taupasar.com

we read, we create and we share it.

Susunan dan Contoh Proposal Usaha Coffee Shop yang Menarik

Susunan dan Contoh Proposal Usaha Coffee Shop yang Menarik 


Sebelum memulai usaha ada baiknya kamu harus membuat proposal usaha terlebih dahulu, termasuk ketika akan memulai untuk membuka usaha coffee shop atau warung kopi, kamu harus membuat proposal usaha terlebih dahulu. Nah berikut ini akan diberikan contoh proposal usaha warung kopi.
proposal usaha coffe shop

Susunan Proposal Usaha Coffee Shop


Di Artikel ini juga akan dipaparkan susunan proposal usaha disertai dengan contohnya, jadi kamu tidak perlu mengunduh proposal usaha kedai kopi pdf nya. Nah berikut ini susunan proposal usaha coffee shop.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Di latar belakang ini kamu harus memaparkan apa saja yang melatar belakangi kamu untuk membuka usaha kopi atau warung kopi. Misalnya kamu akan membuka usaha kopi kenangan, nah di dalam proposal bisnis kopi kenangan yang akan kamu buat kamu harus menjelaskan latar belakang atau alasan mengapa kamu ingin membuka bisnis kopi tersebut. 

Misalnya karena banyaknya penggemar kopi dengan cita rasa kopi yang mereka sukai.

B. Tujuan Usaha

Nah di bagian ini kamu harus memaparkan tujuan usaha coffee shop yang akan kamu jalankan, biasanya tujuannya tidak hanya seputar untuk menghasilkan atau meraih pendapatan berlipat, tetapi juga untuk membantu masyarakat sekitar tempat usaha kedai kopimu.

BAB II ISI

A. Visi Misi
  • Visi
Kamu harus menambahkan apa visi kamu membuka dan mengembangkan usaha kopimu di bagian ini.
  • Misi
Untuk mewujudkan visi kamu di atas, kamu harus memaparkan misi apa saja yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan.

B. Strategi Usaha

Untuk menjalankaan usaha kamu harus memiliki strategi yang jitu yang membuat pelanggan betah dan sampai berulang kali ke tempat kedai kopimu.

C. Nama dan Lokasi Usaha

Dalam proposal usaha kopi, menuliskan tempat lokasi usaha merupakan hal yang penting, karena ketika kamu akan mengajukan proposal kamu ke investor, mereka pasti akan menanyakan nama dan lokasi tempat usaha kedai kopi kamu.

D. Waktu Operasional

Menentukan waktu operasional dalam menjalankan usaha merupakan hal yang sangat penting, jangan sampai kamu memiliki jam operasional yang tidak mudah untuk ditebak pelanggan, jika jam operasional yang tidak selalu sama atau sembarangan ini membuat pelanggan juga bingung dengan jam operasional usaha kedai kopimu.

E. Target Pelanggan

Dalam membuat usaha kamu harus tahu betul siapa saja yang menjadi target pasar kamu, karena jika kamu sudah mengetehui dan menentukan siapa saja yang akan menjadi target pasar usaha kedai kopi kamu, kamu akan mudah dalam membuat iklan-iklan pemasaran yang sesuai dengan yang dirasakan dan disukai oleh target pasar kamu.

F. Nama dan Alamat Pemilik Perusahaan

Di bagian ini kamu harus menjelaskan nama dan alamat kamu selaku pemilik perusahaan.

G. Poduk Yang Dihasilkan

Usaha kedai kopi maka produk yang kamu hasilkan pasti kopi, tetapi di bagian ini kamu harus memaparkan lebih jelas mengenai jenis dan cita rasa kopi yang akan kamu jual.

H. Strategi Promosi

Sebelum memulai usaha kamu harus menentukan strategi apa saja yang akan kamu lakukan dalam mempromosikan bisnis kopimu.

I. Sumber Bahan Baku

Sumber bahan baku di sini maksudnya adalah bahan-bahan apa saja yang akan kamu gunakan dalam memproduksi kopi yang akan kamu jual, di bagian ini juga kamu harus menjelaskan dari mana kamu membeli atau mendapatkan bahan-bahan tersebut.

