taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ide Usaha Harian yang Menguntungkan dengan Modalnya Tidak Terlalu Besar

Ide Usaha Harian yang Menguntungkan dengan Modalnya Tidak Terlalu Besar

Ide usaha harian seringkali dibutuhkan oleh ibu rumah tangga atau yang baru lulus sekolah namun belum mendapatkan pekerjaan. Usaha tersebut biasanya memberikan keuntungan langsung setiap hari sehingga dapat diandalkan untuk mencukupi kebutuhan.
Ide Usaha Harian
Biasanya juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar meskipun keuntungan yang didapatkan tentunya sepadan. Namun jika ditekuni bukan tidak mungkin kalau akan menjadi besar dan memberikan keuntungan yang menggiurkan.

13 Ide Usaha Harian dengan Modal Tidak Besar

Ketika Anda ingin memulai sebuah usaha, jangan pernah merasa takut gagal karena berbagai hal yang mungkin terjadi. Langkah penting yang harus dimiliki adalah membulatkan tekad, bermental baja dan pantang menyerah.

Beberapa jenis ide usaha harian di bawah ini adalah kebutuhan semua orang setiap hari sehingga dapat dicoba:

1. Gorengan

Ide usaha yang pertama adalah gorengan, jenis makanan yang sangat familiar di kalangan masyarakat ini dapat dijadikan usaha harian. Anda dapat memilih waktu berjualan pada pagi atau sore hari saja, Atau memutuskan memilih dari pagi sampai malam.

Gorengan termasuk makanan yang digemari banyak orang dengan berbagai kalangan usia. Agar pembeli tidak bosan, Anda dapat membuat beberapa gorengan sekaligus sehingga terdapat pilihan yang disukai pembeli.

Modal untuk membuat gorengan ini juga tidak terlalu besar, biasanya hanya kompor, wajan penggoreng peniris dan meja atau etalase untuk menjajakannya. Bahannya juga mudah didapat, selain bumbu Anda dapat menyiapkan tepung, tempe, tahu, pisang, sukun, dsb.

2. Martabak

Makanan yang satu ini mudah ditemukan di berbagai tempat di seluruh Indonesia, artinya hampir semua orang menyukainya. Anda dapat memilih berjualan martabak yang biasanya dilakukan pada sore sampai malam hari ini. Sehingga tidak mengganggu aktivitas harian yang menjadi rutinitas para ibu rumah tangga.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak juga tidak sulit ditemukan dan harganya juga terjangkau. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memulai ide usaha harian ini.

3. Nasi Goreng

Makanan yang disukai semua orang yang dapat dijadikan ide usaha harian lainnya adalah nasi goreng dengan berbagai varian. Selain bahan untuk membuat nasi goreng ini mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau juga cara membuatnya cepat dan tidak terlalu rumit.

Bahkan makanan ini dapat dinikmati dari pagi sampai malam hari, untuk bekal sekolah, sarapan maupun disantap saat pulang kerja. Sehingga Anda dapat menyesuaikan waktunya sesuai keinginan sehingga dapat menjalankannya dengan lebih fokus.

4. Mini Catering

Ketika membuka katering besar tentunya membutuhkan tim yang terdiri dari beberapa orang dan tempat usaha yang cukup luas. Selain itu juga modal yang dibutuhkan untuk memulainya membutuhkan dana yang sangat besar.

Namun jika Anda senang memasak dengan modal yang terbatas, maka dapat mencoba membuka usaha mini katering. Segmentasi pasarnya juga bukan untuk pesta atau acara yang besar, melainkan untuk menu keluarga seperti sarapan, makan siang, atau makan malam.

Anda dapat menawarkan melalui media sosial atau memasang spanduk yang menarik di depan rumah. Anda juga dapat bekerja sama dengan beberapa layanan seperti ojek online dsb untuk memperluas pemasaran.

5. Warung Sembako

Ide usaha harian yang tidak kalah menjanjikan lainnya dan memiliki peluang yang cukup besar adalah warung sembako. Apalagi kalau di sekitar tempat tinggal tidak banyak warung yang sama, dengan jumlah penduduk yang cukup padat.

Anda dapat menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan dapur, kebutuhan mandi, obat-obatan, jajanan anak-anak dsb. Jika ada warung lain yang ada di sekitar Anda pastikan sudah memberikan harga yang kompetitif.

6. Agen Ekspedisi Barang

Seiring dengan kemajuan teknologi, salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah agen ekspedisi barang. Karena dengan meningkatnya aktivitas belanja online pada masyarakat membuat banyak pengiriman setiap harinya.

