taupasar.com

we read, we create and we share it.

Keuntungan Usaha Angkringan dan Cara Memaksimalkan Pendapatannya

Keuntungan Usaha Angkringan dan Cara Memaksimalkan Pendapatannya

 
Banyak orang belum menyadari betapa besarnya keuntungan usaha angkringan. Meski pada dasarnya angkringan sama dengan penjual makanan dan minuman, usaha ini menawarkan konsep berbeda sebagai daya tariknya.
usaha angkringan
Usaha angkringan bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang sedang mencari ide usaha. Agar semakin yakin untuk memilih usaha ini, silakan menyimak ulasan lengkap terkait seluk beluk keuntungan usaha angkringan berikut ini.
 

5 Peluang Keuntungan Usaha Angkringan


Secara umum, ada 5 alasan mengapa keuntungan usaha angkringan tidak terbatas. Berikut ulasannya;

1. Memiliki Banyak Peminat

Saat ini, angkringan tidak hanya berfungsi sebagai tempat membeli dan menikmati makanan atau minuman saja. Angkringan tidak jarang menjadi destinasi untuk berkumpul bersama teman-teman, berkencan, menikmati waktu bersama keluarga, mengerjakan tugas, bermain game, dll.

Budaya baru ini membuat peminat angkringan sangat tidak terbatas, mulai dari pekerja, mahasiswa, tua, muda, kaya maupun kalangan menengah. Tentu fakta ini menjadi peluang besar bagi sebuah ladang usaha.

2. Modal Sedikit Keuntungan Maksimal

Modal membuat usaha angkringan terhitung murah jika kamu bisa memaksimalkan sumber daya yang ada. Selain itu, salah satu keunggulan dari bisnis ini adalah pengusaha dapat mengeksplorasi ide mereka sebebas mungkin.

Dengan kebebasan dalam berkreasi, kamu bisa mengoptimalkan tampilan dan menu angkringan sesuai anggaran modal yang terbatas. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa pelan-pelan meningkatkan fasilitas dan tampilan angkringan melalui keuntungan penjualan.

3. Pendapatan Harian

Sama seperti bisnis penjualan makanan pada umumnya, hasil keuntungan bisa kamu dapatkan setiap hari. Usaha ini juga hampir tidak mengenal hari libur. Justru pada hari libur tersebut, jumlah pengunjung angkringan semakin meningkat.

4. Tidak Membutuhkan Skill Khusus

Untuk membangun sebuah angkringan, seorang pengusaha tidak membutuhkan latar belakang pendidikan maupun kemampuan tertentu. Cukup mereka memiliki niat yang kuat, ketelatenan, kesabaran serta semangat untuk terus menciptakan inovasi.

5. Mudah dikembangkan

Alasan membuka bisnis angkringan yang terakhir dan tidak kalah penting adalah kemudahan pengembangan. Kemudahan ini tidak lepas dari faktor besarnya pendapatan hingga potensi tinggi dari bisnis ini.

Saat ini, kita sudah banyak menjumpai brand makanan maupun minuman booming yang berasal dari konsep angkringan seperti Kopi Kenangan, Nyoklat Klasik, dll. Inilah salah satu contoh yang kita maksud dengan pengembangan produk dalam usaha angkringan.
 

10 Tips Mengoptimalkan Keuntungan Usaha Angkringan


Melalui uraian di atas, kita bisa meyakini bahwa keuntungan usaha angkringan pada dasarnya memang sangat besar. Meski begitu, masih ada tips-tips lain untuk meningkatkan kadar keuntungan tersebut menjadi maksimal.

Langsung saja, berikut tipsnya:

1. Memilih Tempat yang Strategis

Bagi sebuah tempat usaha, lokasi yang strategis selalu memberikan keuntungan. Adapun beberapa tipikal tempat yang strategis ialah:

  • Berada di jalan utama;
  • Perempatan atau pertigaan jalan;
  • Dekat dengan titik-titik potensial seperti pasar, kampus, pusat kota;
  • Tempat wisata alam;
  • Pusat perbelanjaan, dll;

Letak angkringan memang bukanlah faktor utama yang menentukan keramaian pengunjung, karena masih ada faktor pemasaran. Meski begitu, tetap penting untuk memprioritaskan aspek ini jika kamu memiliki dana lebih untuk menyewa lokasi strategis (harga sewa pasti mahal).


2. Utamakan Cita Rasa Makanan

Terlepas dari berbagai alasan orang menyukai angkringan tertentu, nilai jual angkringan tetap terletak pada cita rasa makanan dan minuman sebagai dagangan utama mereka. Secara sekilas orang mungkin datang ke angkringan karena menyukai suasana dan interiornya, namun cita rasalah yang membuat mereka menetap.

