Solikhah

CEO Taupasar.

7 Daftar Pinjaman Online Berbasis Syariah Terbaru

- taupasar.com | 7 Daftar Pinjaman Online Berbasis Online Terbaru

Lembaga pinjaman dana saat ini adalah salah bisnis yang sangat menjanjikan. Alasan utamanya adalah perlambatan ekonomi saat ini membuat orang merasa sangat terbantu dengan adanya lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman dengan syarat yang tidak terlalu "ribet".

Pinjaman Online Berbasis Syariah
Ekonomi digital saat ini juga memberikan celah untuk seseorang bisa melakukan pinjaman secara online. Meskipun bunga yang ditawarkan cenderung lebih tinggi dari pada bank konvensional, namun asesibilitas yang lebih cepat dan praktis (kadang hanya cuma foto KTP) membuat kita merasa sangat dimudahkan. Namun yang menjadi pertanyaan apakah ada pinjaman online yang berbasis syariah?

Baca juga : Perbankan Syariah | Pengertian, Perkembangan Transaksi dan Lembaga Kuangan Syriah

Lembaga pinjaman online berbasis syariah ternyata ada. Bahkan jumlahnya tidak sedekit. Aktifitas utama lembaga pinjaman syariah dengan sistem online ini yaitu berupa kegiatan pinjam-meminjam yang dilakukan lewat aplikasi (tidak bertemu secara langsung) atau bisa diakses lewat situs mereka masing - masing. Di samping itu, untuk mendapatkan akses pinjaman, tidak perlu menjaminkan apapun (tanpa agunan).

Ada 7 pinjaman syariah online terbaik 2019 yang terdaftar di OJK, antara lain:

1. Investree

Pinjaman syariah yang ditawarkan Investree adalah pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan. Produknya adalah pinjaman produktif untuk usaha bukan hanya untuk di konsumsi.
.
2. Ammana (PT Ammana Fintek Syariah)

Ammana memiliki target pinjaman yaitu UMKM yang membutuhkan modal usaha melalui program pendanaan bersama. Pelaku UMKM wajib menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdaftar di Ammana yang berfungsi sebagai lembaga kurasi kelayakan usaha UMKM yang akan didanai bersama para pendana melalui skema pendanaan.

Baca juga : Muslimah, Cantik dan Kaya | Daftar Wanita Muslim Tercatik dan Terkaya di Dunia

3. Danasyariah (PT Dana Syariah Indonesia)

Danasyariah merupakan pinjaman syariah online yang menyediakan Layanan pembiayaan syariah bagi pemilik usaha dan perorangan, untuk mendapatkan manfaat dan bagi hasil yang halal.

4. Danakoo (PT Danakoo Mitra Artha)

Danakoo adalah pinjaman online syariah yang menyediakan dua jenis produk yaitu pinjaman multiguna syariah dan multijasa syariah. Pinjaman multijasa yakni pinjaman pribadi tanpa riba guna keperluan umum dengan akad wakalah bil ujrah. Adapun pinjaman multiguna ditujukan untuk pembiayaan pembelian barang, kendaraan atau DP rumah dengan akad murabahah.

5. Alamisharia (PT Alami Fintek Sharia)

Sistem Alamisharia adalah mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Jenis pembiayaan adalah invoice financing (anjak piutang) mulai dari Rp. 50 juta samapai dengan Rp. 2 Miliar. Calon penerima pendanaan memiliki bukti tagihan (invoice) atas suatu pekerjaan yang telah selesai dilakukan dapat mengajukan pendanaan.

6. Syarfi (PT Syarfi Teknologi Finansial Sinpasa Commercial)

Sedangkan Syarfi, menghubungkan antara pemilik dana dari berbagai Negara dan masyarakat Indonesia yang membutuhkan untuk pembiayaan layanan dan pembiayaan usaha di Indonesia, baik untuk satu individu atau perusahaan bisnis.

7. Duha Syariah (PT Duha Madani)

Duha syariah adalah platform P2P yang memberikan pembiayaan untuk membeli barang atau jasa berdasarkan prinsip syariah. Dengan menawarkan dua jenis produk pinjaman konsumtif dan pembiayaan perjalan religi. Produknya berupa barang/jasa yang dijual di marketplace yang bekerjasama dengan duha syariah. Adapun produk dari pembiayaan perjalanan religi yaitu seperti perjalanan umroh dan wisata halal.

Baca juga : Perbedaan Manajemen dan Pemasaran Syari’ah dengan Manajemen Pemasaran Konvensional

Adanya lembaga peminjaman berbasis online ini memang memberikan alternatif untuk membantu mengatasi masalah keuangan kita. Namun sekali lagi kita juga harus cermat untuk bisa memastikan bahwa pinjaman yang kita gunakan itu memang bersifat produktif. Sangat tidak dianjurkan jika kita merasa bahwa pinjaman syariah online ini menjadi short cut untuk melakukan aktifitas konsumtif.

Reference : ruang halal
Editor : Sigit Ardho