taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Pengertian Apa Itu Sales Take Order, Tugas, Skill dan Gajinya

Inilah Pengertian Apa Itu Sales Take Order, Tugas, Skill dan Gajinya

Saat ini banyak orang yang terjun di dunia bisnis. Persaingannya pun semakin ketat. Sebagai pengusaha Anda perlu melakukan inovasi terhadap produk, pelayanan dan pengelolaan bisnis Anda. 
Apa Itu Sales Take Order
Dalam pengelolaan bisnis, Anda bisa menambahkan karyawan untuk di bidang sales take order. Berikut di bawah ini pengertian apa itu sales take order, pengertian, skill, dan gajinya.

Apa Itu Sales Take Order?

Sales take order atau Sales TO adalah profesi dalam dunia bisnis yang bertanggung jawab mencatat pesanan pelanggan serta melaporkan hasilnya ke perusahaan. Menurut Hubspot sales take order atau sales taking order adalah seseorang yang bertugas mengelola pesanan pelanggan, tetapi tidak ikut terlibat dalam kegiatan seperti mencari pelanggan. 

Meskipun tugasnya mencatat setiap pesanan pelanggan, sales take order tidak ikut serta dalam mencari calon pelanggan. Sales take order ini akan berinteraksi langsung dengan pelanggan dalam proses pemesanan. 

Profesi yang satu ini karena interaksinya langsung dengan pelanggan yang sudah memiliki daftar pesanan, biasanya akan menemui langsung mereka seperti grosir, semigrosir, dan toko retail yang sudah menjadi mitra perusahaan. 

Sales TO ketika menemui pelanggan tidak membawa langsung produk yang ditawarkan, namun harus mempromosikannya dengan baik. Kemudian menuliskan pesanan pelanggan dengan rinci, lalu sales take order harus meneruskannya ke pihak perusaan untuk memproses pengiriman barang ke pelanggan.

Skill Sales Take Order

Setelah Anda mengetahui pengertian apa itu sales take order dan tugasnya. Selanjutnya sebelum Anda memilih SDM untuk mengisi profesi yang satu ini di perusahaan, perlu diketahui skill apa saja yang diperlukan untuk mengisi bagian sales TO. Berikut di bawah ini skill yang dibutuhkan untuk sales TO.

1. Komunikasi

Hampir semua profesi mewajibkan memiliki skill komunikasi yang baik. Termasuk juga profesi sales take order. Tugas utama dari sales TO ini berinteraksi langsung dengan pelanggan.  Sudah seharusnya sales TO bisa mendengarkan keluhan pelanggan dan dapat menyampaikan informasi dengan baik, efektif dan tepat. 

2. Mampu Mengatasi Masalah

Setiap profesi dalam kegiatannya pasti akan mendapatkan masalah, termasuk profesi  sales take order.  Masalah yang mungkin akan dihadapi seperti penolakan, mitra yang tidak bersahabat, dan lainnya. Maka pastikan calon profesi Sales TO mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. 

3. Teliti

Tak kalah penting dari dua skill di atas, ketelitian merupakan skill yang wajib dimiliki sales TO. Karena tugas dari profesi yang satu ini adalah mencatat semua pesanan dari banyaknya pelanggan dan mitra perusahaan. Maka harus teliti mencatat semua pesanan tanpa ada kesalahan. 

4. Persuasif

Salah satu tugas dari sales TO adalah menarik pelanggan agar membeli produk dengan jumlah yang banyak. Skill persuasif sangat penting untuk mewujudkan keinginan perusahaan agar mitra membeli produk dengan jumlah yang besar. 

Tugas Sales Taking Order

Profesi ini memiliki tugas khusus dalam perjalanan bisnis suatu perusahaan. Berikut di bawah ini tugas sales take order yang harus Anda tahu sebelum memutuskan memilih profesi yang satu ini. 

1. Menemui Mitra Perusahaan

Tugas pertama sales take order adalah menemui pelanggan. Sales TO boleh tidak membawa produk perusahaan, tapi harus bisa mempromosikannya dengan baik. Sehingga mitra memesan produk perusahaan dengan jumlah yang besar. Karena sales TO memiliki minimal target pesanan yang harus dicapai. 

2. Mencatat Pesanan Pelanggan/ Mitra Perusahaan

Setelah menemui pelanggan dan berhasil menawarkan produk, selanjutnya paling penting dari tugas profesi ini adalah mencatat pesanan mitra dengan rinci. Sales itu harus menuliskan nama produk dan jumlah pesanan dengan tepat, meskipun jumlah pesanan pelanggan sangat besar dan banyak. 

3. Memproses pesanan Mitra

Setelah berhasil menuliskan pesanan mitra, selanjutnya sales TO harus memproses pesanan dari mitra hingga selesai. Pastikan produk sudah diterima pelanggan dan telah menyepakati bentuk pelunasan jual beli. Biasanya ada yang dengan kredit, ada juga yang menggunakan debit atau pembayaran langsung. 

4. Menjalin Hubungan Baik Dengan Mitra 

Sales TO bisa dibilang merupakan perwakilan dari perusahaan. Sehingga sudah keharusan menjalin hubungan baik dengan mitra perusahaan. Perlu Anda ketahui bahwa perusahaan akan mengalami kesulitan berkembang jika tanpa pelanggan setia. Maka pastikan bidang sales TO berinteraksi baik dengan mitra perusahaan. 

5. Memantau Keadaan Produk di Mitra

Salah satu tanggung jawab dari sales TO adalah memantaau keadaan produk di toko pelanggan. Produk yang sudah rusak dan kadaluwarsa, jika keadaannya sudah tidak dapat digunakan, sales TO akan mengganti produk tersebut dengan yang baru.  Catatannya, dia harus benar-benar memastikannya, agar tidak merugikan perusahaan. 

Gaji Sales Take Order

Sebelum Anda memutuskan memilih SDM untuk mengisi bagian sales TO, perlu juga Anda mengetahui gaji dari sales take order untuk mempertimbangkan demi keberlangsungan perusahaan. Gaji profesi ini dimulai dari 2.725.000 hingga 5.000.000, besaran yang bisa Anda pilih bisa disesuaikan dengan UMR tempat bisnis Anda atau kemampuan dari SDM Anda. 

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:




4.

Itulah pengertian apa itu sales take order, skill, tugas dan gaji yang perlu Anda tahu untuk menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan bisnis Anda. Informasi di atas semoga bermanfaat dan dapat memberikan pertimbangan yang matang untuk bisnis Anda. 
Related Posts