taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Daftar Wisata Kuliner di Jogja Enak dan Hits Wajib Dikunjungi

8 Daftar Wisata Kuliner di Jogja Enak dan Hits Wajib Dikunjungi

Berikut ini daftar wisata kuliner di Jogja yang bisa kamu kunjungi pas liburan. Kota Pelajar ini punya beragam makanan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari hidangan tradisional, menu western, sampai kuliner khas nusantara, semuanya ada disini. 
Daftar Wisata Kuliner
Harganya pun variatif, mulai dari yang ramah kantong hingga opsi mewah. Pilihan makanan di sini bikin ketagihan. Nah, supaya tidak kebingungan, berikut ini  daftar wisata kuliner di Jogja yang wajib untuk Anda coba. 

8 Daftar Wisata Kuliner di Jogja 

1. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Nasi kucing bukanlah makanan untuk kucing, melainkan nasi dengan porsi kecil disajikan dengan orek tempe dan sambal teri, dengan berbagai sate dan gorengan. Angkringan Lik Man yang terkenal di Jogja juga dikenal karena Kopi Joss-nya, yaitu kopi panas yang disajikan dengan arang panas. 

Meskipun terdengar unik dan menarik, penggunaan arang ini aman karena diambil langsung dari tungku yang membuatnya steril. Kopi Joss mendapatkan namanya dari bunyi 'jooossss' saat arang yang masih merah membara dicelupkan ke dalam kopi, memberikan rasa unik dan khas.

Konon, arang tersebut berfungsi menetralisir kafein sehingga Kopi Joss dianggap aman untuk pencernaan. Angkringan Lik Man yang berlokasi di sekitar Kawasan Stasiun Tugu Jogja menjadi salah satu daftar wisata kuliner di Jogja dengan cita rasa yang lezat.

2. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Bagi pecinta makanan pedas, tantangan berikutnya dapat ditemukan di Oseng-Oseng Mercon Bu Narti.
Salah satu daftar wisata kuliner di Jogja yang menyajikan hidangan super pedas dapat membuat orang berkeringat seperti habis lari mengitari lapangan bola.

Bu Narti menciptakan oseng-oseng mercon ini sebagai bagian dari kreasi kulinernya pada tahun 1998 saat negara sedang dilanda krisis ekonomi. Hidangan ini terkenal dengan penggunaan 6 kg cabai dalam satu panci oseng-oseng mercon, memberikan sensasi pedas yang menggoyang lidah. Warung oseng-oseng Bu Narti berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

3. Sate Klathak Pak Pong

Bagi penggemar sate kambing, Sate Klathak Pak Pong menjadi daftar wisata kuliner di Jogja yang tak tertandingi. Keistimewaan rasa sate ini berasal dari penggunaan bumbu sederhana, terdiri dari garam, merica, dan kecap, memberikan sentuhan khas.

Uniknya, proses memasaknya menggunakan jeruji besi sepeda, berbeda dengan metode tradisional menggunakan tusuk bambu. Penggunaan jeruji besi ini diklaim dapat memastikan daging matang merata. Selain memberikan hasil masakan yang luar biasa.

Pendekatan ini juga ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berulang kali, berbeda dengan tusuk sate bambu yang hanya sekali pakai. Sate Klathak Pak Pong berlokasi di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta, dan menjadi pilihan wajib bagi pecinta sate.

4. House of Raminten

House of Raminten menghadirkan bukti bahwa menu tradisional dapat dihidangkan dengan elegan dan bergaya. Sebagai rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta, seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit, dan nasi kucing.

House of Raminten menonjolkan suasana makan yang sarat dengan nuansa tradisional Jawa. Dengan arsitektur luar biasa, rumah makan ini menghadirkan elemen-elemen khas tradisional. Seperti kereta kuda di luar dan ruangan berarsitektur Jawa dengan aroma dupa yang khas di dalamnya. 

