taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ide Usaha Handmade yang Mudah Dilakukan Namun Hasilnya sangat Menguntungkan

Ide Usaha Handmade yang Mudah Dilakukan Namun Hasilnya sangat Menguntungkan

Ide usaha handmade yang menghasilkan keuntungan yang dapat diandalkan ada banyak yang diminati oleh masyarakat. Selain hasilnya yang tidak pasaran, biasanya juga mempunyai kualitas yang lebih baik jika dikerjakan dengan benar.
Ide Usaha Handmade
Memulai usaha ini tidak sulit, bekal yang dibutuhkan adalah alat-alat yang mudah didapat, kreativitas yang unik dan juga kemampuan yang mumpuni. Produk handmade yang dapat digeluti bisa berupa beragam bentuk mulai dari perawatan tubuh sampai dengan perabotan dan dekorasi rumah.

Ide Usaha Handmade yang Menguntungkan dan Dijamin Berhasil

Keunggulan ide usaha handmade adalah nilai jualnya yang dapat ditentukan sendiri di atas barang pasaran. Hal ini karena barang dibuat dengan tangan dengan dukungan kemampuan yang tidak dimiliki semua orang sehingga memberikan kesan eksklusif.

Beberapa ide usaha yang dapat dikerjakan secara handmade dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan adalah sebagai berikut:

1. Lilin Aromaterapi

Salah satu produk handmade yang banyak dicari orang adalah lilin aromaterapi yang aromanya wangi dan menenangkan. Biasanya orang menggunakan lilin ini untuk relaksasi dan meringankan stress yang dialami akibat banyaknya beban yang ditanggung.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lilin aromaterapi ini tidak terlalu banyak, bahkan Anda dapat membuat dapur rumah menjadi tempat pembuatan lilin. Dengan menggunakan resep yang sesuai, aroma yang disukai oleh kebanyakan orang maka lilin Anda akan lebih cepat terkenal.

2. Sabun

Selain lilin, ide usaha handmade yang dapat ditekuni dari rumah adalah membuat sabun batang atau sabun cair. Karena kedua-duanya dapat dibuat secara handmade dan mempunyai peluang tinggi karena banyak orang yang tidak cocok menggunakan sabun pabrikan.

Anda dapat mengerahkan seluruh kreativitas Anda saat membuat berbagai macam bentuk sabun batangan. Agar dapat merengkuh pasar yang lebih spesifik, Anda dapat membuat varian sabun organik yang ramah untuk pengguna dengan kulit sensitif.

Pemasaran untuk produk ini juga tidak sulit, Anda dapat memanfaatkan pertemanan di media sosial atau menawarkan ke teman-teman terdekat terlebih dahulu. Selain itu Anda juga dapat mengikuti pameran atau bazaar di seminar-seminar kesehatan.

3. Makeover Furniture

Banyak orang yang senang merubah posisi barang yang Ada di rumahnya dan mendekorasi ulang agar tidak bosan dirumah. Siapa sangka usaha handmade ini dapat dijadikan peluang bisnis yang cukup menguntungkan bagi Anda.

Anda dapat menawarkan jasa make over furniture agar banyak orang bisa mendapatkan suasana baru tanpa mengeluarkan budget berlebih. Selain itu tampilan furniture dapat terlihat baru dan kekinian, memang usaha ini membutuhkan keterampilan dan wawasan yang mumpuni.

Namun jika sudah berjalan, usaha ini menjanjikan keuntungan yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan. Biasanya furniture yang di make over adalah rak, meja, kursi, sofa, lampu dan lain sebagainya. Anda dapat mengerahkan kemampuan dan kreativitas untuk memuaskan pelanggan.

4. Hampers

Ide usaha handmade yang tidak kalah menarik adalah hampers, karena banyak orang yang senang mengirimkan bingkisan untuk berbagai keperluan. Biasanya bisnis ini akan ramai saat-saat hari raya keagamaan atau pada tahun baru.

Anda dapat melatih keterampilan Anda dalam merangkai barang dalam keranjang sebelum memulai bisnis ini. Membuat beberapa sampel dari yang harganya murah, sedang sampai yang mahal dapat membuat konsumen mempunyai pilihan.

Buat gambar dari masing-masing jenis atau paket yang Anda tawarkan dan pajang di media sosial khusus untuk memudahkan pembeli memilih. Tawarkan paket promosi dengan harga khusus untuk para pelanggan baru maupun lama sehingga mereka semakin puas.

5. Kreasi Tanah Liat

Usaha ini dapat berpeluang tinggi karena semakin jarang perajin yang membuat kreasi tanah liat atau tembikar. Usaha handmade ini memang membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi namun keuntungan yang akan didapatkan juga sepadan.