BAB III PEMASARAN

A. Segmen Pasar

Semen pasar maksudnya adalah membagi target pasar dengan beberapa kelompok yang memungkinkan memerlukan produk yang berbeda, hal ini akan mempermudah dalam marketing penjualan kopi yang akan kamu jalani.

B. Masalah Potensial

Masalah potensial adalah masalah yang mungkin akan terjadi di coffee shop atau  warung kopi yang akan kamu jalani.

C. Resiko dan Hambatan

Di bagian ini kamu bisa memaparkan resiko dan hambatan yang akan mungkin kamu alami selama memulai usaha hingga berjalannya usaha coffee shop atau warung kopi yang akan kamu jalani.

D. Tindakan atau Solusi Alternatif

Di bagian tindakan dan solusi merupakan pemaparan bagaimana kamu akan melakukan tindakan atau solusi yang akan kamu jalani.

E. Strategi Pemasaran

Di bagian ini kamu harus memaparkan perlengkapan dan peralatan, harga produk dan strategi promosi.

1. Perlengkapan dan Peralatan

di bagian perlengkapan dan peralatan kamu harus menyebutkan segala perlengkapan dn peralatan yang kamu butuhkan atau kamu pakai dalam menjalani usaha coffee shop atau warung kopi. Kamu boleh menjelaskannya dengan gambar.

2. Harga produk

Di sini kamu harus menuliskan jenis kopi dan ukuran dalam penjualan kopimu dengan disertai penulisan harganya.

3. Strategi Promosi

Dalam strategi promosi bisa menggunakan brosur, iklan di Facebook, Instagram dan lainnya, apapun strategi promosi yang akan kamu jalani boleh kamu tambahkan di bagian ini.

F. Analisis SWOT

Analisis SWOT coffee shop adalah analisis mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam menjalani usaha kopi.

BAB III PERENCANAAN DAN PERMODALAN USAHA

A. Sumber Modal

Sumber modal adalah sumber modal awal untuk menjalani usaha coffee shop.

B. Perkiraan Finansial

Bagian ini merupakan pernyataan dalam membuat laporan untung rugi, sebagai bahan dalam menentukan perusahaan dalam keadaan untung ataupun rugi.

Nah itu tadi susunan proposal usaha kopi kemasan, warung kopi ataupun coffee shop, buat kamu yang lagi mencari contoh proposal pengajuan usaha warung kopi, kamu tidak perlu mencari contoh proposal usaha cafe lengkap pdf, di bawah ini akan diberikan contoh proposal usaha coffee shop.

Contoh Proposal Usaha Coffee Shop


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk melepaskan penat dan lelah maka semakin meningkat pula kebutuhan masyarakat terhadap coffee shop atau warung kopi yang tidak hanya memberikan pelayanan berupa produk yang enak dan berkualitas tetapi juga tempat kedai atau warung kopi yang nyaman. 

Maka itu mendorong kami untuk membangun sebuah usaha kopi, untuk memberikan pelayan yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

B. Tujuan Usaha
  • Memberikan solusi kepada masyarakat yang membutuhkan tempat untuk melepaskan penat dan lelah.
  • Membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitar kedai kopi.
  • Menambah pengalaman dan melatih kreatifitas diri.
  • Menambah penghasilan dengan membuka kedai kopi.
BAB II ISI

A. Visi Misi

1. Visi: Membuka usaha kedai kopi yang profesional

2. Misi: Untuk mewujudkan visi di atas beberapa misinya diantaranya;
  • Memberikan pelayanan yang prima
  • Menggunakan bahan baku dan peralatan yang berkualitas dan higienis.
B. Strategi Usaha

Memberikan fasilitas hotspot dan interior yang nyaman dan menarik yang membuat pengunjung betah dan merasa nyaman dengan fasilitas yang diberikan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan musik akustik.

C. Nama dan Lokasi Usaha

Nama usaha ini akan diberi nama Kedai Kopi Jiwa, usaha ini akan memilih lokasi yang tempat yang pada penduduk, beda di pusat kota dan dekat dengan lokasi sekolah, Kampus dan perkantoran, dan lokasi yang sesuai dengan hal tadi yakni di komplek Pasar Oncog Dangoh. 

