taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Contoh Promosi Produk Kerajinan Menarik Untuk Dicoba

‘Banyak jalan menuju Roma’. Pepatah itulah yang dapat Kita jadikan acuan ketika sedang bingung menentukan cara promosi yang benar. Dengan kemudahan komunikasi dan informasi digital saat ini, metode untuk mempromosikan barang kerajinan sendiri menjadi lebih mudah dan beragam.

promosi produk kerajinan

Segala fasilitas ini berdampak pada peluang closing yang lebih besar, jangkauan konsumen yang lebih luas, dan pengembangan usaha yang lebih terbuka. Akan sangat rugi jika kesempatan-kesempatan ini tidak dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh para pengrajin untuk memperkenalkan maha karya mereka.

Tuntutan digitalisasi menuntut para pengrajin untuk bisa membuat kalimat promosi yang sesuai dengan platform yang digunakan baik itu online maupun offline. Misalkan saja, membuat kalimat promosi melalui media sosial dengan ucapan bagi sales tentu akan sangat berbeda. Pada kesempatan kali ini Kita akan mengulasnya secara rinci.

7 Contoh Promosi Produk Kerajinan


Di bawah ini, Kita akan membahas 7 contoh kalimat promosi di berbagai media yang dianggap sangat potensial untuk dimanfaatkan. Langsung saja berikut ulasannya:   

1. Promosi di media sosial

Promosi di media sosial dapat dilakukan di berbagai platform medsos yang memiliki paling banyak peminat seperti Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Untuk melakukan promosi di media ini, wajib hukumnya mencantumkan foto kerajinan Anda dengan sebaik mungkin sehingga bisa membuat siapapun tertarik ketika melihatnya.

Setelah mencantumkan foto-foto menarik, selanjutnya barulah menyusun caption atau keterangan gambar yang mendeskripsikan barang tersebut dan tentunya juga mempromosikannya. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

“Kerajinan guci. Terbuat dari tanah liat yang sudah dibakar dan dicetak dengan sempurna. Dibuat oleh tangan-tangan berbakat dan sudah berpengalaman. Ukiran terinspirasi dari lukisan China .... Guci dijamin anti luntur, tidak rapuh, dan tidak mudah pecah. LIMITED EDITION. Jika tertarik bisa segera chat pribadi, siapa cepat dia dapat”  

2. Promosi melalui endorsmen

Contoh promosi produk kerajinan tangan  selanjutnya ini dilakukan melalui endorsmen yaitu menggunakan jasa public figur yang memiliki banyak pengikut media sosial untuk mempromosikan produk kerajinan Kita. Sama dengan yang pertama, cara promosi ini juga dilakukan melalui berbagai jenis media sosial,  terutama instagram.

Kalimat promosi yang bisa digunakan dalam endorsmen biasanya bersifat testimoni. Misalnya seperti:

“pas kemarin reuni, ada banyak anggota keluargaku yang nanya dimana aku beli gerabah ini guys... gak salah sih aku beli. Sejujurnya aku memang jatuh cinta pandangan pertama sih sama gerabah ini, soalnya art nya kental banget dan kelihatan maching banget ketika dipasangkan di dinding warna apapun.

Kalau kalian jatuh cinta juga dengan jam dinding handmade ini, langsung aja pesan di @onegerabah. Kepoin juga produk-produk kerajinan Mereka lainnya ya, dijamin cantik-cantik semua. Tunggu apalagi”

Dalam endorsmen, promosi dapat dilakukan melalui caption atau video. Jika memungkinkan, Anda dapat menyiapkan script kalimat promosi yang perlu diucapkan dalam promosi jika Anda yakin langkah tersebut akan mendukung iklan menjadi lebih efektif.  

3. Promosi melalui video tiktok

Rasanya, tak ada generasi muda yang tidak mengenal platform yang satu ini. Tiktok kini menjadi aplikasi populer yang juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk dagangan. Anda ditantang untuk menampilkan video review dari kerajinan dan membuat narasi-narasi menarik bagi calon konsumen.

Di tiktok, Anda dapt menampilkan proses pembuatan dari awal hingga akhir dan memberikan keterangan-keterangan untuk mendukung pemahaman penonton terhadap step-step dalam video. Contoh narasi yang bisa dicantumkan adalah sebagai berikut:

“Anak muda yang cinta produk Indonesia wajib banget nih buat koleksi bingkai foto gerabah ini. Dengan harga yang murah meriah, kalian sudah bisa mempercantik tampilan meja kalian dengan bingkai foto yang estetik dan tentunya anti-mainstream. link pemesanan ada di bawah ini ya....”

