taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Komoditas Export dari Indonesia, Simak Agar Bisa Menambah Pengetahuanmu

10 Komoditas Export dari Indonesia, Simak Agar Bisa Menambah Pengetahuanmu

 
Kekayaan alam yang terkandung dalam bumi Indonesia sesunguhnya tidak hanya menyejahterakan penduduk Indonesia secara langsung dengan hasil-hasil kekayaan tersebut, namun juga memberikan keuntungan bagi negara. 

sejumlah komoditas export indonesia

Jika kas negara melimpah, pemerataan ekonomi di Indonesia lebih mudah dicapai dan seluruh warga Indonesia bisa mendapatkan kemakmuran.

Keuntungan negara didapatkan melalui kegiatan ekspor atau penjualan produk Indonesia ke negara-negara lain yang membutuhkan. Hasil produksi para produsen maupun petani akan dibagi, untuk memnuhi konsumsi masyarakat lokal dan sisanya untuk diekspor ke negara lain. Semakin melimpah komoditas, semakin banyak pula komoditas yang dapat diekspor.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari proses ekspor komoditas lokal ke mancanegara, diantaranya adalah meningkatkan devisa negara, meningkatkan eksistensi produk dalam negeri, hasil produksi tersalurkan secara lebih optimal, membangun relasi baik dengan negara lain, dan seterusnya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa produk Indonesia yang sudah berhasil menjadi komoditas ekspor ke beberapa negara besar. Selain itu, masih ada banyak produk Indonesia yang potensial untuk dipasarkan secara internasional.

Komoditas Export Dari Indonesia


1. Produk kulit

Salah satu produk ekspor unggulan Indonesia adalah kerajinan yang terbuat dari kulit binatang. Tangan-tangan pengrajin Indonesia sudah banyak dikenal terampil dan piawai dalam mengubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Inilah alasan mengapa handmade Indonesia sangat diminati di banyak negara.

Produk kulit ini terdiri atas banyak jenis, seperti tas, sepatu, alas kaki, dompet, dan lain sebagainya. Beberapa negara konsumen dari produk kulit ini diantaranya Australia, Malaysia, Vietnam dan Tiongkok. Beberapa tahun ke depan, sangat mungkin Indonesia menjelma menjadi negara yang popular dengan hasil kerajinannya.

2. Udang

Selain kerajinan, udang juga menjadi produk ekspor unggulan dari Indonesia. Udang sangat terkenal sebagai bahan makanan yang lezat dan mempunyai banyak penggemar. Kini, Indonesia menjadi pengekspor udang ke puluhan negara di seluruh dunia.

Beberapa negara tersebut yaitu Thalan, Jepang, Canada, USA, Taiwan, Belanda, Prancis, Jerman, hingga Belgium dan England. Udang merupakan spesies yang sangat cocok dengan iklim di Indonesia yang tropis. Faktor ini menjadikan udang Indonesia memiliki citarasa yang khas dan nikmat.

3. Alas kaki

Meskipun produk ini kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia sendiri yang menganggap alas kaki adalah hal yang sangat biasa, nyatanya salah satu komoditas ekspor Indonesia 2020 terkemuka adalah alas kaki. Adapun yang paling terkenal adalah brand Tomkins.

Beberapa negara yang mengekspor alas kaki dari Indonesia yaitu Spanyol, Turki, Jepang, Hongkong, Belgium, Thailand. Chili. Australia, Prancis, China, Italia, USA, Korea Selatan, dan lain sebagainya. hingga saat ini, alas kaki masih menjadi produk ekspor  yang masuk dalam kategori 10 ekspor terbesar.

4. Logam mulia

Salah satu kekayaan berharga yang terpendam di bawah bumi Indonesia adalah intan permata dan logam mulia. Komoditas ini banyak dihasilkan di wilayah Indonesia Timur dimana tanahnya mengandung emas. Beberapa negara peng-impor emas adalah Uni Emirat Arab, Hongkong, dan Singapura.

Hari ini, logam mulia sedang mendapatkan perhatian tinggi dari banyak kalangan karena dianggap sebagai bentuk investasi yang menjanjikan. Harga emas dikabarkan akan terus meningkat setiap tahun, berbeda terbalik dengan mata uang rupiah yang terancam akan mengalami inflasi karena pandemic Covid-19.

5. Produk tekstil

Produk tekstil yang paling terkemuka dari Indonesia adalah kain batik dan kain tenun. Dua produk ini sekaligus juga menjadi icon budaya dan ciri khas masyarakat Indonesia yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Warisan batik bahkan sudah dinobatkan sebagai kain khas negara Indonesia.