D. Waktu Operasional

Waktu operasional usaha ini yakni setiap hari dari jam 09.00 WIB hingga jam 22.00 WIB, dengan jam ker karyawan di bagi dua sift, sift pertama 09.00-15.30, sift kedua 15.30-22.00.

E. Target Pelanggan

Target pelanggan Kedai Kopi Jiwa ini yakni masyarakat sekitar tempat usaha.

F. Nama dan Alamat Pemilik Perusahaan

Nama Pemilik Usaha: Leli Ferlina

Alamat Pemilik Usaha: Jalan Ranjeng Jatiwangi Majalengka

G. Produk Yang Dihasilkan

Produk yang dihasilkan dari Kedai Kopi Jiwa ini yakni berupa kopi cup denan berbagai rasa, diantaranya cappucino, Moccachino, dan lain-lain.

H. Strategi Promosi

Adapun dalam promosi diataranya kami akan melakukan promosi melalu brosur, media sosial, dan lainnya.

I. Sumber Bahan Baku

Karena kami memiliki visi membuat usaha Kedai kopi yang profesional maka produk yang harus kami hasilkan yakni produk yang berkualitas, dan untuk menghasilkan produk yang berkualitas kami harus mengambil bahan dari sumber atau supplier bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti kualitasnya. 

BAB III PEMASARAN

A. Segmen Pasar

Segmen pasar Kedai Kopi Jiwa yakni semua kalangan tetapi fokus pada kaula muda dan Mahasiswa juga karyawan kantor sekitar tempat usaha dengan harga yang terjangkau.

B. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan kami ajukan yakni dengan melengkapi semua peralatan, menentukan harga dan strategi promosi sebagai berikut:

C. Perlengkapan dan Peralatan

Adapun perlengkapan dan peralatan yang akan kami lengkapi yakni:
  • Mesin Penggiling
  • Mesin Kopi Ekspreso
  • Drip Coffee Maker
  • Moka Pot
  • Glassware
  • Silverware
  • Blender
  • Peralatan Kebersihan
  • dll 
D. Harga produk

Karena target pasar dari Kedai Kopi Jiwa merupakan Mahasiswa, karyawan dan siswa sekolah SMA/SMK maka kami akan menetapkan harga kopi per Cup-nya dari Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 saja.

E. Analisis SWOT

1. Strength (Kekuatan)

Adapun kekuatan yang kami miliki diantaranya:
  • Produk yang berkualitas
Kami menggunakan bahan baku dari supplier yang memiliki bahan baku yang berkualitas dan terjamin
  • Harga yang terjangkau
Karena target pasar kami yakni kalangan menengah ke bawah, maka produk yang kamu jual pun memiliki harga yang terjangkau, sehingga ini dapat menjangkau semua kalangan.

2. Weakness (Kelemahan)

Kelemahan dari usaha Kopi ini yakni sulitnya mendapatkan bahan baku yang berkualitas sehingga ketika perusahaan Kedai Kopi memproduksi kopi yang besar akan mengalami kesulitan dalam proses produksi.

3. Opportunity (Peluang)

Banyaknya para kaula muda yang memiliki gaya hidup yang instan, yang mendorong kami untuk terus menghasilkan produk yang berkualitas dan memberikan pelayanan yang prima.

4. Treat (Ancaman)

Berikut adalah ancaman yang mungkin akan muncul dalam usaha ini:
  • Banyaknya produk baru dalam usaha kopi, termasuk kedai kopi
  • Harga bahan baku yang cenderung selalu naik.
BAB IV PERENCANAAN DAN PERMODALAN USAHA

A. Sumber Modal

Sumber modal adalah sumber modal awal untuk menjalani usaha coffee shop, adapun sumber modal Kedai Kopi yakni dari pemilik usaha dan Investor.

B. Perkiraan Finansial

Untuk menentukan Kedai Kopi berada dalam kondisi yang untuk maupun rugi maka akan membuat laporan keuangan setiap bulannya.

Sejumlah pilihan artikel berikut ini, juga masih berkaitan dengan coffee shop, simaklah.

Baca juga:





Itulah informasi perihal contoh proposal usaha coffee shop, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Penulis: Leli F

Related Posts