taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Ide Usaha Pengelolaan Limbah Kertas, Mengubah Sampah Menjadi Uang!

5 Ide Usaha Pengelolaan Limbah Kertas, Mengubah Sampah Menjadi Uang!

Usaha pengelolaan limbah kertas merupakan salah satu usaha yang kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal peluang bisnis daur ulang sampah kertas ini dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan sekaligus menjaga lingkungan.
Ide Usaha Pengelolaan Limbah
Diketahui banyak sekali instansi dan perusahaan yang masih menggunakan berbagai peralatan atau perlengkapan menggunakan kertas. Meskipun pada beberapa sektor sudah mulai menggunakan teknologi sehingga penggunaan kertas mulai berkurang.

5 Produk yang Dihasilkan Dari Ide Usaha Pengelolaan Limbah Kertas


Karena terbuat dari bahan kayu, maka kertas menjadi salah satu pemicu global warming, cara untuk menanggulanginya adalah memanfaatkan kertas sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan membuka usaha pengelolaan limbah kertas agar menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.

Untuk menekuni usaha ini tidak hanya diperlukan kerja keras saja, namun juga harus mengerahkan seluruh kreativitas yang dimiliki. Beberapa produk yang dapat dihasilkan jika Anda tertarik untuk membuka usaha pengelolaan limbah kertas adalah sebagai berikut:

1. Paper Bag

Produk yang dapat dibuat dari limbah kertas adalah paper bag atau tas yang terbuat dari kertas. Untuk membuat produk ini diperlukan kertas bekas yang mempunyai ketebalan tertentu sehingga kuat untuk dijadikan paper bag.

Itulah sebabnya dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi dalam mengukur kertas sehingga setelah digunakan tidak jebol di tengah jalan. Jika Anda tidak tahu atau kurang paham cara membuat tas kertas ini, dapat mencari tutorialnya terlebih dahulu di internet.

Banyak sekali tutorial yang dapat dipelajari dalam bentuk video maupun tulisan saja, kemudian tambahkan kreasi Anda sendiri yang membuatnya terlihat unik. Sehingga banyak pelanggan yang tertarik untuk membelinya atau mengajak Anda bekerja sama untuk penjualan yang lebih besar.

Anda dapat melakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Jangan lupa untuk mengujinya dengan membawa barang dengan berat tertentu agar dapat mengetahui daya tahan tas tersebut.

2. Frame Cermin

Produk selanjutnya yang dapat dibuat dalam usaha pengelolaan limbah kertas adalah frame cermin dari koran bekas yang estetik. Cara pembuatan frame ini juga tidak sulit, hanya dengan menggulung kertas-kertas koran bekas tersebut sampai menyerupai sedotan.

Setelah membuat beberapa gulungan yang cukup, maka tempelkan gulungan kertas tersebut ke sekeliling cermin dengan lem. Gunakan lem yang kuat agar kertas dapat menempel erat pada bagian cermin yang dibingkai tersebut.

Meskipun kertas yang dibutuhkan untuk membuat frame ini cukup banyak sesuai dengan ukuran cerminnya. Namun tanpa membutuhkan polesan cat sebagai tambahan sudah terlihat cantik dengan motif aslinya yang unik dan abstrak.

3. Bingkai Foto

Produk keren lainnya yang dapat dihasilkan dengan membuka usaha pengelolaan limbah kertas adalah bingkai foto yang unik. Anda dapat memanfaatkan koran bekas sebagai bahan utamanya. Kemudian juga bahan lain sebagai pelengkapnya mulai dari kardus, lem, gunting, dan pewarna.

Anda dapat menggulung kertas koran sampai serupa dengan sedotan, kemudian menyusun gulungan kertas tersebut sampai mengelilingi kardus. Lanjutkan prosesnya dengan merekatkan dengan lem agar saling menempel dengan kuat.

Anda juga dapat membuat kreasi lainnya seperti menggulung kertas menyerupai bentuk bunga atau bentuk lainnya sesuai imajinasi. Agar terlihat lebih cantik, Anda dapat mewarnainya dengan cat semprot dengan warna yang serasi.

4. Bunga dari Kertas

Ide kerajinan dari kertas lainnya adalah bunga kertas yang dapat dibuat dengan kertas koran bekas sehingga menghasilkan kreasi yang unik. Anda juga dapat menggunakan kertas bekas yang berwarna-warni agar tampilan bunga kertasnya semakin menarik.

Agar menghasilkan bunga kertas yang cantik, Anda harus mengerahkan ketelitian yang tinggi berpadu dengan kreativitas tanpa batas. Cara membuat bunga ini juga tidak terlalu sulit, Anda dapat membuat kelopak bunganya terlebih dahulu kemudian merekatkannya satu persatu sampai menjadi bunga utuh.

Setelah bunga kertasnya jadi, Anda juga dapat membuat vas atau pot bunganya dengan bahan dari kertas juga. Sehingga saat disatukan akan menjadi dekorasi rumah yang unik, cantik dan estetik, sangat cocok untuk dijadikan souvenir atau kado spesial.