Inilah aspek yang sering terlupakan oleh para pengusaha angkringan belakangan. Mereka terlalu sibuk dengan desain interior dan dekorasi sehingga lupa untuk menyajikan rasa makanan yang mengesankan.

3.  Buat Suasana Senyaman Mungkin

Definisi nyaman tidak selalu hening. Tidak masalah memutar lagu atau podcast sebagai backsound angkringan. Aspek terpentingnya ialah tidak menciptakan suara bising atau memutar volume terlalu keras sehingga membuat telinga lelah.

Ciptakan suasana yang nyaman bagi setiap pengunjung untuk menyimak perbincangan bersama rekan, bersenda gurai, fokus menyelesaikan pekerjaan di laptop, bersantai, maupun membaca buku.

4.  Pemasaran Efektif

Sebagaimana sudah kita singgung di atas, pemasaran dapat menjadi aspek penunjang jika kebetulan angkringan kamu belum berada di lokasi strategis. Adapun tujuan utama promosi adalah mengenalkan keunggulan produk agar orang lain mau membeli / berkunjung.

Promosi angkringan caranya banyak sekali, diantaranya:

  • Membuat akun media sosial resmi untuk sarana promosi;
  • Memasang papan nama besar di halaman angkringan;
  • Membuat event pada kesempatan tertentu seperti konser akustik, diskusi ringan, talkshow, dll;
  • Mengadakan promo menarik;
  • Melakukan kerjsa sama pemasaran dengan artis-artis lokal yang populer.

5. Konsep Angkringan yang Signifikan

Dalam bisnis angkringan, kamu bebas menentukan konsep tempat sesuai dengan minat dan kreativitasmu. Pada dasarnya, setiap angkringan akan menemukan penggemarnya sendiri.

Beberapa konsep angkringan yang saat ini sedang booming adalah konsep modern, klasik, family, minimalism, glamour, dan naturalism. Kini, giliran kamu menentukan konsep angkringan mu sendiri.

6. Pelayanan Terbaik

Aspek penunjang untuk memaksimalkan peluang usaha angkringan selanjutnya adalah kualitas pelayanan. Setiap pembeli tentu menyukai jenis pelayanan yang ramah, cekatan dan santun. Inilah sebabnya mengapa perusahaan-perusahaan besar selalu mengadakan training terlebih dahulu untuk pegawai publik.

7. Lengkapi Fasilitas-Fasilitas Penunjang

Apa saja yang dimaksud fasilitas penunjang dalam sebuah angkringan? Fasilitas angkringan umumnya meliputi wifi, kamar mandi, ruang shalat, dan stop contact.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai fasilitas lain yang dianggap perlu. Fasilitas lengkap akan membuat pengunjung memiliki banyak alasan untuk mengunjungi angkringan tersebut.

8. Pilihan Menu Beragam
  
Selain memiliki cita rasa yang khas, mengadakan banyak pilihan menu juga bisa menambah daya tarik angkringan. Jika berminat menyajikan menu-menu yang anti-mainstream daripada angkringan-angkringan Kamu bisa mengadopsi jenis-jenis makanan yang sesuai dengan konsep angkringan sebagai menu tambahan.

Misalnya, konsep angkringan dengan etnik-etnik Jawa tradisional bisa menyuguhkan menu-menu lezat seperti Rujak, Jenang Ketan, dan lain sebagainya.

9. Disiplin Jam Kerja

Jadikan angkringan kamu sebagai destinasi yang bisa diandalkan oleh pengunjung. Angkringan yang tidak konsisten buka akan membuat pengunjung malas datang. Hal seperti ini masih kerap terjadi di berbagai angkringan kecil yang masih dikelola oleh perseorangan.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika kamu memasang jadwal buka angkringan, misalnya ketentuan hari tutup serta jadwal buka dan tutup angkringan. Tips ini untuk mengantisipasi adanya kekecewaan pengunjung ketika ingin ke angkringan kamu.

10. Buat Pembukuan Usaha yang Baik

Tindakan teknis terakhir untuk mengoptimalkan jumlah pemasukan dan keuntungan yang kamu nikmati adalah dengan membuat sistem pembukuan yang rapi, detail, dan benar.

Jika diperlukan, saat ini bahkan sudah banyak software pembukuan online gratis maupun berbayar. Harga software-software ini beragam sesuai dengan kelengkapan fitur dan fungsinya.

Simak juga sejumlah informasi tambahan berikut ini.

Baca juga:





Demikian ulasan lengkap mengenai peluang dan perhitungan keuntungan usaha angkringan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.
Related Posts