu banyak orang-orang yang menggantungkan pendapatannya dari berjualan rujak buah.

Gambaran seperti ini sedikitnya cukup untuk membuktikan bahwa minat untuk berjualan rujak buah tidaklah pudar meskipun zaman telah berkembang. Justru di zaman sekarang ide jualan ini seolah kembali diminati dan diberikan sentuhan-sentuhan baru, sehingga lebih menarik dan tidak monoton.

Dan bisa dikatakan sejak dulu hingga kini peluang jualan rujak buah cukup stabil. Maka ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang bingung mencari ide usaha tepat.

Simak juga sejumlah tambahan informasi berikut ini.

Baca juga:





Begitulah beberapa gambaran keuntungan jualan rujak buah yang bisa Anda buktikan dengan cara pengelolaan tepat dan sungguh-sungguh.
Related Posts