taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara Ekspor Barang Kerajinan Ke luar Negeri, Dijamin Tembus Pasar Internasional

7 Cara Ekspor Barang Kerajinan Ke luar Negeri, Dijamin Tembus Pasar Internasional


Cara ekspor barang kerajinan – Barang kerajinan atau handicraft merupakan salah satu komoditi eskpor yang paling banyak diminati, selain makanan serta sayuran. Bisnis kerajinan tangan memang dipandang baik di pasar internasional, bahkan perkembangannya semakin pesat dan permintaan terus meningkat.
cara ekspor barang

Jika kamu ingin memasarkan barang kerajinan ke luar negeri, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut yang akan membantu produk atau barang hasil kerajinan sendiri semakin dikenal dunia.

Begini Cara Ekspor Barang Kerajinan Agar Tembus Pasar Internasional


1. Pahami Karakteristik Negara yang Akan Menerima Ekspor Kerajinanmu

Setiap negara memiliki karakteristik berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Kamu tidak bisa memutuskan bahwa negara A memiliki keinginan yang sama dengan negara B atau C. Hal ini membuatmu harus memahaminya dengan baik, saat kamu akan mengirimkan barang kerajinan ke negara lain.

Pahami dengan baik setiap negara yang akan menerima ekspor barang kerajinanmu, mulai dari musim yang ada, gaya hidup, serta target pasar yang sesuai sasaran. Pastikan bahwa  kerajinan yang kamu eskspor bisa bermanfaat dan menarik perhatian orang sana untuk membelinya. Dengan begitu, permintaan pasar akan terus ada dan kamu bisa terus membuat barang kerajinan tersebut.

2. Gunakan Bahan-Bahan Dasar Ramah Lingkungan

Kebanyakan negara luar menyukai barang kerajinan yang berbahan dasar ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan kerajinan ramah lingkungan lebih terlihat unik, antik, awet dan tidak merusak lingkungan negaranya sendiri.

Ada banyak barang kerajinan yang terbuat dari bahan dasar ramah lingkungan, seperti barang-barang kerajinan dari tempurung kelapa, kayu, bambu, eceng gondok, mendong, dan masih banyak lagi. Selain terlihat aesthetic, barang kerajinan dengan bahan dasar ramah lingkungan pun bisa menambah keindahan serta kepuasan tersendiri saat melihat atau menggunakannya.

3. Pastikan Barang Kerajinan yang Di Ekspor Selalu Memiliki Stock

Kalau kamu ingin menjadi seorang eksportir yang aktif, maka jangan sampai barang kerajinan yang telah di ekspor kehabisan stock, ya. Hal ini bertujuan agar ketika ada negara yang memesan barang sama dan ingin dikirimkan hari itu juga, kamu sudah bisa melakukannya.

Selain itu, perhatikan juga kualitas serta harga barang yang akan kamu jual ke luar negeri. Berikan kualitas paling terbaik dengan harga terjangkau, agar produkmu selalu memiliki pelanggan dan terus meningkat setiap harinya.

4. Jangan Lupa Untuk Melengkapi Syarat Administrasi yang Dibutuhkan

Mengekspor barang kerajinan ke luar negeri tidak dilakukan secara mudah tanpa adanya persyaratan. Kamu harus melengkapi beberapa syarat administrasi yang sudah ditentukan seperti, SIUP, NPWP, Daftar Perusahaan Badan Usaha, dan Pemberitahuan Ekspor Barang. Semua dokumen itu harus kamu serahkan ke kantor bea cukai disana untuk mendapatkan ijin melakukan ekspor.

Selain itu, untuk certificate of origin dan sertifikat mutu, silakan kamu bawa ke kantor Kementerian Perindustrian serta Kementerian Perdagangan. Setelah mendapatkan izin, kamu bisa langsung ekspor barang kerajinan ke negara tujuan dengan lancar dan terjamin keamanannya.

5. Lakukan Promosi Produk Secara Besar-Besaran

Saat kamu memutuskan untuk bekerjasama dengan berbagai negara di luar negeri, maka kamu harus gencar melakukan promosi barang kerajinanmu agar bisa dikenali banyak orang. Kamu bisa gabung dengan komunitas atau asosiasi para eksportir, seperti ASEPHI.