5. Tempat Pensil

Jika di lingkungan Anda terdapat banyak anak usia sekolah, maka produk yang dapat dibuat adalah tempat pensil unik dari kertas bekas. Namun saat membuatnya Anda membutuhkan kardus bekas sebagai bahan pendukungnya.

Langkah awal dari pembuatan tempat pensil ini adalah dengan memotong kardus menjadi beberapa ukuran dan susun menjadi vas tabung. Setelah itu Anda dapat melapisi kardus tersebut dengan gulungan kertas koran sampai semua bagiannya tertutup sempurna.

Kardus yang digunakan menjadi kerangka dapat membantu membentuk gulungan koran menjadi bentuk yang unik dan juga merekat dengan baik.  Sehingga hasilnya akan menjadi menarik sesuai dengan yang diharapkan.

Masih banyak lagi produk menarik yang dapat dihasilkan dari limbah kertas tersebut selain beragam produk diatas. Anda dapat membuat kreasi lain yang unik dan membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.

4 Tips Mengelola Usaha Pengelolaan Limbah Kertas

Setelah membaca berbagai produk menarik diatas tentunya Anda langsung semangat bukan untuk memulai usaha pengelolaan limbah kertas ini. Meskipun sekilas terlihat mudah, namun ada beberapa tips yang harus dilakukan agar usaha yang Anda rintis dapat berhasil dengan baik.

1. Mencari Pengepul Kertas Bekas

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari pengepul kertas bekas agar lebih mudah mendapatkan bahan baku. Namun Anda juga dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang menggunakan banyak kertas dalam operasionalnya sehingga dapat mengambil sampahnya.

Selain itu Anda juga dapat mengedukasi masyarakat sekitar atau beberapa institusi pendidikan untuk mengumpulkan sampah kertasnya. Kemudian membelinya dengan harga yang sepadan sehingga semangat untuk mengumpulkannya.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Dalam melakukan usaha pengelolaan limbah kertas ini, Anda juga membutuhkan lokasi usaha sebagaimana bisnis yang lainnya. Lokasi ini selain digunakan untuk mengelola usaha juga sangat berguna untuk bertransaksi dengan pelanggan.

Sebaiknya Anda memilih lokasi yang cukup strategis agar mudah dijangkau dan lebih ramai dilewati orang. Sehingga lebih mudah ditemukan saat ada mitra usaha yang mencari lokasi usaha tersebut. Selain untuk bertransaksi lokasi usaha ini juga bisa dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

3. Memperhatikan Cara Penyimpanan

Langkah berikutnya adalah menyediakan ruang penyimpanan yang sesuai agar kertas tidak mudah rusak. Biasanya kertas membutuhkan tempat yang kering, dengan suhu yang tidak lembab dan terlindungi dari cahaya yang berlebih.

Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena panas yang terlalu tinggi dapat memicu terjadinya kebakaran. Demikian juga dengan tempat yang lembab dapat membuat kertas bekas menjadi kotor, berjamur, berubah warna dan juga mudah rapuh.

Agar keamananya terjaga, Anda dapat menggunakan kertas kardus tebal dengan ukuran yang besar untuk tempat kertas tersebut. Sebaiknya tidak langsung ditumpuk dalam ruangan, dapat dipisah dengan tempat lain yang kokoh dan dapat melindungi kertas dengan baik.

4. Mempromosikan Usaha Dengan Baik

Dalam mengelola usaha pengelolaan limbah kertas, yang tidak boleh dilewatkan adalah mempromosikannya. Karena hal ini dirasakan cukup penting untuk dilakukan agar lebih banyak orang lagi yang mengenali usaha Anda.

Mempromosikan usaha ini dapat dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal dengan cara menyebarkan brosur dan memasang spanduk. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan teknologi dengan membuat website, mempromosikan di media sosial atau memberikan endorse.

Promosi dengan mengandalkan media sosial selain lebih hemat juga tepat sasaran. Karena pada dasarnya orang jaman sekarang lebih suka melihat internet. Terutama saat mencari informasi yang dibutuhkan, termasuk barang kebutuhan yang unik.

Anda juga dapat menerapkannya di marketplace ternama, sehingga jumlah pembeli akan semakin meningkat. Tekun berkarya, membuat produk yang bagus dan berkualitas, dan juga rajin promosi akan membuat usaha Anda lebih mudah berhasil.

Simak informasi lainnya dibawah ini.

Baca juga:





Selain itu senantiasa melakukan inovasi dan improvisasi produk akan membuat hasil karya Anda senantiasa diminati masyarakat. Semoga beberapa tips yang sudah dibagikan di atas dapat membantu usaha pengelolaan limbah kertas yang Anda rintis menjadi lekas berhasil. Selamat mencoba! 
 
 Penulis: Rien
Related Posts