Solikhah

CEO Taupasar.

5 Langkah Membuat Simple Copywriting yang Menarik dan Efektif

Copywriting sudah menjadi teknik dasar dalam melakukan bisnis online atau digital. Bagi yang belum tahu, apa itu copywriting? Secara sederhana copywriting adalah teknik menulis atau membuat tulisan yang menarik dan informatif dengan tujuan untuk menarik calon pelanggan. Teknik ini sering digunakan untuk konten promosi dalam facebook, instagram atau marketplace.



Namun banyak sekali orang yang merasa bahawa untuk bisa membuat sebuah konten copywriting itu sulit dan perlu banyak sekali referensi. Pertanyaannya, apakah ada konsep copywriting yang sederhana? Ada, namanya Simple Copywriting. Bagaimana langkah membuat simple copywriting?

1. Tulislah KEBUTUHAN konsumen. Tulis mengapa konsumen butuh produk kita. Tuliskan PROBLEM konsumen disini. Tulis dengan huruf BESAR sebagai Headline pada postingan IG, Twitter ataupun FB.



Tahap ini bisa dimulai dengan memetakan dengan jelas "siapa target pasar kita?". Untuk menentukan target promosi kita, tidak salah jika kita mulai dengan melakukan target audience lewat facebook. Namun sekali lagi harus diingat, bahwa Tidak semua orang adalah target promosi kita.

2. Tuliskan MEREK dengan jelas sebagai solusi dari kebutuhan atau problem konsumen.



Tidak usah terlalu bertele-tele, fokus saja pada bagaimana menyampaikan bahwa produk kita adalah solusi yang pelanggan cari. Misal jika kita sedang membuat tulisan tentang obat herbal, maka alangkah lebih efektif jika kita mulai dengan fokus produk itu spesifik bisa mengtasi masalah apa.

3. Buatlah JANJI BESAR yang membangkitkan KEINGINAN konsumen untuk membeli produk anda.



Catatan penting, janji besar disini pastinya sudah terbukti. Mengapa harus terkesan besar? supaya kita bisa memberikan sebuah kesan yang "bold" atau tajam. Perlu diingat, bahawa seseorang bisa saja membaca tulisan kita dalam konidisi tidak sengaja atau hanya sepintas. Artinya alangkah sangat krusial ada kata - kata yang bisa membuat pembaca "kecantol" atau tertarik.

4. Sertakan BUKTI dari apa yang anda janjikan. Biasanya diletakkan pada illustrasi/photo/poster.



Ini adalah penjabaran dari poin nomor 3. Bukti ini juga bisa berupa testimoni dari pelanggan atau konsumen yang telah memakai produk kita sebelumnya. Sangat sulit bisa membuat sebuah bukti yang diterima tanpa adanya pengakuan jelas dari seseorang yang pernah menggunakan produk kita.

5. Tutuplah dengan kalimat Call to ACTION sebagai kalimat clossing yang efektif. Contohnya “Beli hari ini atau besok anda bakal kehabisan”. Pokoknya segala kat-kata scarcity alias ‘nakut-nakuti’ tulis disini.



Sebanrnya hal ini lumlah digunakan, namun sangat perlu diperhatikan pemilihan kata-katanya. Pesan paling penting yang disampaikan adalah "mengapa target kita harus membeli produk ini saat ini?"

Jika kita ingin balajar contoh copywriting yang sudah terbukti. Kita bisa ambil contoh dari ilmu Pak Bi yang dituangkan dalam instagramnya seperti berikut:


dari IG : @subaikto -

Anda bisa membuat copywriting yang paten dengan formula diatas. Nih contohnya :

Lyric Jingle Kopiko

Bila mata ngantuk,
Tapi anda sibuk,
Tak sempat NGOPI.
(Menciptakan kebutuhan)

Ambil saja KOPIKO, (Usulkan Brand anda sebagai solusi)

Baca juga : Mengapa KOPIKO bisa menjadi brand kelas dunia?

Kopi Permen KOPIKO
(Call to Action, Bukti atas janji diatas)

Slogan :
KOPIKO. Gantinya Ngopi
(JANJI BESAR)

Demikian tadi bagaiaman membuat sebuah copywrting sederhana (simple copywriting) ala Pak Bi. Semoga bermanfaat.

Referensi : IG : @subiakto
Editor : Sigit Ardho