Solikhah

CEO Taupasar.

Apa Itu Smart Home System?

Smart home system atau sistem rumah pintar secara sederhana dapat diartikan sebagai bangunan rumah yang dilengkapi teknologi canggih, sehingga seluruh perangkat dan sistem tersebut dapat saling terhubung. Artinya, sebagai pemilik rumah kita dapat mengendalikan perangkat (perlengkapan maupun peralatan) di dalam rumah secara remote atau jarak jauh. Meski sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2000-an silam, sistem smart home Indonesia belakangan ini baru mendapat perhatian dari publik.


Compound Annual Growth Rate (CAGR) memprediksi bahwa pertumbuhan smart home di seluruh dunia akan meningkat hingga 29.5% di tahun 2020 mendatang. Di mana wilayah Asia – Pasifik adalah lokasi tempat penerapan smart home system tertinggi, pada persentase 37.7%. Tingginya jumlah peminat smart home Indonesia juga tidak terlepas dari kemudahan instalasi dan fleksibilitas pengaturan sistem rumah pintar itu sendiri.

Keunggulan smart home system

Smart home adalah pilihan terbaik untuk kita yang memiliki mobilitas dan kesibukan tingkat tinggi. Aktivitas pekerjaan mungkin akan membuat kita jauh dari rumah. Namun, berkat teknologi smart home system, kini kita bisa mengontrol segala perangkat di rumah dari jarak jauh. Misalnya, kita bisa menyalakan lampu di seluruh ruangan rumah saat malam hari. kita bahkan bisa mengatur tingkat pencahayaan yang diinginkan. Tentu ini akan membantu kita menghemat tagihan listrik karena penggunaan lampu lebih efektif dan efisien.

Baca juga : Smart tips mempunyai rumah bersubsidi

Lebih dari itu, kontrol pada sistem rumah pintar dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, laptop, maupun PC Tablet. Melalui koneksi internet, kita bisa mengontrol segala keperluan perangkat yang ada di rumah. Tidak terkecuali mengatur sirkulasi udara di dalam rumah. Beberapa hunian yang dibekali smart home system juga memungkinkan penghuninya mengatur tirai jendela sesuai keinginan.

Jakarta dan Bali punya peminat smart home Indonesia tertinggi

Sampai saat ini, jumlah peminat smart home Indonesia masih terus bertambah. Jakarta dan Bali disebut-sebut sebagai wilayah dengan jumlah peminat smart home tertinggi. Di kedua wilayah tersebut bahkan sistem rumah pintar sudah tersebar secara hampir merata. Di ibu kota saja, kita bisa menemukan bangunan rumah yang menerapkan smart home system di kawasan Pluit, Menteng, Pantai Indah Kapuk, hingga Pondok Indah. Bahkan developer perumahan di wilayah penyangga, seperti Tangerang, pun sudah menerapkan sistem rumah pintar ini.

Konsep hunian masa depan

Teknologi smart home digadang-gadang menjadi konsep hunian masa depan. Tidak hanya unggul dengan teknologi dan fitur canggih yang digunakan, beberapa perusahaan elektronik juga mendukung upaya penerapan smart home system melalui produk-produk yang ‘ramah internet’. Mulai dari lampu, televisi, lemari es, AC, hingga mesin cuci sekali pun sudah bisa dikendalikan dengan menggunakan gadget kita kapan saja dan dari mana saja.



Baca juga : Perbedaan pembelian rumah dengan KTA vs KPR

Smart home adalah pilihan terbaik di era Internet of Things karena seluruh kontrol bisa dilakukan hanya dengan berbekal koneksi internet dan satu unit gadget saja. Kita bahkan bisa mengawasi keadaan rumah melalui kamera CCTV yang terpasang di sudut-sudut ruangan.

Penulis : Sigit Ardho
Editor : Sigit Ardho