taupasar.com

we read, we create and we share it.

Mengenal 8 Universitas Kelas Karyawan Malang

Mengenal 8 Universitas Kelas Karyawan Malang


Pendidikan adalah hak setiap orang. Tidak peduli usia, latar belakang, ataupun kesibukan mereka. Prinsip inilah yang diamini oleh universitas-universitas kelas karyawan di Malang ataupun daerah-daerah lain di Indonesia. Lembaga pendidikan ini berusaha menyuguhkan sistem pendidikan yang dapat dijangkau oleh kalangan pekerja atau professional. 
rekomendasi universitas kelas karyawan

Mengenal Apa Itu Universitas Kelas Karyawan


Di era saat ini, dunia pendidikan mengalami perkembangan yang cepat. Berbagai keterbatasan dalam mendapatkan ilmu bisa disiasati sedemikian rupa, sehingga memiliki gelar mentereng bisa didapatkan oleh siapa saja. Sebut saja mereka yang sudah terjun di dunia kerja dan memiliki pekerjaan tetap.

Dengan jadwal kerja yang padat dan tidak bisa diganggu gugat, rasanya melanjutkan kuliah adalah cita-cita yang mustahil. Namun beberapa universitas kelas karyawan Malang membuka kesempatan bagi para pekerja untuk mendapatkan gelar sarjana. Tentu sistem pendidikan tersebut berbeda dengan sistem universitas umumnya.

Bagi Anda yang saat ini mendambakan bisa melanjutkan pendidikan sembari tetap bekerja, informasi ini sangat penting untuk Anda ketahui. Sebelum menentukan ingin berkuliah dimana, ada baiknya mengetahui lebih dalam terlebih dahulu seluk beluk dunia universitas kelas karyawan. Berikut beberapa rinciannya:

1. Jam Kuliah Sore / Malam

Berbagai lembaga, industri, atau tempat kerja manapun umumnya menerapkan peraturan jam kerja yang sama, yaitu mulai pukul 07.00-16.00. Pasca rentang waktu ini disebut dengan jam kerja tambahan yang akan dikenakan perhitungan tersendiri sebagai lembur.

Perbedaan mendasar dari universitas umum dengan universitas kelas karyawan adalah jam kuliah. Universitas kelas karyawan membuat sistem pengajaran sendiri yang bukan merupakan jam kerja. Tujuannya agar para mahasiswanya yang notabene adalah pekerja tidak bertabrakan kesibukannya.

Keistimewaan ini tentu sangat menguntungkan Anda sebagai seorang karyawan dan mahasiswa. Penyesuaian waktu kuliah di luar jam kerja memudahkan Anda untuk mengatur waktu antar keduanya sehingga keduanya tetap berjalan beriringan dan Anda bisa menerima pelajaran dengan baik.

2. Syarat Pendidikan Mudah

Pada universitas kelas karyawan, Anda tidak akan dikenakan Batasan minimal usia atau nilai ujian. Apalagi dikenakan tes kelulusan yang ketat sebagaimana universitas pada umumnya. Dengan demikian, tidak mengherankan jika universitas kelas karyawan dijuluki sebagai universitas tanpa batas. Karena seluruh mahasiswanya terdiri dari berbagai kalangan usia.

3. Kualitas Terjamin

Beberapa golongan masyarakat memang menganggap universitas kelas karyawan sebagai universitas kelas dua. Hal ini karena banyaknya anggapan bahwa universitas ini hanya sistem pendidikannya hanya formalitas saja. Anggapan ini benar-benar salah kaprah karena tidak demikian kenyataannya.

Universitas kelas karyawan Malang memiliki jaminan kualitas yang terjamin berupa akreditasi. Meski dengan standart akreditasi yang berbeda-beda.

Beberapa kampus kelas karyawan yang sudah mendapatkan akreditasi di Malang sebut saja Universitas. Merdeka, Universitas Kanjuruhan, dan Universitas Islam Malang.

8 Universitas Kelas Karyawan Terbaik di Malang


Tiga poin utama diatas sudah cukup untuk menggambarkan bagaimana seluk beluk dunia universitas kelas karyawan Malang. Selanjutnya kita akan mengenal apa saja kampus kelas karyawan yang ada di Malang. Lengkap dengan penjelasan kampus masing-masing. Langsung saja, berikut uraiannya:

1. Universitas Merdeka (UNMER) Malang

Jika mendengar nama UNMER, umumnya orang akan langsung mengenalinya sebagai kampus ekonomi dan bisnis yang mumpuni serta tempat lahirnya para ekonom Indonesia. 5 jurusan yang terdapat di kampus ini telah mendapatkan akreditasi serta terjamin kualitasnya. Jurusan-jurusan tersebut yakni:
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • D3 Keuangan dan Perbankan
  • D3 Akuntansi dan Perpajakan 
Universitas Merdeka juga membuka program khusus untuk para professional atau para praktisi yang ingin mengambil mata kuliah tertentu saja. Kualitas lulusan yang mahir serta sistem control pembelajaran yang disiplin menjadikan universitas ini tidak pernah redup pamornya.  