Demikian juga dengan para pedagang online yang terus bertambah membuat kebutuhan akan jasa pengiriman juga semakin meningkat. Anda hanya membutuhkan tempat yang strategis dan cukup untuk menampung barang untuk memulai usaha ini.

7. Makanan Ringan

Ide usaha harian yang satu ini menjadi banyak pilihan ibu rumah tangga yang memiliki rumah dengan lokasi yang strategis. Selain modalnya tidak terlalu besar juga tidak membutuhkan keahlian khusus, dengan calon konsumen yang tidak terbatas.

Biasanya makanan ringan ditawarkan dengan harga yang terjangkau sehingga banyak orang dapat membelinya. Meskipun terlihat sepele namun usaha makanan ringan ini berpotensi besar menghasilkan uang melimpah setiap harinya.

8. Laundry

Ketika Anda tinggal di hunian yang padat dengan penduduk yang mayoritas pekerja atau mahasiswa, salah satu usaha yang dapat dicoba adalah laundry. Usaha ini tidak memerlukan tempat khusus sementara dapat menggunakan mesin cuci yang Ada di rumah terlebih dahulu.

Untuk pemasarannya Anda dapat menggunakan banner yang memuat informasi layanan dan harga yang menarik. Apabila masih baru Anda dapat menawarkan promosi yang membuat orang tertarik dan layanan paket yang membuat Anda langsung mendapatkan pelanggan.

9. Cuci Kendaraan

Usaha cuci kendaraan juga dapat dijadikan ide usaha harian yang tetap diminati dari dulu sampai sekarang. Karena pemilik kendaraan bukannya berkurang namun semakin bertambah setiap harinya, sementara kesibukan masyarakat juga meningkat.

Jika memiliki tempat yang strategis, Anda dapat mencoba membuka usaha ini karena modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Anda juga dapat menentukan spesialisasi jasa cucinya, misalnya khusus motor, mobil, atau menerima segala jenis kendaraan.

10. Pet Shop

Salah satu usaha yang dapat Anda buka di wilayah perkotaan maupun tempat-tempat yang penduduknya cukup banyak adalah Pet Shop. Seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap hewan peliharaan seperti burung, anjing, kucing, kelinci dan sebagainya.

Hewan-hewan tersebut tentunya membutuhkan makanan yang berkualitas dan sesuai dengan jenisnya. Anda juga dapat sekaligus membuka jasa layanan perawatan hewan atau salon, bahkan dapat juga bekerjasama dengan dokter hewan.

11. Franchise Minuman

Franchise minuman juga menjadi salah satu ide usaha harian yang cukup menjanjikan mengingat banyaknya minuman kekinian yang bermunculan. Meskipun biayanya lebih mahal jika dibandingkan dengan menjual hasil racikan sendiri namun pasarnya sudah lebih jelas.

Selain sudah memiliki nama yang membuat konsumen langsung yakin, biasanya semua resep dan peralatan juga sudah tersedia. Ibarat kata, Anda tinggal terima beres nya saja dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

12. Warung Makan

Warung makan adalah salah satu tempat yang dibutuhkan banyak orang setiap hari, terutama pada saat jam makan siang. Ketika Anda tinggal di tempat yang cukup ramai, hobby memasak dan senang melayani orang lain, maka tidak ada salahnya mencoba ide usaha harian ini.

Diketahui bahwa   usaha ini juga berpotensi lebih cepat balik modal karena untungnya yang lumayan. Selain menjaga citarasa masakan yang menggugah selera, harga yang terjangkau, kebersihan tempat dan makanan juga harus ramah kepada pembeli.

Anda harus menentukan target pasar yang hendak dibidik saat memulai usaha ini agar tidak merugi karena sepi pembeli. Kalau masing bingung maka dapat mempertimbangkan untuk membuka warung dengan satu menu spesial misalnya warung nasi uduk, warung padang, warung pecel dsb.

13. Menyewakan Perlengkapan Bayi

Mempunyai banyak perlengkapan bayi yang masih terawat dengan baik rupanya juga dapat dijadikan cuan. Karena banyak orang yang memilih menyewa perlengkapan bayi mengingat pertumbuhan bayi yang cukup cepat, sehingga membuatnya kurang worth it.

Selain lebih hemat juga tidak membuat rumah penuh sesak setelah tidak dipakai, mengingat rumah jaman sekarang bentuknya kecil-kecil. Terutama yang tinggal di daerah perkotaan akan lebih senang menyewa untuk menghemat budget.

Dapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Semoga deretan ide usaha harian diatas dapat menjadi inspirasi terbaik yang dapat Anda coba. Tidak ada keberhasilan yang tertunda saat kita berani memulainya dengan tekun. Tetap semangat dan pantang menyerah adalah kunci kesuksesan para pengusaha.
 
 
Penulis: Rien
Related Posts