Tekstil satu ini juga mempunyai banyak sekali peminat di mancanegara. Beberapa negara yang mengimpor kain batik Indonesia ke negara mereka ialah Korea Selatan, Belgia, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Jepang. Hingga saat ini, produk tekstil masih terus mengembangkan sayapnya untuk jangkauan pasar internasional yang lebih luas.

6. Furniture

Furniture menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia ke negara ASEAN yang tertinggi. Di negara penghasil kayu yang besar, produk furniture Indonesia sangat beragam, mulai dari Jati hingga Mahoni. Kekuatan dan tekstur bahan-bahan furniture tersebut berhasil menarik banyak negara untuk meliriknya.

Beberapa negara tujuan ekspor furniture Indonesia diantaranya yaitu Spanyol, Belgia, Swedia, Jepang, Taiwan, Afrika Selatan, Inggris, Jerman, Australia, Denmark. Singapura, dan beberapa negara lainnya. Jenis-jenis furniture yang banyak diekspor adalah almari, set meja kursi, dan pintu.

7. Kerajinan tangan

Produk Indonesia yang sangat diminati di pasar mancanegara lainnya yaitu kerajinan tangan. Kerajinan-kerajinan ini biasanya terbuat dari kayu, sabut kepala, biji-bijian, dan lain sebagainya. Value dari kerajinan tersebut adalah keunikan serta daya ciptanya yang sangat tinggi karena dibuat secara detail dari para ahli.

Selain pengiriman secara ekspor, kerajinan tangan juga kerapkali menjadi destinasi belanja para tamu mancanegara. Sebut saja seperti wilayah-wilayah wisata mancanegara yang banyak dikunjungi bule, seperti Lombok dan Bali.

Adapun jenis produk kerajinan tangan yang paling banyak mendapatkan permintaan adalah anyaman dan pernak-pernik kayu. Produk-produk ini biasanya digunakan sebagai kenang-kenangan, hiasan dinding, hiasan meja, dan lain sebagainya.

8. Getah karet

Komoditas satu ini identik dengan satu pulau terbesar di Indonesia yaitu Sumatera. Kepulauan tersebut sangat terkenal dengan perkebunan karet yang masih sangat luas dengan hasil produksi berton-ton dalam sehari. Getah dari tanaman ini kemudian di sadur dan dijual ke dalam negeri maupun luar negeri.

Memang tidak semua negara dapat menghasilkan getah karet. Beberapa negara memiliki hasil karet yang tidak memenuhi kebutuhan terhadap produksi olahan karet. Beberapa negara yang membeli getah karet dari Indonesia diantaranya Tiongkok, Brazil, AS, Singapura, dan jepang.

9. Kayu

Sebagai negara yang masuk dalam daftar 5 negara dengan hutan terluas, hasil kayu Indonesia terbilang cukup melimpah dan beragam. Tidak mengherankan jika Indonesia menjadi eksportir kayu yang sangat diperhitungkan di negara lain seperti Belanda, Qatar, Amerika Serikat, Saudi Arabia, dan lain sebagainya.

Tidak hanya perihal export saja, kamu juga bsia mendapatkan tambahan pengetahuan tentunya dengan menyimak sejumlah informasi dari beberapa artikel di bawah ini. 

baca juga:



Perilah ekspor kayu, Indonesia mempunyai sistem sertifikasi khusus yakni sertifikat verifikasi legalitas kayu (SVLK) atau V-Legal sebagai jaminan bahwa perdagangan internasional ini bersifat legal dan resmi. Selain terkait keamanan, legalitas ini juga berkaitan dengan jaminan kualitas kayu yang diperjual-belikan.

10. Minyak nabati

Produk Indonesia yang diminati oleh pasar internasional selanjutnya adalah minyak nabati, yakni olahan minyak yang berasal dari tumbuhan. Minyak nabati sangat banyak manfaatnya, salah satu yang paling popular adalah sebagai bahan campuran makanan.

Beberapa negara pengimpor minyak nabati dari Indonesia yaitu Filipina, Vietnam, Jepang, Swiss, Spanyol, Nigeria, Saudi Arabia, Taiwan, Kenya, Thailand, Singapora, USA, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.

Selain 10 komoditas export dari Indonesia diatas, sesungguhnya masih banyak lagi sumber daya Indonesia yang menjadi primadona di negara-negara lain, misalnya seperti makanan kemasan, rempah-rempah, perhiasan, dan lain sebagainya.

maka itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal 10 komoditas export dari indonesia, semoga bisa menambah pengetahuan kamu semua.

Penulis: Hanifah saifuddin

Related Posts