taupasar.com

we read, we create and we share it.

15 Cara Promosi Mebel dan Furniture, Kunci Kesuksesan Usaha Mebel

15 Cara Promosi Mebel dan Furniture, Kunci Kesuksesan Usaha Mebel


Pengusaha mebel terbilang belum terlalu umum. Banyak orang menganggap bisnis satu ini agak eksklusif dan beresiko tinggi. Modal yang besar, jaringan pemasaran harus luas, lokasi harus strategis, serta upaya manajemen harga yang ketat adalah aspek-aspek yang identik dengan peluang usaha satu ini. Bagi mereka yang belum pernah benar-benar mencoba, tentu unsur tersebut nampak sangat sulit.
promosi mebel dan furniture
Linear dengan banyaknya hal yang harus dipersiapkan untuk mempromosikan usaha meubel, keuntungan  dari bisnis ini juga tidak main-main. Terutama jika Anda sudah menerapkan teknik marketing serta kata-kata promosi yang efektif untuk menarik minat calon pembeli. Menjadi seorang pengusaha meubel dengan keuntungan berlipat-lipat ganda bukan lagi sebatas khayalan.

Memasarkan produk meubel berbeda dengan memasarkan produk makanan atau pakaian. Konsumen membutuhkan pertimbangan jauh lebih besar untuk memutuskan mengeluarkan sejumlah besar uang mereka untuk membeli produk meubel. Seberapa besarpun keinginan mereka untuk memilikinya. Oleh karena itu, ulasan ini khusus untuk membahas teknis tersebut.

Strategi Menarik untuk Mempromosikan Produk Meubel


Sebagai seorang calon pengusaha sukses, kita dituntut untuk totalitas. Total dalam memasarkan produk, total dalam menata interior ruangan, total dalam melayani pembeli, dan upaya-upaya total lainnya. Apa saja aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk memasarkan produk meubel agar mendapatkan banyak peminat? Berikut trik-triknya:

1. Pasang Denah Spanduk

Entah seberapa strategis letak kios meubel Anda, denah ini perlu dipasang sebagai penunjang. Fungsi utama spanduk ini adalah sebagai denah agar siapapun yang melihatnya tahu dimana lokasi meubel Anda, terlepas dari mereka butuh untuk membeli atau tidak.

Spanduk denah tidak sama dengan spanduk promosi. Spanduk denah diletakkan di lokasi paling strategis sekitar meubel Anda. Lokasinya tidak boleh terlalu jauh dari meubel, misalkan di perempatan terdekat atau jalan-jalan besar yang banyak dilewati orang.  Ingat, tujuan spanduk ini adalah untuk menunjukkan lokasi usaha.

Adapun spanduk promosi juga diperlukan. Untuk tempat pemasangannya, Anda bisa lebih leluasa karena tidak terikat dengan lokasi. Kuncinya, semakin ramai tempat peletakan spanduk promosi, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan konsumen.

2. Buat Promosi di Akun Media Sosial

Langkah pemasaran kedua, menggunakan perantara media sosial. Saat ini, teknik ini memang menjadi andalan promosi berbagai perusahaan dan toko. Konsep membuka toko online maupun marketplace yang menjamur tidak bisa dilepaskan dari fenomena eksistensi media sosial dalam masyarakat modern.
 
Promosi di media sosial membantu Anda meluaskan pasar hingga tak terbatas. Melalui online shop, Anda tidak lagi memiliki kendala jarak dengan konsumen. Begitupun dengan transaksi online, pembayaran bisa melalui transfer dan pengiriman barang bisa melalui ekspedisi.

Promosi di media sosial media juga tidak membutuhkan biaya besar, bahkan lebih murah dari membuat spanduk besar dan sewa papan iklan. Tentu akan sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkan media ini dengan sebaik mungkin.

3. Membuat promosi secara rutin

Tak cukup hanya membuat akun media sosial saja, promosi di IG, WA dan FB juga harus dilakukan secara konsisten, misalnya minimal satu konten sehari. Konsistensi dalam mengupload konten mempengaruhi algoritma akun Anda. Jika akun Anda kurang aktif, maka peluang untuk muncul di beranda akan semakin sedikit.

Selain berkaitan dengan postingan, lakukan juga upaya-upaya untuk menambah followers akun, misalnya melalui follow to follow, memanfaatkan Instagram ads, atau strategi lainnya. Usahakan juga melakukan interaksi yang intens dengan followers agar akun Anda bersifat agresif dan aktif.

4. Atur ruangan secantik mungkin

Bayangkan jika toko meubel Anda terasa sempit, tidak menampilkan bagian-bagian terbaik dari produk dagangan, tidak rapi, atau nampak kotor, apakah ada orang akan tertarik untuk mampir? Memiliki toko meubel harus siap menjaga kebersihan setiap saat, meletakkan kembali barang pada tempatnya dan menata ruangan se-estetik mungkin.

Jika peletakan barang di dalam ruangan tidak beraturan dan tidak bisa menampilkan daya tarik dari barang-barang meubel, orang akan enggan untuk mampir. Oleh karena itu, atur ruangan toko senyaman mungkin. Bahkan jika mungkin buat menyerupai sebuah ruangan rumah elegan dimana kursi set, lemari, hingga meja kerja tertata dengan rapi.

Pengaturan letak yang benar akan membuat ruangan nampak lebih terang dan nyaman meski hanya dipandang dari luar. Secara tidak langsung, hal ini akan menarik orang untuk berbelanja di meubel Anda. Karena alasan ini pula, Kami menyarankan Anda untuk membuat perbandingan proporsional antara jumlah produk pajangan dengan luas ruangan toko.

