taupasar.com

we read, we create and we share it.

Usaha Pengelolaan Limbah Plastik Ini Kerap Dipandang Sebelah Mata, Padahal Omsetnya Menggiurkan!

Usaha Pengelolaan Limbah Plastik Ini Kerap Dipandang Sebelah Mata, Padahal Omsetnya Menggiurkan!

Sampah plastik selalu menjadi masalah dimana-mana, sehingga membuka usaha pengelolaan limbah plastik dapat menjadi peluang yang menguntungkan. Selain menghasilkan cuan juga sebagai bentuk cinta kepada alam semesta agar tetap terjaga.
Usaha Pengelolaan Limbah
Perilaku masyarakat yang masih suka sembarangan membuang sampah tidak pada tempatnya membuat bumi tercemar. Karena sampah plastik membutuhkan waktu yang panjang, hingga ratusan tahun lamanya untuk dapat hancur dan menyatu dengan tanah.

Tips Memulai Usaha Pengelolaan Limbah Plastik

Sebelum memulai membuka usaha pengelolaan limbah plastik Anda harus menyiapkan beberapa hal agar berjalan dengan lancar. Beberapa tips penting yang dapat Anda lakukan untuk memulai usaha pengelolaan limbah plastik adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan modal

Sebagaimana memulai bisnis yang lain, untuk membuka usaha ini juga perlu menyiapkan modal yang cukup. Modal tersebut gunanya untuk membeli plastik bekas yang dapat didaur ulang dan menjadi produk yang bermanfaat dari para pemulung atau pengepul.

2. Menyiapkan tempat

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang luas sebagai tempat penyimpanan limbah plastik bekas dan hasil pengolahannya. Tempat usaha tersebut harus memadai karena diperlukan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan pengolahan yang berbeda.

3. Menyiapkan timbangan dan mesin giling

Anda juga harus menyiapkan timbangan dan mesin penggiling plastik agar dapat mengolah limbah plastik menjadi biji plastik. Untuk memulainya Anda dapat memilih menggunakan mesin giling dengan kapasitas yang sedang saja, yang penting dapat mulai terlebih dahulu.

4. Mengurus perizinan

Kemudian yang tidak kalah penting adalah mengurus perizinan usaha pengelolaan limbah plastik yang Anda butuhkan. Untuk mengurusnya Anda dapat datang ke kantor panitera untuk memenuhi kebutuhan dokumen apa saja dan mengajukan permohonan izin usaha.

5. Memahami metode daur ulang sampah plastik

Menjadi pengusaha pengolahan limbah plastik bukan perkara yang mudah, sehingga Anda harus mempunyai bekal pengetahuan yang cukup. Anda dapat memulainya dengan mempelajari dan mengelola modal agar arus kas tetap lancar. Selain itu juga dapat bergabung dengan komunitas pelaku bisnis serupa agar dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman.

6. Merekrut karyawan

Setelah beberapa langkah di atas diselesaikan, langkah selanjutnya tentu saja mencari karyawan untuk membantu mendaur ulang. Mengingat pekerjaan yang harus dilakukan cukup banyak mulai dari membersihkan, menyortir, dan mengolah plastik bekas.

7. Mencari koneksi pengepul

Langkah terakhir ini menjadi penentu kelancaran usaha yang Anda buka, yaitu mencari pengepul sampah plastik dan juga pembeli biji plastik. Menawarkan kualitas biji plastik yang bagus, rapi dan bersih akan membuat Anda mendapatkan mitra yang memberikan harga sepadan.

8. Menentukan taktik pemasaran

Selain melakukan bisnis daur ulang ini dengan cara tradisional seperti memasang brosur dan menghubungi pengepul dari pintu ke pintu. Langkah pemasaran yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasarkannya melalui media digital seperti dengan iklan media cetak, memposting di berita online atau iklan di media cetak.

Namun kalau usaha belum berkembang menjadi besar, dan budget promosi masih tipis. Anda dapat memanfaatkan jejaring media sosial karena lebih menghemat biaya dengan jangkauan yang lebih luas dibandingan cara tradisional.

Demikianlah langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk memulai usaha pengelolaan limbah plastik yang Anda impikan. Dengan semangat dan ketekunan, bukan tidak mungkin usaha terpuji Anda ini akan berjalan sesuai dengan harapan.

Proses Daur Ulang Sampah Plastik

Setelah membaca uraian diatas, langkah selanjutnya adalah mempelajari proses daur ulang sampah plastik dengan benar. Mulai dari limbah sampai dengan pengolahan menjadi biji plastik yang sudah siap dijual.
  • Bersihkan plastik dari kotoran yang melekat sampai bersih, termasuk label plastik, kertas, dan bagian lain yang melekat dengan pisau cutter.
  • Kemudian pipihkan plastik dengan berbagai cara, baik dengan di injak atau di press dengan mesin press.
  • Setelah itu Anda dapat memasukkannya ke dalam mesin penggiling plastik.
  • Lanjutkan dengan memilah serpihan plastik yang sudah remuk sesuai dengan jenisnya, ada yang mengapung dan ada yang tenggelam dalam air.
  • Lalu, pisahkan serpihan tersebut sesuai jenisnya dan masukkan ke dalam mesin pelebur.
  • Potong helaian plastik yang keluar dari mesin pelebur dengan mesin pelet sesuai permintaaan menjadi biji plastik.
Demikianlah tahapan yang dilakukan dari awal sampai akhirnya menjadi biji plastik yang siap dijual kepada pembeli. Prosesnya cukup panjang dan perlu dilakukan oleh beberapa orang, cukup berat kalau semua dilakukan sendirian.