Suasana makan disin semakin lengkap dengan gending Jawa yang mengalun di latar belakang. Pelayannya yang mengenakan pakaian khas kemben Jawa dan keberadaan kentongan di setiap meja menambahkan sentuhan klasik pada pengalaman bersantap. Berada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta, daftar wisata kuliner di Jogja yang merangkul kekayaan tradisional Jawa dalam setiap hidangan.

5. Banyu Mili Country Club

Banyu Mili Country Club bukan hanya sekedar daftar wisata kuliner di Jogja, melainkan juga tempat rekreasi ideal untuk keluarga. Terletak dalam satu kompleks dengan wisata air, mencakup kolam renang, serta wahana air.

Tak hanya itu saja, hutan dan danau buatan, tempat ini menyajikan kombinasi sempurna antara rekreasi dan kuliner untuk keluarga. Setelah menikmati berbagai kegiatan air, saatnya merasakan kelezatan kuliner khas Banyu Mili, cicipi kepiting telur dan udang bakar madu yang menjadi menu andalan. 

Banyu Mili menonjolkan keunikan dengan menggunakan hasil budidaya kepiting dan udang sendiri, menjamin kesegaran saat disajikan. Banyu Mili Country Club berlokasi di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta. 

6. Kalimilk Yogyakarta

Untuk para penggemar minuman susu, destinasi kuliner di Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah Kalimilk. Para pengunjung yang sering disebut Neneners, dapat menikmati berbagai rasa susu mulai dari cookies, durian, hingga coklat, disertai berbagai pilihan snack.

Kalimilk menawarkan dua porsi, yaitu medium dan gajah. Porsi gajah sangat besar, jadi pastikan perut Anda sudah kosong sebelum memesannya. Meskipun desainnya semi terbuka tanpa AC, suasana nyaman di Kalimilk terjaga berkat hembusan angin alami dari luar, yang lebih sehat daripada AC. Berlokasi di Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta, Kalimilk buka dari jam 11:00 hingga selesai. 

7. Bong Kopitown

Bong Kopitown menawarkan pengalaman daftar wisata kuliner di Jogja dengan konsep bangunan yang menyerupai penjara. Dengan desain mirip penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan, Anda dapat melihat "sipir" di balik meja kasir dan "narapidana".

Menu andalan seperti kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle, dan rendang spicy noodle dinikmati dalam suasana yang berbeda. Begitu duduk, pelayan akan menyodorkan daftar menu yang disusun seperti selembar koran, memberikan sentuhan unik pada pengalaman bersantap. Bong Kopitown berada di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta, buka dari jam 10:00 hingga 24:00. 

8. Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman

Tempat makan rujak es krim legendaris di Jogja, telah berjualan sejak tahun 1978 dan terus mencuri perhatian dengan cita rasa uniknya. Warung gerobak kaki lima ini merupakan pioner pertama rujak es krim di Kota Yogyakarta.

Setiap porsi rujak es krim Pak Nardi menyajikan serutan buah-buahan segar yang ditaburi es krim di atasnya. Rasa rujaknya cenderung manis, namun dapat dimasak pedas dengan menambahkan sambal yang disediakan. 

Kombinasi lembutnya es krim dengan rujak buah menghasilkan cita rasa yang menawan dan membuat ketagihan. Anda dapat menikmati pengalaman unik dengan mencicipi rujak "ice cream" ala Pak Nardi yang menyatukan rasa manis, asam, pedas, dan dingin dalam setiap gigitan. 

Dengan harga terjangkau sekitar 7 ribu rupiah per porsi, lokasi di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah daftar wisata kuliner di Jogja. Catatan penting, rekomendasi ini ditujukan untuk semua kalangan masyarakat. Jadi, untuk teman-teman yang muslim, pastikan pilihan makanan yang diambil sudah halal ya! Semoga informasi ini bermanfaat.
Related Posts