5. Buat website penjualan

Meskipun sama-sama bersifat online, cara kerja website dengan media sosial sangat berbeda. Website bersifat lebih formal, professional, mendetail, dan kredibel sebagai tempat jual beli. Syaratnya website tersebut mempunyai tampilan yang layak dan meyakinkan bagi para calon pembeli.

Kelebihan website dibandingkan media sosial lainnya, Anda dapat leluasa menjelaskan produk dengan lebih rinci. Justru aneh jika Anda menjelaskan produk dengan terlalu singkat sebagaimana di caption media sosial. Terutama untuk penjualan besar seperti halnya meubel, media website sangat disarankan.

6. Tampilkan gambar produk sebaik mungkin

Untuk penjualan furniture online, Anda mengandalkan gambar produk untuk menawarkannya kepada para calon pembeli. Oleh karena itu, pastikan gambar ini dapat mewakili keunggulan dan ciri khas dari produk aslinya. Jika tidak demikian, bukan keuntungan promosi yang akan didapatkan, melainkan justru sebaliknya.

Namun saat ini, menciptakan gambar produk yang mumpuni bukanlah hal sulit.   Kamera dengan hasil gambar yang canggih dapat didapatkan melalui kamera ponsel keluaran baru-baru ini serta mudah dioperasikan. Dengan belajar keahlian fotografi yang baik, menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik tak perlu biaya terlalu mahal.

7. Kualitas pelayanan premium

Apakah Anda atau karyawan Anda mengetahui jenis-jenis bahan kayu beserta keunggulan dan kekurangannya? Apakah tau bagaimana cara merawat meubel sesuai dengan jenis bahannya? Tahukah alasan mengapa meubel dengan bahan ini lebih mahal daripada bahan itu? Bagaimana cara Anda merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan konsep ruangan pembeli.?

Pertanyaan-pertanyaan diatas memang tidak harus dikuasai oleh seorang karyawan di toko meubel, namun jika Anda memahaminya, hal itu akan menjadi nilai plus besar untuk pelayanan di toko Anda. Jika bisa meningkatkan pelayanan, mengapa tidak.?

8. Membagikan brosur promo

Ketika menghadapi momentum potensial, tidak ada salahnya mengadakan promo untuk produk meubel Anda. Umumnya promo ini bersifat potongan harga beberapa persen dari harga aslinya. Momentum potensial untuk membuat promo meubel diantaranya menjelang hari raya, akhir tahun, atau ketika cuci gudang.

Tidak kalah pentingnya, sebarkan informasi promo ini ke sebanyak mungkin orang. Anda dapat membagikannya dalam bentuk brosur, infografis di media sosial, memanfaatkan iklan berbayar, atau lain sebagainya.

9. Melakukan kerjasama dengan agen properti

Peluang terbesar penjual meubel bisa didapatkan dengan kerjasama bersama agen properti. Agen properti notabene nya adalah mereka yang benar-benar membutuhkan produk-produk meubel untuk hunian mereka. Selain kerjasama seperti diatas, kerjasama juga bisa dilakukan dalam aspek marketing furniture online yang bersifat hampir mirip dengan endorsement
 
10. Memberikan garansi produk

Untuk menjaga kepercayaan konsumen dan pelanggan yang sudah berbelanja di toko Anda, berikan garansi produk untuk menjamin bahwa produk Anda adalah yang terbaik. Garansi adalah bentuk keamanan dan jaminan bagi pembeli dengan harapan mereka akan menjadi pelanggan.

11. Menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung

Fasilitas-fasilitas pendukung yang dimaksud disini ialah jasa pengantaran, jasa permak meubel, menyediakan jual beli peralatan-peralatan perawatan meubel, dan lain sebagainya. kemudahan-kemudahan tersebut akan memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan mereka terkait produk meubel.

12.  Ikut serta dalam event-event pameran

Di era pandemi, mungkin event-event seperti pasar malam, pameran budaya, atau jenis keramaian lainnya. Kesempatan untuk membuka stand adalah peluang besar untuk memperkenalkan meubel Anda kepada lebih banyak orang secara efektif dan optimal.

13. Memberikan souvenir

Meskipun tidak terlalu mahal, jika unik dan bermanfaat, konsumen akan tersanjung dengan pemberian Anda. Oleh karena itu, ide memberikan souvenir ini bisa menjadi salah satu cara menghormati dan menyayangi konsumen Anda supaya mereka betah berlangganan.

14. Menggunakan sistem promosi door-to-door

Alternatif lain dalam melakukan promosi ialah melalui salesman atau promosi dari rumah ke rumah. Jadi, perusahaan Anda memiliki marketer yang bertugas untuk menawarkan produk ke rumah para konsumen potensial. Penawaran yang bersifat personal dan eksklusif seringkali lebih berhasil menarik hati konsumen.

15.  Selalu up-to-date dengan mode terbaru

Terakhir yakni senantiasa update mode meubel terbaru. Jadikan toko Anda memiliki sifat agresif dan up-to-date. Dengan demikian, pembeli akan mengandalkan toko Anda sebagai tempat yang menyediakan meubel terbaik dan terkini.

Anda juga bisa menyimak sejumlah informasi terkait di bawah ini.

Baca juga:



Demikian 15 cara promosi mebel dan furniture yang bisa Anda terapkan sebagai strategi sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: Hanifah Saifuddin

Related Posts