6 Jenis Plastik yang Dapat Didaur Ulang Dengan Nilai Jual Berbeda!

Tidak semua sampah plastik dapat didaur ulang, hal ini merupakan hal yang harus dicermati sebelum membuka usaha pengelolaan limbah plastik.  Jangan sampai ketidaktahuan membuat Anda merugi karena hasilnya tidak dapat dijual atau bernilai rendah.

Berbagai jenis plastik yang dapat didaur ulang dan mempunyai nilai jual yang menjanjikan adalah sebagai berikut:

1. Polietilena Tereftalat (PET)

Jenis yang pertama adalah Polietilena Tereftalat (PET) yang terbuat dari minyak mentah dengan warna yang jernih dan tembus pandang. Biasanya produk yang menggunakan plastik berjenis PET adalah air minum kemasan, air mineral galon, jus buah dan semua produk yang membutuhkan botol plastik sekali pakai.

2. High Density Polyethylene (HDPE)

Jenis plastik selanjutnya adalah High Density Polyethylene (HDPE) yang biasanya digunakan untuk mengemas produk yang membutuhkan kemasan kuat. Diantaranya seperti deterjen, oli, makanan kemasan dan lain sebagainya.

Selain itu juga digunakan untuk bahan baku tas kresek, galon, dot susu dan juga kemasan lain yang membutuhkan kemasan yang tahan suhu tinggi. Ciri-ciri dari plastik jenis ini adalah tidak berbau, awet dan tidak gampang jebol serta tidak berbintik.

3. Low Density Polyethylene (LDPE)

Plastik jenis Low Density Polyethylene (LDPE) ini terkenal dengan ciri khasnya yang lembek dan lentur. Biasanya digunakan untuk membuat tempat makanan yang banyak dibutuhkan masyarakat jaman sekarang. Meskipun dapat didaur ulang namun jenis plastik LDPE ini tidak dapat dihancurkan.

4. Polystyrene (PS)

Bahan plastik yang dapat di daur ulang oleh usaha pengelolaan limbah plastik selanjutnya adalah jenis Polystyrene (PS). Plastik ini biasanya digunakan untuk membuat tempat minum sekali pakai, tempat CD, styrofoam, karton tempat telur dan lain sebagainya.

5. Polyvinyl Chloride (PVC)

Plastik PVC ini merupakan jenis plastik yang sangat sulit didaur ulang karena mempunyai tingkat kestabilan tinggi. Selain itu juga tahan cuaca, elektrik, dan bahan kimia lainnya sehingga sering digunakan dalam industri konstruksi bangunan dan pipa air.

6. Polypropylene (PP)

Jenis plastik yang sangat kuat dan mempunyai ketahanan tinggi terhadap kimia dengan titik leleh tinggi adalah Polypropylene (PP). Biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat botol bayi, makanan botol dan produk minuman yang lainnya.

Jenis plastik ini ketika didaur ulang maka hasilnya akan digunakan untuk membuat casing baterai, sapu, sikat dan lain sebagainya. Namun terkadang juga digunakan untuk membuat ember atau bak-bak besar yang sering dijajakan orang di pinggir-pinggir jalan.

Berbagai jenis plastik diatas merupakan jenis plastik yang dapat didaur ulang oleh usaha pengelolaan limbah plastik. Setelah diolah menjadi bijih plastik dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi dan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Manfaat Usaha Pengelolaan Limbah Plastik untuk Manusia dan Lingkungan

Ketika Anda mempunyai modal yang cukup untuk membuka usaha pengelolaan limbah plastik, tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri saja. Selain membuka lapangan pekerjaan, berikut manfaatnya bagi manusia dan lingkungan.

1. Mengurangi pencemaran lingkungan

Selain mengurangi pencemaran lingkungan, juga menjaga kesehatan karena meminimalisir sistem pembakaran atau landfill. Metode pembakaran yang sering digunakan menghasilkan asap yang berbahaya bagi kesehatan jika terhirup dalam kadar tertentu.

2. Menghemat sumber daya alam

Karena sampah plastik didaur ulang kembali, sehingga tidak ada plastik baru yang dijadikan bahan baku. Dengan demikian usaha ini dapat menghemat SDA karena dapat digunakan untuk membuat material lain untuk industri tertentu.

3. Meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja baru

Harga biji plastik daur ulang harganya cukup besar saat dijual baik kedalam maupun luar negeri. Selain meningkatkan pendapatan Anda sebagai pengusaha, usaha pengelolaan limbah plastik juga membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikianlah manfaat usaha pengelolaan limbah plastik bagi manusia dan lingkungan yang sangat baik. Selain menjadi bijih plastik, Anda juga dapat mengerahkan kreativitas untuk membuat produk yang lainnya seperti pot, tempat pensil, tas dan lain sebagainya.
 
Penulis: Rien
Related Posts