Disana kamu bisa mempromosikan barang kerajinan yang akan dijual dan memberitahu terkait kualitas beserta harga yang diberikan.  Bahkan, kamu bisa promosi di media sosial dan membuat website, lalu buatlah katalog lengkap barang-barang kerajinan yang kamu pasarkan beserta harga lengkap dengan cara pemesanannya.

Adanya website akan memudahkan proses ekspor karena seringkali ada perusahaan luar negeri yang tertarik belanja langsung di website, sehingga kamu bisa mengirimkan barang-barang kerajinan sesuai pesanan.

6. Hati-Hati dengan Sistem Pembayaran yang Dilakukan

Saat kamu melakukan ekspor ke luar negeri, tentunya pihak yang membeli barang kerajinanmu harus membayar sejumlah uang sesuai pesanan. Sebagai saran, kamu bisa menggunakan sistem pembayaraan letter of credit karena dipercaya lebih aman digunakan untuk pembayaran ekspor ini.

Letter of credit merupakan cara pembayaraann yang melibatkan bank sebagai pihak ketiga, sehingga mampu meminimalisir segala hal yang tidak diinginkan. Pembayaran ini memang berlaku untuk semua negara dan kamu bisa menggunakannya dengan baik sesuai ketentuan berlaku.

7. Lakukan Pengemasan dengan Baik

Cara ekspor barang kerajinan terakhir ini memang terbilang penting dan harus kamu lakukan dengan super hati-hati. Ingatlah bahwa barang kerajinan rentan rusak, sehingga kamu harus mengemasnya dengan rapi dan tidak ada celah sedikitpun.

Ada baiknya pula menggunakan bubble wrap untuk semua barang kerajinan agar ketika sudah sampai di tempat tujuan, barangnya masih dalam keadaan baik, tanpa lecet sedikit pun. Saat penerimanya mendapati barang kerajinan mereka memuaskan, tentu mereka akan melakukan order kembali ke tempatmu dan dijamin bisnis kerajian tangan ekspor ke luar negeri ini akan berkembang dengan pesat.

Ekspor barang kerajinan ke luar negeri ternyata mampu memberikan keuntungan tidak hanya kepada kamu saja, melainkan kepada negaramu sendiri. Pastinya, orang negeri di sana akan lebih mengenal negara Indonesia sebagai penghasil barang kerajinan terbaik, unik dengan harga terjangkau.

Bagi Anda yang ingin mempelajari bagaimana cara ekspor yang tepat, ikutilah kelas bimbingan ekspor yang akan memberikan modul pelatihan ekspor yang lengkap, bahkan menyediakan gratis konsultasi. kelas bimbingan ekspor akan memberikan materi, referensi dan juga bimbingan lengkap. lebih menarik lagi, kelas ini hanya mengharuskan Anda untuk membayar satu kali dan bisa digunakan selamanya. jika berminat bisa hubungi Hub : 08816183292.

Barang kerajinan yang di ekspor tentu saja dibuat oleh para pengrajin kreatif yang memiliki kemampuan luar biasa. Jadi, tak aneh apabila mereka bisa menciptakan sesuatu dengan nilai jual tinggi, hingga bisa memberikan kebanggaan kepada negaranya sendiri.

Intinya, lakukan ekspor ke luar negeri sesuai prosedur yang ditentukan, lalu lengkapi administrasinya juga agar kamu bisa terus melakukan pengiriman barang dengan mudah dan cepat. Saat kamu sudah mentaati hal di atas, tentu saja proses ekspor akan lebih lancar ketimbang saat pertama kali mengirim barang.

Kamu juga bisa menambah wawasan kamu melalui informasi di bawaih ini.

Baca juga:



Itulah informasi terkait cara ekspor barang kerajinan yang bisa kamu ketahui dan dijadikan referensi untuk bisnis kamu juga. Kalo kamu punya bisnis pembuatan barang kerajinan, kini saatnya kamu menawarkan kerajinan ini ke pasar global agar bisa dikenal oleh banyak orang.

Sehingga pemasukkanmu bisa terus bertambah setiap hari, hingga mendapatkan omzet berkali-kali lipat setiap bulannya.

Penulis: Yuliawanti Dewi

Related Posts