4. Promosi melalui sales (sales promotion)

Selain gencar melakukan promosi online di media sosial, promosi secara door to door juga jangan sampai kendor. Salah satu metode yang dapat ditempuh adalah sales promotion dimana penjual mendatangi para pembeli secara langsung ke kediaman Mereka.

Sales promotion mengandalkan kemampuan public speaking yang baik serta teknik marketing untuk memikat calon konsumen. Topik yang harus dijabarkan diantaranya adalah deskripsi produk kerajinan, manfaat barang tersebut, pentingnya memiliki kerajinan tersebut, serta keuntungan yang akan Mereka dapatkan ketika membelinya.

Setelah menjelaskan itu semua, Anda dapat mulai menambahkan rayuan-rayuan untuk menarik Mereka melakukan pembelian. Contoh kalimatnya seperti ini:

“kalau ibu membeli di toko lain, pot bunga handmade seperti ini kemungkinan ketahanan bahannya tidak akan sekuat pot ini yang tahan banting. Selain itu, nanti ibu akan dapat harganya jauh lebih mahal.
Jika ibu membeli sekarang, ibu bebas mengetes ketahanan pot ini. Selain itu, ada potongan harga juga apabila ibu membeli pot lebih dari dua buah”

5. Promosi personal kepada konsumen potensial

Promosi personal dapat dilakukan melalui email, SMS, pesan Whatsapp atau pesan personal lainnya. Pesan ini dapat dikirimkan kepada orang-orang yang menurut Anda berpotensi menjadi pelanggan.
Adapun isi pesan personal ini berisi ajakan kepada konsumen untuk membeli, bekerja sama dalam penjualan, dan lain sejenisnya. Contoh pesan personal ini adalah sebagai berikut:

“selamat sore kak. Kami dari pusat kerajinan tangan OneGerabah ingin menawarkan produk-produk usaha dari tangan pertama.

Kami menyediakan berbagai produk rumah tangga, yaitu:

- Aneka keperluan dapur

- Aneka hiasan dinding\

- Aneka peralatan kamar mandi

- Aneka keperluan bercocok  tanam

- Dll

Produk gerabah ini dijamin berkualitas tinggi dan awet digunakan. Dengan harga termurah, produk-produk ini cocok untuk dijual kembali. Pembelian dalam jumlah lusin akan mendapatkan potongan harga yang dijamin menguntungkan. Untuk mengetahui produk-produk kerajinan lainnya, Anda dapat mengikuti Instagram @onegerabah. Selamat berbelanja.

6. Promosi melalui media cetak

Promosi kerajinan jenis ini dapat melalui media cetak berupa koran, brosur, tabloid, atau selebaran. Carilah contoh promosi produk kerajinan di media cetak untuk mengetahui bagaimana kata-kata disajikan kepada pembaca untuk mempengaruhi Mereka.

baca juga:

Yang terpenting Anda harus dapat menampilkan produk dengan jelas, warna yang menarik, ukuran yang pas, dan nampak indah. Selanjutnya Anda dapat menambahkan kata-kata promosi untuk mengajak pembaca membelinya.

7. Promosi di website

Alternatif terakhir untuk contoh promosi kerajinan tangan yakni berbekal website.di website, penjual dapat lebih leluasa memasarkan produk mereka, menuliskan deskripsi, mencantumkan gambar-gambar, atau mengeksplorasi kreatifitas dalam desain website yang menarik.

Presentasi penjual yang menggunakan website sebagai sarana promosi masih terhitung jarang. Pasalnya, biaya pembuatan website masih tergolong mahal dan membutuhkan keahlian IT yang lebih besar. Jika Anda mencobanya, dijamin calon konsumen akan semakin yakin terhadap produk Anda.

Demikian 7 contoh promosi prosuk kerajinan melalui berbagai sarana alternatif yang wajib dicoba. Jangan ragu untuk mempublikasikan maha karya Anda untuk dapat dinikmati oleh lebih banyak orang. Jangan menyerah dan selalu optimis sukseskan penjualan.  

Penulis: Hanifah Saifuddin
Related Posts