Anda dapat membuat berbagai barang kerajinan yang memiliki nilai guna sehingga orang-orang tertarik membelinya. Misalnya seperti tempat tissue, tempat pulpen, tempat abu rokok, pot, mug dan lain sebagainya yang mungkin dibeli orang.

Memang usaha ini membutuhkan modal awalnya seperti meja putar, hingga membuat kiln, tempat membakar benda tanah liat dengan suhu tinggi. Kemudian juga membutuhkan proses yang cukup lama dan membutuhkan usaha, namun hasilnya sangat memuaskan.

Untuk memasarkan produk yang sudah jadi Anda dapat mengikuti berbagai pameran baik ke luar negeri ataupun di dalam negeri. Kemudian anda juga dapat memanfaatkan internet dengan membuat akun media sosial, website dan juga marketplace.

6. Kreasi Rajutan

Kreasi rajutan yang membutuhkan kreativitas dan ketekunan yang tinggi ini juga merupakan salah satu ide usaha handmade yang menjanjikan. Bahkan varian produk rajut ini tidak terbatas, tidak hanya sweater, kaos kaki, topi, syal dan lain sebagainya.

Anda juga dapat membuat produk kekinian seperti tas hape, tempat rokok, topi kupluk, dompet dan lain sebagainya. Agar lebih mudah dikenal publik Anda dapat mengikuti pameran atau promosi dengan memanfaatkan internet dan media sosial.

7. Kreasi Kertas

Sudah sejak lama bahwa kertas dapat dibuat menjadi kreasi beragam produk yang menarik dan multifungsi. Apalagi jika Anda juga mempunyai kemampuan menggambar atau mendesain dapat digabungkan untuk menghasilkan karya yang mengagumkan dan bernilai seni tinggi.

Banyak sekali produk kertas yang dibutuhkan setiap hari, diantaranya seperti tas kertas, amplop, kartu ucapan dan beragam kreasi yang lainnya. Bahan baku dari kreasi kertas ini juga mudah ditemukan dimana-mana, sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

Bahkan sebagai pecinta lingkungan, Anda juga dapat menggunakan kertas bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Selain dapat menghemat biaya produksi, menggunakan kertas bekas juga membantu mengurangi volume sampah di muka bumi.

8. Masker Kain

Masker memang menjadi salah satu benda yang paling dibutuhkan di masa pandemi, bahkan setelah pandemi usai. Banyak orang yang sudah terbiasa menggunakan masker menjadi tetap menggunakannya meskipun corona diklaim sudah hilang.

Memproduksi masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Ada banyak kreasi yang dapat Anda buat, misalnya masker batik, masker lukis, masker hijab dan lain sebagainya.

9. Aksesori Manik-Manik

Anda juga dapat mencoba membuat aksesori manik-manik yang tidak pernah ada matinya sepanjang masa. Banyak produk yang dapat dibuat dari manik-manik ini seperti gelang, anting, bros, kalung, tas dan lain sebagainya.

Anda juga membuat aksesoris tambahan untuk masker kain dengan kreasi manik-manik ini, yaitu konektor masker. Bahan manik-manik dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko alat kerajinan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan bahan bakunya.

Namun kalau disekitar rumah Anda maka tidak perlu khawatir, Anda dapat membelinya secara online. Anda juga dapat memasarkannya secara online maupun offline dengan menawarkannya di media sosial, titip di warung-warung dan menawarkannya secara langsung.

Sebenarnya masih banyak lagi ide usaha handmade yang dapat Anda tekuni sebagai sumber penghasilan. Anda dapat menyesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki sehingga mengerjakannya tidak akan terasa seperti beban, tetapi menyenangkan.

Tips Memasarkan Produk Handmade agar Lebih Mudah Dikenal

Memang produk handmade tidak mudah dengan cepat dikenali masyarakat, sehingga selain tekun berusaha juga memasarkan. Ada banyak trik yang dapat dicoba agar penjualan produk handmade cepat meningkat seperti berikut:
  • Melakukan pemotretan produk dengan estetik sehingga menarik konsumen.
  • Memanfaatkan marketplace dan media sosial untuk pemasaran online.
  • Menawarkan ke teman, tetangga atau kenalan sebagai soft marketing.
  • Menawarkan kelebihan yang unik dibandingkan produk sejenis dengan harga yang kompetitif.

Dapatkan informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Selain rajin menawarkan dengan berbagai cara, meningkatkan skill yang dimiliki juga salah satu hal yang diperlukan. Setelah membaca uraian singkat diatas sekarang saatnya Anda memulai ide usaha handmade yang Anda inginkan. Selamat mencoba!
  
 Penulis: Rien
Related Posts