2. Universitas Brawijaya

Menurut informasi yang dapat kami akses, program pendidikan di kelas    karyawan UB Malang adalah keperawatan. Setiap orang dapat mendaftar di universitas ini dengan syarat memiliki jenjang akhir D3 atau DIV dengan nilai IPK akhir minimal 2,75. Kampus ini juga menerapkan sistem Seleksi Alih Program.

3. Universitas Widyagama Malang

Universitas karyawan di Malang selanjutnya yaitu universitas Widyagama. Kampus ini memiliki ragam jurusan yang lebih beragam dan relate dengan kebutuhan sebagian besar pekerja, terdiri dari fakultas ekonomi jurusan Manajemen dan Akuntansi. Dari fakultas pertanian ada jurusan agribisnis agroteknologi, dan teknologi hasil pertanian.

Selain itu, masih ada fakultas hukum dan teknik dengan masing-masing jurusan yang sangat beragam. Tidak hanya program S1, disini juga tersedia program S2 atau pasca-sarjana. Yaitu magister manajemen dan magister hukum.

4. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Sebagai sebuah universitas karyawan, kampus yang memiliki sebutan UNIKAMA ini sangat populer. Universitas Kanjuruhan memiliki pemilihan pendaftaran yang sangat beragam, yaitu jalur biaya, jalur prestasi, jalur putra alumni mahasiswa PGRI dan jalur saudara kandung alumni mahasiswa PGRI.

5. Universitas Islam Malang (UNISMA)

Kampus yang terkenal sebagai kampus Aswaja ini juga membuka program  kelas karyawan untuk Anda yang ingin menempuh kuliah sambil tetap bekerja. Biaya kelas karyawan Unisma Malang masuk dalam kategori terjangkau. Biaya pengambilan formulir pendaftaran gelombang 1 adalah 150.000,-.

Universitas Islam Malang terkenal dengan kualitas pendidikan keislaman yang    baik. Tidak hanya lingkungan kampus yang mendukung, tenaga pengajar di kampus ini juga mumpuni dan tidak akan mengecewakan. Terbukti dengan banyaknya lulusan yang berhasil menjadi orang sukses dalam berbagai lini pekerjaan.      

6. Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang

Kampus kelas karyawan yang memiliki jargon “Expert, Loyal, Active, Nationalist, Gentle” ini menjadi salah satu kampus yang kami rekomendasikan untuk Anda. Selain menerima pendaftaran jalur biasa, juga terdapat pendaftaran jalur beasiswa sehingga biaya kuliah menjadi lebih ringan.

Universitas yang dikepalai oleh Dr. Eva Handriyantini, S.Kom, M.MT ini juga menyediakan sistem kuliah secara offline dan online (sejak sebelum pandemi). Adapun jurusan yang tersedia untuk S1 yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual. Untuk D3 terdapat jurusan Manajemen Informatika.

Pendaftaran STIKI terbagi dalam 3 gelombang, dan saat ini (23 April-3 Mei 2021) masih terbuka pendaftaran untuk gelombang pertama.

7. Sekolah Tinggi Teknologi Malang (STT STIKMA)

Bagi Anda yang bingung melanjutkan jenjang kuliah di kampus sebelumnya, STT STIKMA bisa menjadi pilihan alternatif. Disini tersedia program alih jejang tanpa harus mengulangi mata kuliah yang sudah didapatkan di kampus sebelumnya. Namun syaratnya, kampus tersebut sudah terakreditasi minimal C.

Poin istimewa dari kampus satu ini yang belum tentu Anda temukan di kampus karyawan lain adalah adanya program kerjasama dari perusahaan atau lembaga yang berkaitan dengan jurusan yang tersedia. Dengan demikian, ilmu yang diajarkan kepada mahasiswa tidak hanya seputar teori saja, namun juga pengalaman dari tenaga pengajar ahli.

Sebagai salah satu tempat kuliah karyawan Malang murah, STT STIKMA menyediakan fasilitas sangat baik bagi para mahasiswanya, yaitu perpustakaan, free internet, ruang kelas nyaman dan memadai, studio hingga laboratorium, sarana olahraga, dan tempat ibadah.

8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) INDOCAKTI

Sebagaimana namanya, kampus INDOCAKTI membuka kesempatan bagi Anda yang ingin mendalami ilmu ekonomi sembari tetap menjalani rutinitas pekerjaan.  Program kelas karyawan ini disebut juga dengan kelas regular. Cocok untuk mengembangkan skill serta kemampuan Anda dalam bidang ekonomi.  

Baca juga:




Demikian informasi terkait 8 universitas kelas karyawan Malang. Bacaan wajib bagi Anda yang bertekad untuk melanjutkan kuliah lagi setelah menjalani rutinitas pekerjaan. Informasi seputar kampus yang lebih lengkap bisa Anda dapatkan di website kampus masing-masing.

Related Posts